Catat, Update Jadwal Seleksi CASN PPPK Tahap 3 dan Kategori Pesertanya

Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 12:22
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Generasi Milenial tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Catat, Update Jadwal Seleksi CASN PPPK Tahap 3 dan Kategori Pesertanya (118418)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ASN PPPK. Foto: ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya.
Seleksi penerimaan calon ASN (aparatur sipil negara) masih menjadi salah satu topik tahunan yang kerap diperbincangkan banyak orang. Pertanyaan seputar apakah pemerintah akan membuka seleksi CASN pada tahun ini, misalnya. Jika ada, lantas kapan pemerintah akan membuka seleksi penerimaan CASN? Pertanyaan-pertanyaan semacam itu akan selalu terulang setiap tahunnya.
ADVERTISEMENT
Seperti yang telah diketahui, tahun ini pemerintah lebih memfokuskan seleksi CASN untuk formasi PPPK. Sementara itu, pada tahun lalu, seleksi PPPK sudah berlangsung sebanyak dua kali tahapan, namun masih menyisakan satu kali tahapan, yaitu PPPK Tahap III. Hal ini yang kemudian menjadi pertanyaan bagi banyak pihak, terutama guru honorer.
Untuk tahun ini, Pemerintah telah menetapkan tahapan kegiatan untuk jadwal CASN PPPK tahap 3 tahun 2022. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada rapat kerja bersama DPR RI, Kementerian Kesehatan, dan Kemen PAN RB, berikut tahapan kegiatan CASN PPPK Tahap 3 tahun 2022.
  1. Finalisasi data kebutuhan CASN: Maret
  2. Pembukaan e-formasi: Maret—April
  3. Validasi usulan formasi: Mei
  4. Penetapan kebutuhan: Juni
  5. Penyampaian formasi ke K/L dan Pemda: Juni
  6. Integrasi data kebutuhan dengan SSCASN: Juni
  7. Pengumuman seleksi: Juli
  8. Pendaftaran SSCASN–BKN: Juli
  9. Pelaksanaan seleksi: Juli
ADVERTISEMENT
Sementara itu, ada pula kabar baik untuk guru honorer yang menyimpan harapan besar agar diterima sebagai PPPK Guru pada tahap 3. Pada seleksi PPPK Tahap 3 nanti guru honorer dijanjikan akan mendapatkan dua keistimewaan dari Kemendikbud Ristek mengenai formasi dan sekolah induk.
Keistimewaan itu berupa peniadaan tes bagi guru honorer yang sudah lulus ambang batas (passing grade) pada seleksi PPPK tahap 1 atau 2 tahun 2021 lalu serta pemberian nilai afirmasi secara maksimal bagi guru honorer yang memenuhi kriteria tertentu.
Kategori Peserta Seleksi PPPK Guru Tahap 3 2022
Peserta seleksi PPPK Guru Tahap 3 nanti akan dibagi atas empat kategori, sebagaimana yang dijelaskan pada akun YouTube Calon Guru. Berikut kategori peserta seleksi PPPK Guru Tahap 3 2022.
ADVERTISEMENT
  • Kategori 1, meliputi guru yang dinyatakan lulus ambang batas (passing grade) pada seleksi PPPK tahap 1 atau 2 2021 lalu yang meliputi THK-II, guru honorer (non-ASN) di sekolah negeri, guru swasta, dan lulusan PPG (program profesi guru). Untuk kategori 1 ini menjadi prioritas utama pada seleksi PPPK Guru tahap 3 dan direncanakan untuk dapat langsung mengikuti pemberkasan.
  • Kategori 2, hanya khusus meliputi guru THK-II sehingga untuk kategori ini dipastikan guru THK-II tidak akan bersaing dengan guru honorer negeri maupun swasta di luar THK-II.
  • Kategori 3, meliputi guru non-ASN dari sekolah negeri, di mana untuk guru dari sekolah negeri yang masuk ke syarat telah mengabdi minimal 3 tahun (Dapodik 2013-2021) tanpa terputus.
  • Kategori 4, meliputi guru non-ASN dari sekolah negeri, di mana dikhususkan untuk guru non-ASN dari sekolah negeri yang masa pengabdiannya kurang dari tiga tahun (Dapodik 2013-2021).
ADVERTISEMENT
Persiapkan diri kamu sebaik mungkin untuk mengikuti seleksi PPPK Tahap 3 nanti yah. Semoga berhasil. (Kun)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020