Entertainment
·
8 April 2020 14:33

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Pemula

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Pemula (46569)
Foto: Pexels/Emma Bauso
Belajar makeup adalah salah satu hal yang menyenangkan. Apalagi untuk mengisi waktu selama physical distancing. Saat ini, tutorial makeup juga mudah diakses di berbagai platform seperti Youtube dan Instagram.
ADVERTISEMENT
Selain itu, berbagai produk juga menawarkan harga yang terjangkau dengan kualitas yang baik. Hal-hal itu sangat memudahkanmu untuk belajar mengaplikasikan makeup.
Tidak ada salahnya mencoba-coba berbagai tampilan makeup sampai menemukan yang benar-benar sesuai dengan selera. Tapi, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu perhatikan agar makeup-mu lebih sempurna.
Yuk, simak lima kesalahan makeup yang harus dihindari pemula!

Lupa Merawat Kulit

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Pemula (46570)
Foto: Pexels/Andrea Piacquadio
Kulit wajah bagaikan kanvas yang akan kamu gunakan untuk melukis. Makanya, kamu perlu untuk merawat kulit sebelum dan sesudah menggunakan makeup. Kulit sehat dan lembap akan membuat makeup yang kamu gunakan terlihat lebih bercahaya dan tidak cakey.
Jangan lupa juga untuk membersihkan makeup sampai benar-benar bersih agar tidak menyumbat pori-pori wajahmu. Bisa jadi, kamu malah berjerawat karena tidak membersihkannya dengan benar.
ADVERTISEMENT

Menggunakan Complexion Makeup yang Tidak Sesuai dengan Warna Kulit

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Pemula (46571)
Foto: Pexels/Adrienn
Bagi sebagian orang, memiliki warna kulit yang berbeda dengan warna kulit yang sedang dimilikinya adalah idaman. Namun, menggunakan complexion makeup seperti primer, foundation, dan concealer yang tidak sesuai warna asli kulit malah akan membuat makeup-mu jadi terlihat tidak natural.
Sesuaikan shade produk-produk makeup complexion dengan warna kulit aslimu, jangan terlalu terang ataupun terlalu gelap.

Menggunakan Concealer Terlalu Banyak

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Pemula (46572)
Foto: Pexels/Suzy Hazelwood
Fungsi dari concealer adalah membantu meratakan warna kulit wajah yang tidak sama karena jerawat dan bekasnya, mata panda, atau kemerahan. Makanya, jangan gunakan concealer untuk seluruh wajah karena akan membuat makeup-mu menjadi terlalu pucat atau bahkan cakey.

Menggunakan Terlalu Banyak Bedak

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Pemula (46573)
Foto: Pexels/Marcelo Moreiro
Walaupun bedak bisa membuat wajah yang berminyak terlihat lebih segar, terlalu banyak menggunakan bedak malah membuat makeup-mu terlalu cakey. Sebaiknya, gunakan blotting paper atau kertas minyak untuk menyerap minyak di wajahmu agar kamu tidak terlalu tebal menambahkan bedak.
ADVERTISEMENT

Maskara Terlalu Tebal

5 Kesalahan Makeup yang Harus Dihindari Pemula (46574)
Foto: Pexels/Magda Ehlers
Hati-hati, penggunaan maskara yang terlalu tebal malah akan membuat bulu matamu terlihat kasar seperti spider legs dan tidak natural. Ada baiknya untuk tidak menggunakan maskara lebih dari dua lapis.
Setelah menggunakan maskara, coba usap pelan-pelan bulu matamu dengan kapas atau tisu untuk memisahkan bulu mata yang menempel dan menghapus sisa produk yang tidak menempel sempurna.
Nah, itu dia lima kesalahan yang sebaiknya kamu hindari saat belajar makeup. Semoga berguna untuk membuat makeup-mu lebih menarik dan sempurna.(sap)