Buzz
·
9 Januari 2021 16:25

Anti-Berantakan, 4 Tips Agar Hijab yang Kamu Kenakan Tampak Rapi Seharian

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Anti-Berantakan, 4 Tips Agar Hijab yang Kamu Kenakan Tampak Rapi Seharian (17817)
Ilustrasi hijab yang rapi seharian. Foto: Pexels
Bagi perempuan yang mengenakan hijab, pastinya mengalami kesulitan dalam menjaga kerapian hijab selama beraktivitas seharian. Tentunya, ini menjadi hambatan dalam beraktivitas, terutama kalau kamu memiliki janji dengan teman atau kerabat, setelah jam kantor.
ADVERTISEMENT
Tentunya, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga penampilan. Bila mengenakan hijab, kita bisa memulainya dengan dengan memastikan bahwa hijab kita tetap rapi dengan mengikuti empat tips berhijab berikut ini.

1. Gunakan Dalaman Hijab

Anti-Berantakan, 4 Tips Agar Hijab yang Kamu Kenakan Tampak Rapi Seharian (17818)
Inner hijab atau ciput. Foto: dok. Hijup
Salah satu hal mendasar yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan dalaman hijab atau biasa kita kenal dengan ciput. Dengan ciput yang berbahan tepat, kita bisa menjaga agar bentuk hijab tetap seperti saat awal pemakaian. Selain itu, ciput juga bisa membantu agar hijab tidak terlalu licin dan melorot dari kepala.

2. Jepit dengan Rapi

Anti-Berantakan, 4 Tips Agar Hijab yang Kamu Kenakan Tampak Rapi Seharian (17819)
Aksesori hijab. Foto: Lino & Sons
Selain untuk menentukan gaya hijab, penjepit adalah kunci utama untuk hijab yang rapi. Saat memakai hijab di pagi hari, pastikan bahwa kita telah menyematkan jarum pentul atau peniti dengan rapi di bagian leher. Selanjutnya, kamu juga bisa menyematkan jarum pentul di beberapa bagian lain yang dirasa perlu, misalnya di bagian lipatan.
ADVERTISEMENT

3. Pilih Bahan yang Tepat

Anti-Berantakan, 4 Tips Agar Hijab yang Kamu Kenakan Tampak Rapi Seharian (17820)
Tips berhijab ala Mira Agile. Foto; Instagram @miraagile
Selanjutnya, yang tak kalah penting adalah memilih bahan hijab yang tepat. Hijab dengan bahan dasar sutra memang indah dipandang, namun bahannya yang terlalu lemas akan membuat kam kesulitan dalam membentuk hijab.
Alternatif lain yang bisa kamu pilih yaitu chiffon, memiliki tekstur yang lebih kaku, namun lebih mudah diatur.
Sehingga, bila kamu cenderung banyak bergerak, disarankan untuk memilih bahan yang tidak terlalu lemas. Bila ingin mengenakan hijab dengan bahan halus sekalipun, kita perlu memastikan telah menjepit hijab dengan kencang di bagian-bagian yang diperlukan.

4. Gunakan Hijab Instan

Anti-Berantakan, 4 Tips Agar Hijab yang Kamu Kenakan Tampak Rapi Seharian (17821)
Ilustrasi Hijab Foto: Shutterstock/MawardiBahar
Kini, ada berbagai brand fashion yang telah mengeluarkan aneka hijab instan. Hijab instan ini memang sengaja dibuat untuk kamu, agar kamu tidak perlu repot membetulkan hijab.
ADVERTISEMENT
Hijab instan yang tersedia juga memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari yang berbentuk standar hingga yang telah dibentuk dengan memiliki ikatan di berbagai tempat. Menggunakan hijab seperti ini cenderung lebih praktis, karena kita tidak perlu berulang kali mengencangkan jepitan pada hijab. (bel)