Mom
·
2 Juli 2021 13:37
·
waktu baca 3 menit

5 Langkah agar Janin di Dalam Kandungan Terhindar dari Berbagai Penyakit

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
5 Langkah agar Janin di Dalam Kandungan Terhindar dari Berbagai Penyakit (390199)
searchPerbesar
Ilustrasi bayi dan ibunya. Foto: Getty Images
Kesehatan bayi yang baru lahir biasanya dapat dipengaruhi oleh lingkungan maupun faktor genetik orang tuanya. Berbagai penyakit bisa saja menyerang seorang anak jika salah satu atau kedua orang tua anak memiliki riwayat kesehatan yang buruk.
ADVERTISEMENT
Selain faktor genetik, penyebaran virus juga dianggap menjadi faktor kedua seorang anak mengidap sebuah penyakit. Virus bisa masuk ke dalam tubuh anak saat mereka masih berada dalam kandungan sang ibu. Hal ini dikarenakan ibu yang sedang hamil rentan terhadap penyakit lho!
Hal inilah yang akan membuat bakteri atau virus masuk dengan mudah ke tubuh calon ibu dan berkembang di tubuh jabang bayi. Penyakit seperti Zika, Listeriosis, Toxoplasmosis dan Urinary tract infections bisa mengancam bayi yang baru lahir.
Dikutip dari National Human Genome Research Institute, berikut lima langkah yang harus dilakukan orang tua untuk mencegah munculnya suatu penyakit pada janin. Apa saja kira-kira? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Memeriksakan Kandungan

5 Langkah agar Janin di Dalam Kandungan Terhindar dari Berbagai Penyakit (390200)
searchPerbesar
Ilustrasi memeriksa kandungan. Foto: Getty Images
Memeriksakan kandungannya merupakan hal yang wajib dilakukan bagi calon orang tua. Dokter akan lebih tahu bagaimana kondisi sang ibu dan jabang bayi. Oleh karena itu, meskipun sang ibu tidak mengalami gangguan atau keluhan, alangkah baiknya untuk selalu rutin melakukan check up ke dokter kandungan.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya, suami terus mendampingi istrinya saat sedang memeriksakan kesehatan untuk mengetahui kondisi istri dan anak mereka.

2. Pahami Riwayat Kesehatan Masing-Masing Pasangan

5 Langkah agar Janin di Dalam Kandungan Terhindar dari Berbagai Penyakit (390201)
searchPerbesar
Ilustrasi pasangan cek kesehatan. Foto: Getty Images
Untuk mencegah calon bayi mereka terserang suatu penyakit, orang tua harus mencari tahu riwayat kesehatan masing-masing pasangan. Jika baik ibu dan ayah bayi tidak memiliki riwayat kesehatan yang parah, maka cek riwayat kesehatan kakek dan nenek jabang bayi.
Hal ini akan mempermudah pencegahan pada anak yang baru lahir. Selidiki lebih dalam dengan konsultasi ke dokter jika ditemukan riwayat penyakit yang bisa memengaruhi genetik calon bayi.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

5 Langkah agar Janin di Dalam Kandungan Terhindar dari Berbagai Penyakit (390202)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil sedang makan. Foto: Getty Images
Untuk menjaga kandungan agar tetap sehat, sebaiknya para calon ibu rajin mengonsumsi buah dan sayur-sayuran sehat sehingga bisa menutrisi asupan jabang bayi.
ADVERTISEMENT
Hindari makanan dan minuman yang malah bisa memicu mudahnya virus tersebut masuk dan berkembang di tubuh janin. Konsultasikan ke dokter apa saja makanan dan minuman yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

4. Istirahat yang Cukup

5 Langkah agar Janin di Dalam Kandungan Terhindar dari Berbagai Penyakit (390203)
searchPerbesar
Ilustrasi ibu hamil sedang istirahat. Foto: Getty Images
Mudahnya sebuah virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh diakibatkan karena kondisi fisik seseorang yang lemah. Bagi para ibu yang sedang mengandung, usahakan untuk beristirahat dan tidak melakukan hal-hal berat yang bisa memicu kelelahan.
Kenali dirimu terlebih dahulu sebelum membuat keputusan untuk bertindak. Jangan memaksakan suatu hal yang dianggap mampu untuk dilakukan padahal sebenarnya tidak bisa dilakukan, apalagi kondisi ibu sedang mengandung.

5. Lakukan Serangkaian Tes Kesehatan

5 Langkah agar Janin di Dalam Kandungan Terhindar dari Berbagai Penyakit (390204)
searchPerbesar
Ilustrasi tes kesehatan. Foto: Getty Images
Banyak tes kesehatan yang sudah tersedia untuk mengetahui informasi genetik baik dari ibu atau ayah bayi. Meskipun membutuhkan biaya yang cukup mahal, namun cara ini dianggap lebih ampuh untuk mengetahui secara mendalam mengenai kondisi gen kedua orang tua sang jabang bayi.
ADVERTISEMENT
Tes genetik seperti Pharmacogenetics mampu mengetahui kondisi gen seseorang, apakah gen tersebut memiliki genetik sebuah penyakit atau tidak. Namun, biayanya memang terbilang mahal karena mengingat tes ini menggunakan alat yang canggih.
Jadi, cegah penyakit pada calon bayimu dengan lakukan 5 langkah seperti di atas ya. (via)