kumparan
KONTEN PENGGUNA

3 Cara Sederhana Mengatasi Rasa Cemas Selama Self-Quarantine

woman-in-red-t-shirt-looking-at-her-laptop-3755761 (1).jpg
Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Bagi sebagian orang, tetap dirumahaja selama self-quarantine dapat menimbulkan rasa cemas. Pemerintah memang menghimbau warganya untuk tinggal di rumah, demi menghindari penularan virus COVID-19 yang lebih luas.
ADVERTISEMENT
Situasi ini diperparah dengan suasana yang mengharuskan kita tetap waspada untuk menjaga kesehatan agar tidak terinfeksi virus COVID-19. Belum lagi informasi soal jumlah pasien virus corona yang terus bertambah. Stres dan cemas berlebih jadi tak terhindarkan.
Tapi tenang, ada kok cara-cara yang bisa membantumu menenangkan diri saat cemas. Yuk, simak tiga cara sederhana mengatasi rasa cemas selama self-quarantine.

Kurangi Konsumsi Kafein

woman-in-yellow-button-up-top-790744.jpg
Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Kalau kamu seorang penggemar kopi, kamu pasti pernah merasakan tubuhmu lebih berenergi setelah meminumnya kan? Rasa itu disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi yang meningkatkan adrenalin dalam tubuhmu.
Adrenalin adalah hormon yang membuat tubuhmu lebih siaga dengan detak jantung dan gula darah yang meningkat dan nafas yang lebih cepat. Tapi, terlalu banyak adrenalin dapat membuatmu merasa cemas. Makanya, batasi konsumsi makanan yang mengandung kafein seperti kopi dan teh selama masa self-quarantine ini.
ADVERTISEMENT

Melakukan Yoga

photo-of-woman-doing-yoga-374104.jpg
Foto: Pexels/Burst
Yoga adalah salah satu aktivitas yang terkenal untuk mengatasi rasa kecemasan. Berbagai penelitian menunjukan jika yoga dapat menurunkan detak jantung dan tekanan darah tinggi yang terjadi ketika kamu merasa cemas. Kamu bisa bergabung dengan kelas yoga online atau mencari video yoga di YouTube. Lakukan di pagi atau sore hari untuk mengurangi rasa cemasmu.

Melakukan Meditasi

woman-meditating-in-bedroom-3772612.jpg
Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Meditasi bisa membuatmu lebih tenang dan menjauhkanmu dari berbagai pikiran buruk. Sama seperti yoga, kamu dapat bergabung dengan kelas meditasi online atau mencarinya di YouTube.
Rutin melakukan meditasi membuatmu memiliki lebih banyak kontrol terhadap pikiran-pikiranmu. Jadi, ketika muncul pikiran yang mengganggu, kamu lebih mudah mengatasinya.
Nah, itu dia tiga cara sederhana untuk mengatasi rasa cemas yang kamu rasakan selama self-quarantine. Penting bagimu untuk tetap tenang dan menjaga kesahatan mental agar tidak mengganggu rutinitasmu. Apalagi jika kamu harus work from home atau melakukan pembelajaran jarak jauh. Selamat mencoba!(sap)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan