News
·
6 September 2020 11:14

KKN Rekognisi FISIP UNS: Berikan 4 Program Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19

Konten ini diproduksi oleh Gaza Daffa Redfada
KKN Rekognisi FISIP UNS: Berikan 4 Program Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19 (240769)
Kegiatan sosialisasi door to door kepada masyarakat tentang Pelaksanaan PHBS di masa Pandemi COVID-19 dalam Progam Corona Ampuh
Slawi – COVID-19 merupakan penyakit menular yang telah ditetapkan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO). Universitas Sebelas Sebelas Maret Surakarta sebagai salah satu agen intelektual turut berkontribusi dalam pencegahan penyakit menular tersebut dengan menugaskan mahasiswa yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dinamakan sebagai kegiatan Relawan Tanggap Wabah COVID-19. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada periode Juli dan Agustus 2020 dengan lokasi kegiatan di daerah tempat tinggal masing-masing dari mahasiswa.
ADVERTISEMENT
Gaza Daffa Redfada sebagai salah satu mahasiswa angkatan 2017 progam studi Ilmu Administrasi Negara FISIP UNS melaksanakan kegiatan Relawan Tanggap Wabah COVID-19 dengan didampingi Drs. Wahyu Nurharjadmo, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan. Kegiatan tersebut dilaksanakan menggunakan metode daring dan luring yang dimulai pada tanggal 23 Juli 2020 hingga 23 Agustus 2020 berlokasi di RT 007/ RW 002, Kelurahan Kudaile, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.
Dalam pelaksanaan kegiatan Relawan Tanggap Wabah COVID-19 ini memiliki tema Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap COVID-19 dengan tujuan supaya masyarakat mempunyai pemahaman terkait pencegahan penyakit menular COVID-19 dan memiliki kesadaran untuk mendukung serta menjaga kesehatan di masa COVID-19 dengan menjalankan protokol kesehatan guna memutus penyebaran COVID-19. Kegiatan ini dibagi dalam empat progam kerja dengan metode daring menggunakan media sosial dan dan metode luring antara lain: Progam Literasi dan Edukasi COVID-19, Corona Ampuh, Diatas Normal, dan Progam Zagzeg Dupak Corona.
ADVERTISEMENT
Pertama, Progam Literasi dan Edukasi COVID-19 merupakan Progam Literasi dan Edukasi COVID-19 adalah progam yang melaksanakan dan menyebarkan edukasi pemahaman yang berkaitan dengan COVID-19 dengan menggunakan metode daring melalui media sosial. Materi yang dibagikan dalam metode daring ada beberapa antara lain: Mengenai pemberitahuan update kasus COVID-19 di Kabupaten Tegal rutin selama 1x dalam 4 hari, Edukasi pemahaman informasi perbedaan gejala COVID-19 dengan gejala flu biasa, dan lain lain. Penggunaan metode luring digunakan untuk kegiatan penempelan poster mengenai berbagai informasi penting yang berkaitan dengan COVID-19 kepada masyarakat yang dipasang di papan informasi warga, fasilitas umum warga, dan warung makan lingkungan sekitar.
Kedua, Corona Ampuh merupakan progam pendampingan penyebaran informasi pola hidup sehat dan bersih (PHBS) maupun tips sehat di masa pandemi COVID-19 serta memberikan beberapa langkah terkait protokol kesehatan yang benar sesuai anjuran pemerintah supaya dapat terhindar dari COVID-19. Progam ini menggunakan metode daring dan luring dalam pelaksanaanya. Pelaksanaan metode daring seperti sosialisasi online menggunakan media sosial terkait tips sehat bersepeda dan PHBS saat masa pandemi. Kemudian, metode luring yang dilaksanakan seperti Bersepeda bersama dan kegiatan sosialisasi COVID-19 di TPQ dan SD Negeri 01 Kudaile.
ADVERTISEMENT
Ketiga, Diatas Normal merupakan Progam tentang kehidupan normal baru atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang akan dilaksanakan masyarakat pada saat ini dengan memberikan informasi menggunakan metode daring melalui sosial media berkaitan Istilah dan Panduan Adaptasi Kebiasaan Baru serta metode luring dengan memberikan edukasi pembelajaran daring kepada remaja dan edukasi protokol kesehatan di masa Adaptasi Kebiasaan Baru kepada anak anak.
Keempat, Zagzeg Dupak Corona progam ini merupakan progam cepat tanggap lawan COVID-19 melalui tindakan nyata dalam membantu menyediakan fasilitas atau alat protokol kesehatan kepada masyarakat dan membantu pemerintah desa dalam penyaluran bantuan sosial dampak COVID-19 kepada masyarakat di masa COVID-19. Progam Zagzeg Dupak Corona menggunakan metode luring dalam pelaksanaanya. Beberapa kegiatan dalam progam ini yaitu pembagian masker dan handsanitazer, penempatan tempat cuci tangan, penyemprotan disenfektan dan membantu kelurahan dalam penyaluran bantuan sosial dampak COVID-19 dari pemerintah pusat maupun daerah.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya Kegiatan Relawan UNS Tanggap Wabah COVID-19 ini, diharapkan dapat menjadi batu loncatan bagi masyarakat untuk menambah pemahaman terkait dengan COVID-19 dan pencegahannya dengan menjalankan protokol kesehatan secara disiplin guna memutus rantai penyebaran COVID-19.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white