8 Tips Ampuh Atasi Rambut Kering

Konten dari Pengguna
21 Februari 2022 14:03
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Generasi Milenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
8 Tips Ampuh Atasi Rambut Kering (11290)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi rambut kering. Foto: Unsplash/Sherise VD
ADVERTISEMENT
Semua cewek pasti ingin memiliki rambut sehat dan berkilau. Namun, sering kali masalah rambut datang tanpa diduga. Salah satunya adalah rambut kering. Masalah tersebut bisa disebabkan oleh kesalahan dalam memilih sampo, terlalu sering melakukan styling pada rambut, dan paparan sinar matahari.
ADVERTISEMENT
Agar masalah itu tidak terjadi terus-menerus dan mengganggu kepercayaan dirimu, berikut ini delapan tips mengatasi rambut kering yang wajib kamu coba.

Jangan Terlalu Sering Keramas

8 Tips Ampuh Atasi Rambut Kering (11291)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keramas. Foto: Pexels/Armin Rimoldi
Alih-alih membuat rambut jadi tambah sehat, terlalu sering keramas justru akan membuat rambutmu jadi kering. Hal ini karena sampo bisa mengurangi minyak alami pada kulit kepala yang berfungsi untuk menjaga kelembapan rambut. Oleh karena itu, kamu cukup keramas 1-2 kali sehari untuk menghindari rambut kering.

Gunakan Sampo Khusus Rambut Kering

Untuk mengembalikan kondisi rambut normal, kamu perlu menggunakan sampo khusus rambut kering. Pasalnya, sampo biasa saja tak cukup untuk mengatasi masalah tersebut. Pilihlah sampo yang mengandung dimethicone yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit kepala.

Gunakan Kondisioner Setelah Keramas

8 Tips Ampuh Atasi Rambut Kering (11292)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perawatan rambut. Foto: Pixabay/SocialButterflyMMG
Setelah keramas, usapkan kondisioner pada ujung dan batang rambut yang rentan kering. Setelah itu, diamkan selama 20-30 menit agar kandungannya meresap ke rambut. Jangan menggunakan kondisioner terlalu banyak karena berisiko membuat rambut jadi berminyak.
ADVERTISEMENT

Bilas Rambut dengan Air Dingin

Tak banyak orang yang suka mandi dengan air dingin. Padahal, air dingin punya manfaat tersendiri bagi kesehatan. Salah satunya adalah merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya jadi lembap. Selain itu, air dingin juga membuat kulit kepala terasa segar.

Keringkan Rambut dengan Handuk

8 Tips Ampuh Atasi Rambut Kering (11293)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mengeringkan rambut dengan handuk. Foto: Pexels
Untuk menghindari rambut kering, ada baiknya kamu mengurangi penggunaan hair dryer. Pasalnya, alat tersebut dapat menghilangkan kelembapan rambut dan membuatnya jadi tambah kering. Cukup gunakan handuk untuk mengeringkan rambut agar rambutmu tetap sehat.

Gunakan Vitamin Rambut

Kamu bisa menggunakan vitamin rambut yang punya formula khusus untuk rambut kering. Pilih produk vitamin rambut yang mengandung vitamin A. Pasalnya, vitamin A dapat merangsang produksi minyak alami pada kulit kepala dan membuat rambut jadi lembap.
ADVERTISEMENT

Gunakan Masker Rambut Alami

8 Tips Ampuh Atasi Rambut Kering (11294)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi masker rambut. Foto: Freepik/valuavitaly
Untuk perawatan ekstra, kamu bisa menggunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali. Salah satu bahan alami yang bisa mengatasi rambut halus adalah alpukat. Haluskan alpukat matang dan oleskan pada rambut yang basah. Kamu juga bisa menambahkan bahan lain, seperti madu dan aloevera, untuk hasil yang maksimal.

Kurangi Styling Rambut

Buat kamu yang suka styling rambut, seperti menggunakan catokan dan mewarnai rambut, sudah saatnya kamu mengurangi kebiasaan itu. Pasalnya, alat styling yang panas bisa membuat rambut jadi makin kering dan rusak. Selain itu, kandungan yang terdapat dalam cat rambut juga bisa menghilangkan minyak alami kepala dan membuat rambut jadi tak sehat.
Itu tadi delapan tips untuk mengatasi rambut kering. Lakukan perawatan rambut secara berkelanjutan agar rambutmu makin sehat dan berkilau. (mit)
ADVERTISEMENT