News
·
23 Mei 2020 19:17

Kabar Gembira, 4 dari 14 Pasien COVID-19 di Manggarai Barat, NTT, Sembuh

Konten ini diproduksi oleh florespedia.com
Kabar Gembira, 4 dari 14 Pasien COVID-19 di Manggarai Barat, NTT, Sembuh (148458)
Ilustrasi.Sumber: istimewa.
LABUAN BAJO- Empat dari 14 pasien positif Covid-19 di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT dinyatakan sembuh. 
ADVERTISEMENT
Wakil Ketua Tim Media Center Covid-19 Manggarai Barat, Florianus Ryan Gampar, menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan SWAB kedua terhadap 4 pasien positif COVID-19 dari Laboratorium Biologi Molekuler, Instalasi Patologi Klinik RSUD Prof. Dr. W.Z. Johanes Kupang, 4 Pasien Positif COVID-19 tersebut dinyatakan negatif COVID-19.   
"Dengan terkonfirmasinya hasil test SWAB kedua dari keempat pasien 01, 02, 03, dan 06 dinyatakan negatif COVID-19. Maka, sesuai dengan protab yang berlaku, ke 4 pasien yang kini negatif COVID-19 yang sebelumnya dirawat intensif di ruang isolasi RSUD Komodo Labuan Bajo dipindahkan ke tempat lain yang sudah disediakan Pemkab Manggarai Barat Jumat malam," jelas Florianus dalam rilis tertulis yang diterima media ini, Sabtu (23/5/2020) sore.
ADVERTISEMENT
Florianus mengungkapkan, berdasarkan petunjuk dan arahan Bupati sekaligus ketua Gugus Tugas percepatan pengendalian COVID-tingkat Kabupaten Manggarai Barat, Gusti Ch Dula, pasien COVID-19 yang hasil SWABnya Negatif atau sembuh akan segera dipindahkan dari ruang isolasi RSUD Komodo.
Mereka dipindahkan mereka tidak terpapar lagi dengan pasien COVID-19 yang masih positif serta mempercepat proses penyembuhan dan pemulihan pasien.
Florianus melanjutkan, pemindahan keempat pasien tersebut dilakukan untuk menghindari kemungkinan para pasien kembali terpapar COVID-19. Karena masih ada pasien positif Covid-19 yang juga dirawat di ruang isolasi RSUD Komodo.
Sesuai protab yang berlaku juga, keempat pasien wajib melakukan 1 kali lagi test SWAB. Apabila hasil test SWAB ketiga negatif, mereka bisa dipulangkan ke rumahnya masing-masing. 
ADVERTISEMENT
Dengan demikian, keempat pasien yang saat ini terkonfirmasi negatif COVID-19 tersebut tetap dalam pemantauan Tim Medis dan Tim Surveillance Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, sampai akhirnya dilakukan test SWAB terakhir (ketiga).
Florianus pun merincikan pasien COVID-19 yang sudah dinyatakan sembuh yakni ; asien 01, inisial SS (71), pasien 02 inisial MS (52), pasien 03 inisial S (48), dan pasien 06 inisial AM (80).