Food & Travel
·
22 November 2020 8:18

Nikmati Kesejukan Air Terjun Ai Mitat di Wailiti, Sikka

Konten ini diproduksi oleh florespedia.com
Nikmati Kesejukan Air Terjun Ai Mitat di Wailiti, Sikka (655300)
Pengunjung sedang menikmati kesejukan di Air Terjun Ai Mitat. Foto : Istimewa
MAUMERE - Satu lagi suguhan destinasi wisata air terjun yang menarik untuk dikunjungi di Kabupaten Sikka, Provinsi NTT untuk sekedar menikmati kesejukannya bersama keluarga dan orang-orang terdekat anda pada akhir pekan.
ADVERTISEMENT
Air terjun Ai Mitat akan menjadi destinasi wisata yang menarik bersama keluarga anda.
Lokasinya terletak di sebelah barat kota Maumere, tepatnya di Dusun Ai Mitat, Kelurahan Wailiti, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT.
Nikmati Kesejukan Air Terjun Ai Mitat di Wailiti, Sikka (655301)
Dua orang pengunjung sedang berselfie ria di Air Terjun Ai Mitat. Foto : Istimewa
Jarak dari kota Maumere ke lokasi air terjun Ai Mita kurang lebih sekitar 8 kilometer yang bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor ataupun mobil. Tetapi, kendaraan hanya bisa sampai di dusun Ai Mitat.
Dari Dusun Ai Mitat, pengunjung harus berjalan kaki dengan jarak tempuh kurang lebih 5 kilometer. Jalur trekkingnya tergolong ringan dan bisa dicapai dalam waktu 1 jam. 
Dalam perjalanan menuju mata air, pengunjung akan disuguhi pemandangan Kota Maumere dan hamparan laut biru dari atas bukit Ai Mitat.
ADVERTISEMENT
Perjalanan anda tidak akan terasa karena selama perjalanan anda bisa melihat flora dan fauna yang berada di sepanjang jalan menuju air terjun.
Gemercik air, suara burung, dan angin yang bertiup sepoi-sepoi akan menemani perjalanan anda.
Semua lelah yang dirasakan saat menempuh perjalanan menuju air terjun akan terbayar ketika anda tiba di lokasi Air Terjun Ai Mitat.
Suara gemericik air seolah menyapa anda. Pepohonan besar di sekitar air terjun akan menambah kesejukan ketika anda berada di lokasi air terjun.
Bebatuan besar yang tersusun rapi yang berada di sekitar air terjun seolah menjadi tempat duduk bagi pengunjung dan sebagai tempat untuk berselfie ria.
Selain menawarkan keindahan air terjun, ada pula kolam yang letaknya berada di bawah Air terjun Ai Mitat yang luasnya kurang lebih 8 x 6 meter dengan kedalaman kurang lebih 2 meter.
Nikmati Kesejukan Air Terjun Ai Mitat di Wailiti, Sikka (655302)
Pengunjung saat menikmati Air Terjun Ai Mitat. Foto : Istimewa
Airnya jernih dan dingin, membuat para pengunjung tidak sabar mencebur badan ke dalamnya.
ADVERTISEMENT
Yohanes Kosmas, salah seorang pemandu wisata di Kota Maumere, mengatakan, air terjun Ai Mitat adalah salah satu destinasi wisata yang berada dekat kota Maumere. Akses menuju ke tempat wisata itu tidak jauh. 
"Khusus wisatawan yang hobi trekking, sangat cocok datang kunjung ke air terjun Ai Matat," kata Kosmas.
Kosmas menyebut, air terjun Ai Matat sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara, karena keindahan alam yang begitu indah.
Kontributor : Albert Aquinaldo