Pencarian populer
Warung Pecel Lele. Foto : https://i.pinimg.com/originals/a7/4f/e7/a74fe7c9ca131cac8cf0195c5cc48f1e.jpg

Pecel Lele: Primadona di Pinggir Jalan

Jika anda ada berdomisili di Jawa, khususnya Jabodetabek, dan belum pernah sekalipun makan di warung pinggir jalan yang satu ini, maka perlu dipertanyakan apa saja kegiatan anda selama ini.

Merenunglah dan menyesalah, karena anda melewatkan hidangan yang sangat khas Indonesia, khususnya pulau Jawa.

Warung tenda ini umum disebut warung pecel lele, meski pada kenyataannya menjual juga ayam, bebek, tahu, tempe, hingga burung dara (bila anda beruntung). Namun, terlepas lauk pauk yang tersebutkan, kekuatan hidangan satu ini terletak lebih pada sambalnya.

Sambal tidak enak = Pecel Lele tidak enak.

- Anonymous

Nilai kelezatannya itu memang terletak di sambalnya. Jika diambil skala 100 untuk menilai seberapa penting kah sambal pada hidangan pecel lele, maka saya ambil di nilai 70,30 sisanya bisa mix pada lauk dan nasi (biasa/uduk).

Pecel lele itu bukan pecel (?)

Pecel Lele. Foto: wikipedia

Pecak lele (atau lebih dikenal pecel lele) di Indonesia adalah nama sebuah makanan khas Jawa Tengah[1] yang terdiri dari ikan lele dan sambal (bumbu) pecak. Biasanya yang dimaksud adalah ikan lele yang digoreng kering dengan minyak lalu disajikan dengan sambal tomat dan lalapan. Lalapan biasa terdiri dari kemangi, kubis, mentimun, dan kacang panjang.

- wikipedia/pecak-lele

Makanan ini tidak seperti pecel yang terbayangkan, dengan saus kacang dan sayur. Dominasi ada di sambal dan lauk, meski sayuran tetap tersedia untuk teman santap nasi dan lauk. Lebih ekstremnya lagi anda mungkin menemukan kol goreng.

Pecel lele melahirkan kol goreng

kol goreng yang beracun. Foto : Dok. Pribadi/Dokter Sehat

Hidangan ini beracun, kendati rasanya yang enak. Kol goreng adalah produk mutasi buah pemikiran dari pedagang pecel lele. Saya tidak tau asal muasal kol goreng ini bagaimana, tapi yang pasti hidangan unik ini enak dan pas untuk menemani lauk pecel lele. Tapi siap siap dengan efek sampingnya ya. Meski nikmat, konsumsi berlebihan pada kol goreng bisa mengakibatkan obesitas dan memicu penyakit jantung. Ya, mirip-mirip kentang goreng lah.

Berapa harganya dan di mana saya bisa menemukannya?

Harganya?

Standard di kisaran Rp 13.000 - 20.000, anda sudah bisa dapat nasi + lauk (lele/ayam) + teh tawar hangat. Beberapa yang high-class bisa di atas Rp 20.000 - 30.000.

Lokasinya?

Tersebar di seantero pulau Jawa. Jangan malas! Searching aja, maka kamu bisa menemukan lokasinya.

pecel lele di sekitar jakarta selatan. Foto: google

Jika kamu benar-benar malas atau gagap teknologi, yang perlu dilakukan cukup keluar dan jalan-jalan. Seharusnya hidangan ini tidak sulit ditemukan, menjamur di pinggiran jalan.

Tapi kalau mau makan pecel lele, biasanya hidangan ini baru tersedia di sore - malam hari, sekitar pukul 16.00 ke atas.

So, selamat mencoba guys. Jangan sia-siakan hidupmu hanya dengan membeli makanan mahal tapi rasanya biasa aja.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan