Food & Travel
·
18 Oktober 2020 12:58

7 Makanan yang Ampuh Tingkatkan Berat Badan

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
7 Makanan yang Ampuh Tingkatkan Berat Badan (17976)
Ilustrasi orang dengan badan kurus. Foto: Pexels
Umumnya setiap orang memiliki kekhawatiran saat berat badan terus melonjak. Kenaikan berat badan akan menurukan percaya diri mereka. Namun hal ini berbanding terbalik dengan sebagian orang yang berat badannya sangat rentan turun dan sulit untuk menaikannya kembali. Mereka akan khawatir saat melihat angka di timbangan yang malah menurun.
ADVERTISEMENT
Kekhawatiran ini ditambah dengan sulitnya bagi mereka menemukan baju yang tepat dan tidak membuat mereka terlihat menggunakan baju kebesaran. Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan, yakni memiliki tubuh yang kurus juga dapat menimbulkan beragam penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, gangguan hati, pikun, bahkan gizi buruk karena kurangnya asupan kandungan gizi, vitamin, dan mineral.
Oleh sebab itu, penting bagi kita memperhatikan berat badan yang ideal dengan badan kita. Selain itu kita juga perlu memperhatikan konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh kita, bagaimana kandungan gizi dan jumlah kalorinya.
Melansir laman Boldsky, terdapat cara alami untuk meningkatkan berat badan dengan mengonsumsi 7 makanan berikut yang sudah kumparan rangkum. Simak ulasan berikut yuk!
ADVERTISEMENT
  1. Daging merah
7 Makanan yang Ampuh Tingkatkan Berat Badan (17977)
Ilustrasi daging merah. Foto: Pexels
Kalau kamu termasuk orang yang mudah turun berat badannya, kamu harus coba untuk rutin mengonsumsi daging merah. Karena daging merah memiliki kandungan protein, lemak, dan zat besi dalam jumlah tinggi, sehingga mengonsumsi daging merah akan sangat efektif untuk meningkatkan BB mu. Eits, jangan lupa untuk mengonsumsinya dengan cara langsung membakarnya tanpa tambahan mentega ataupun minyak, karena dengan cara ini akan lebih menyehatkan.
  1. Selai kacang
Sarapan pagi merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan dalam memulai hari. Ditambah jika kamu ingin meningkatkan berat badan, kamu coba sarapan dengan setangkup roti dan olesan selai kacang. Tahukah kamu. kandungan satu sendok teh selai kacang mengandung 100 kalori. Sehingga, bisa membantu kamu meningkatkan berat badanmu. Selain itu, dalam selai kacang terdapat kandungan magnesium, asam folat, vitamin B, dan vitamin E yang baik untuk tubuh.
ADVERTISEMENT
  1. Susu
Tentu kita tahu tentang sebutan "4 sehat 5 sempurna" yang dulu sempat dijadikan bahan kampanye kepada masyarakat untuk rutin makan-makanan yang bergizi. Seperti yang kita tahu daftar kelimanya adalah susu. Susu memang kaya akan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin D dan vitamin A yang dapat menyempurnakan kandungan gizi yang sudah kita dapat sayur dan buah.
Selain itu, susu dipercaya dapat menambah berat badan dengan efektif. Dikutip dari hellosehat, penelitian dalam jurnal Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine menemukan fakta bahwa minum susu tiga kali sehari mampu menambah asupan protein dan lemak ke dalam tubuh sehingga massa otot dan berat badan jadi bertambah.
ADVERTISEMENT
  1. Keju
7 Makanan yang Ampuh Tingkatkan Berat Badan (17978)
Ilustrasi keju. Foto: Pexels
Satu lagi produk olahan sapi yang dapat menambah berat badan kamu adalah keju. Tentu sangat tidak asing dengan makanan yang sering dijadikan topping di berbagai makanan lainnya. Rasanya yang gurih, asin, dan creamy memang cocok dijadikan campuran dalam bahan makanan apapun.
Keju kaya akan protein dan kalsium yang dapat diandalkan, selain itu keju juga kaya akan kandungan lemak dan kalori. Kalau kamu mau meningkatkan berat badanmu, tak perlu memilih keju yang rendah lemak, karena kandungan lemak pada sepotong kecil keju mampu mengenyangkan perutmu. Yang terpenting adalah tidak mengonsumsinya secara berlebih, supaya kamu tetap sehat.
  1. Kentang
7 Makanan yang Ampuh Tingkatkan Berat Badan (17979)
Ilustrasi kentang. Foto: Pexels
Tentu kita tahu kentang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Hal inilah yang membuatnya mampu menambat berat badanmu lebih cepat. Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan serat, protein, dan vitamin C yang berfungsi menjaga asupan kulit agar tetap ternutrisi dengan baik. Jadi, enggak cuma berat badan yang bertambah, kulitmu juga tetap terjaga kesehatannya.
ADVERTISEMENT
  1. Mentega
7 Makanan yang Ampuh Tingkatkan Berat Badan (17980)
Ilustrasi mentega. Foto: Pexels
Mentega dapat dijadikan sebagai pengganti minyak saat menumis ataupun saat membakar makanan. Rasa yang dihasilkan akan menjadi gurih dan lebih enak. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh dan inilah yang dapat membantu kamu meningkatkan berat badan.
  1. Pisang
7 Makanan yang Ampuh Tingkatkan Berat Badan (17981)
Ilustrasi pisang. Foto: Pexels
Apa yang kamu rasakan setelah mengonsumsi buah pisang? Tentu kamu akan merasakan kenyang. Hal ini karena buah pisang mengandung 100 kalori, karbohidrat, potasium, dan nutrisi lainnya. Kandungan yang dimilikinya ini dapat membantu kamu menaikan berat badan. Jadi, kamu dapat jadikan pisang sebagai camilan saat lapar menyerang. Selain, badanmu mengalami kenaikan berat, tapi badanmu juga jadi lebih sehat.
Nah, gimana? Sudah tahukan makanan apa saja yang dapat membantu kamu menambah berat badan. Eits, tapi ingat makanan diatas akan tetap aman untuk tubuh dan membuatmu sehat apabila tidak dikonsumsi secara berlebih ya!
ADVERTISEMENT
(m0n)