Entertainment
·
21 Mei 2020 16:10

5 Perbedaan Ekstrovert dan Introvert saat Gunakan Media Sosial, Kamu yang Mana?

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
5 Perbedaan Ekstrovert dan Introvert saat Gunakan Media Sosial, Kamu yang Mana? (19373)
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)
Setiap orang pasti memiliki caranya tersendiri dalam menggunakan media sosial. Ada yang hanya sekedar ingin terlibat pada trend, ada pula mereka yang menjadikan media sosial sebagai kebutuhan. Dalam menggunakan jejaring sosial, ternyata ada perbedaan yang sangat signifikan antara ekstrovert dan introvert.
ADVERTISEMENT
Ekstrovert merupakan mereka tipe orang yang mengisi energi bersumber dari interaksi dengan dunia luar, sedangkan introvert bersumber dari dalam diri sendiri. Dalam menggunakan media sosial, kedua tipe tersebut akan menunjukan perbedaan yang sangat menonjol.
Nah, berikut ini merupakan 5 perbedaan introvert dan ekstrovert dalam menggunakan media sosial.

Kontak Pertemanan

5 Perbedaan Ekstrovert dan Introvert saat Gunakan Media Sosial, Kamu yang Mana? (19374)
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)
Bagi seorang ekstrovert, mereka yang ia kenal dan pernah berinteraksi dengannya, bisa masuk sebagai kategori teman. Sehingga mereka akan membuka kontak media sosialnya kepada banyak orang.
Sedangkan, bagi seorang introvert, kontak pertemanan merupakan mereka yang benar-benar ia anggap sebagai teman. Seseorang dengan tipe ini lebih memilih untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekatnya.

Privasi

Gif via Giphy
Tidak membatasi privasi dalam menggunakan media sosial, merupakan hal yang nyaman bagi seorang ekstrovert. Mereka akan membuka media sosial seluas-luasnya untuk dapat berinteraksi.
ADVERTISEMENT
Lain cerita dengan seorang introvert. Bagi mereka kehidupan di media sosial, tidak bisa dilihat oleh orang asing. Hanya orang terdekat lah yang bisa melihat laman media sosial seorang introvert.

Tombol Likes

Gif via Giphy
Ekstrovert akan merasa tervalidasi dengan likes sebanyak-banyaknya. Akan muncul sensasi populer dalam dirinya jika ia mendapatkan banyak likes dari orang lain, bahkan dari mereka yang bukan temannya.
Walau tidak jarang ada seorang introvert yang juga terobsesi dengan likes, namun banyak dari mereka menggunakan media sosial hanya sebagai wadah untuk membagikan momen. Banyak dari introvert tidak begitu peduli dengan likes.

Permintaan Pertemanan

Gif via Giphy
Tidak peduli kenal atau tidak, seorang ekstrovert akan senang untuk menambahkan pengikut atau teman di media sosialnya. Bahkan seseorang dengan tipe ini, akan merasa tertantang untuk membangun hubungan pertemanan baru di media sosial.
ADVERTISEMENT
Untuk seorang introvert, mengabaikan permintaan pertemanan merupakan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Jika tidak mengenalnya di dunia nyata, sulit bagi introvert untuk menerima permintaan pertemanan tersebut.

Unfollow

Gif via Giphy
Ekstrovert biasanya akan membuka pintu koneksi selebar-lebarnya. Mereka dengan tipe ini tidak mau untuk menghapus pertemanan walau kepada mereka yang jarang berinteraksi. Seorang ekstrovert tidak terlalu merasa terganggu jika dirinya yang malah di-unfollow orang lain.
Seorang introvert sering meninjau kembali daftar pertemanan dalam media sosialnya. Baginya, jika tidak ada koneksi dan interaksi, tentu tombol hapus pertemanan akan digunakan. Namun, jika dirinya dihapus dari daftar pertemanan orang lain, malah seorang introvert akan sangat tersinggung.(Ang)