kumparan
search-gray
News28 April 2020 6:37

1 PDP asal Kupang Meninggal, Dimakamkan dengan Prosedur COVID-19

Konten Redaksi Florespedia
1 PDP asal Kupang Meninggal, Dimakamkan dengan Prosedur COVID-19 (137496)
Pemakaman seorang PDP dengan protokol pemakaman COVID-19. Foto: istimewa.
KUPANG- Satu pasien dalam pengawasan (PDP) meninggal dunia di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin (27/4). Berdasarkan informasi, pasien tersebut bernama David Yusuf Nafi, berasal dari Sulamu, Kabupaten Kupang.
ADVERTISEMENT
David mulai dirawat di RSUD Johannes Kupang pada 24 April 2020 dengan keluhan sesak napas, batuk berlendir, dan demam. Atas keluhan tersebut dokter yang menanganinya menetapkan David sebagai PDP.
Sejak dirawat, kondisi pasien terus menurun hingga akhirnya sekitar 09.40 WITA, Senin (27/4) pasien dinyatakan meninggal dunia. Pihak RSUD Johannes Kupang juga sudah melakukan rapid test dan hasilnya negatif. Sedangkan swab test sudah diambil dan masih menunggu hasilnya.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere membenarkan kabar meninggalnya seorang PDP di RSUD Johannes Kupang. Namun, ia membantah jika yang bersangkutan terpapar COVID-19.
“Pasien tersebut meninggal karena pneumonia. Pihak RSUD Johannes juga sudah melakukan rapid test dan swab test. Untuk hasil swab test sampai saat ini belum diketahui,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, pasien tersebut tidak pernah kontak langsung dengan orang dari zona merah atau yang terpapar COVID-19. Bahkan, kata Dominikus, pasien tidak memliki riwayat perjalanan dari atau ke zona merah.
Dominikus mengatakan meski pasien tak terindikasi terpapar COVID-19, tapi prosedur pengurusan dan pemakaman jenazah tetap harus dilakukan sesuai protokol COVID-19. Apalagi kata Dominikus, pasien sudah masuk kategori PDP dan pernah dilakukan swab test.
Untuk diketahui, sejak Maret lalu hingga April 2020, sudah ada lima PDP di NTT meninggal dunia.
***
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
-----
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white