kumparan
KONTEN PUBLISHER
12 Desember 2019 19:48

Jauh dari Puskesmas, Ibu Hamil di Ende Terpaksa Melahirkan di Pondok

WhatsApp Image 2019-12-12 at 19.43.58.jpeg
Ibu Hamil, Karolina Karo yang terpaksa digotong saat melewati jalan rusak di Desa Lise Lande, Kabupaten Ende. Foto: istimewa.
ENDE- Seorang ibu hamil atas nama Karolina Karo (38), warga Dusun Serosidi, Desa Lise Lande, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Ende, NTT, terpaksa melahirkan bayinya di sebuah pondok di kebun warga, Kamis (12/12) pagi.
ADVERTISEMENT
Saat itu, Karolina Karo dan sang suami, Sebastianus Gedu, hendak ke Puskesmas Kotabaru yang jaraknya kurang lebih 20 kilometer dari kampung tempat tinggal keduanya.
Karena kondisi infrastruktur jalan yang sangat buruk dan tidak bisa dilalui kendaraan mobil, mereka terpaksa berjalan kaki menuju puskesmas. Sampai di tengah jalan, kurang lebih 3 kilometer dari kampung di sebuah pondok milik warga setempat, Karolina Kolo tidak bisa menahan sakit lalu melahirkan bayinya.
Saat melahirkan bayinya tersebut, Karolina Kolo dibantu oleh bidan desa sukarela, Agustina Lita dengan peralatan seadanya. Untung saja, Karolina dan bayi perempuannya dalam keadaan sehat dan selamat.
polidaktili
Ilustrasi kaki bayi Foto: Shutterstock
Anggota DPRD Ende, Virgilius Kami, menyampaikan rasa prihatinnya dengan kejadian ini. Dirinya mendesak pemerintah untuk segera mendekatkan pelayan kesehatan kepada masyarakat di pedalaman seperti di Kecamatan Kota Baru.
ADVERTISEMENT
"Ini bukan pertama kali tapi sudah berkali-kali kejadian serupa kita meminta keseriusan pemerintah Kabupaten Ende untuk segera memikirkan persoalan masyarakat seperti pelayan kesehatan dan infrastruktur," ungkapnya.
Anggota Komisi III DPRD Ende, Emanuel Minggu, mengatakan akan memanggil pihak Dinas Kesehatan untuk menjelaskan persoalan yang terjadi itu.
"Kita merasa aneh masih ada kejadian seperti ini di Kabupaten Ende mestinya harus ada antisipasi dari petugas medis kan ada pendataan dari puskesmas, " ungkap politisi PSI ini.
Pihaknya sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Ende melalu Dinas Kesehatan untuk lebih memperhatikan ibu-ibu hamil yang pemukiman atau desa yang jauh dari pusat pelayan kesehatan. (Djolan Rinda).
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan