Buzz
·
20 Juli 2021 17:13
·
waktu baca 3 menit

Curiga Pasanganmu Selingkuh? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengetahuinya

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Curiga Pasanganmu Selingkuh? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengetahuinya  (38702)
searchPerbesar
Ilustrasi pasangan selingkuh. Foto: Getty Images
Memiliki perasaan yang kuat jika pasanganmu selingkuh bisa menjadi perasaan yang paling tidak menyenangkan. Belum lagi jika nanti ternyata dugaan kamu benar. Perasaan sedih dan marah akan campur aduk menjadi satu.
ADVERTISEMENT
Tak jarang, emosi dan kesedihan tersebut bisa membuat seseorang tidak dapat mengontrol dirinya sendiri. Keinginan untuk melihat sosok sang selingkuhan, melampiaskan amarah di media sosial, hingga mengatakan omongan kasar kadang sangat sulit untuk dihindari.
Jangan dulu gegabah, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui ketika mendapati pasanganmu selingkuh. Agar tidak terjadi hal memalukan dan akan membuat kamu menyesal di kemudian hari.
Berikut 5 hal yang perlu kamu lakukan saat mengetahui pasanganmu selingkuh. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut:
1. Pastikan Dugaanmu Benar
Curiga Pasanganmu Selingkuh? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengetahuinya  (38703)
searchPerbesar
Ilustrasi pasangan selingkuh. Foto: Getty Images
Perempuan biasanya memiliki insting yang kuat, terutama kepada orang-orang yang mereka cintai. Hal itulah yang biasanya membuat para perempuan menjadi lebih peka dan mengetahui jika ada yang berbeda dengan pasangan mereka.
ADVERTISEMENT
Maka tak sedikit dari mereka yang bisa tahu jika pasangannya selingkuh. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa sembarangan menuduh.
Jordan Madison, Terapis keluarga dan pernikahan asal Amerika Serikat menyarankan agar kamu dapat memastikan dahulu apakah kecurigaan itu benar atau tidak.
Jika tidak memiliki bukti atau alasan untuk mencurigai pasangan selingkuh, usahakan untuk tidak menuduhnya macam-macam karena hal itu justru dapat memicu pertengkaran yang bisa berakibat fatal pada hubungan.
2. Hindari Mengecek Barang Pribadi Pasangan
Curiga Pasanganmu Selingkuh? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengetahuinya  (38704)
searchPerbesar
Ilustrasi membuka ponsel pasangan. Foto: Getty Images
Jika belum pasti soal perselingkuhan pasangan, usahakan kamu tidak mengecek perangkat komunikasi pribadinya. Mulai dari pesan singkat, telepon, hingga email. Walaupun tujuannya untuk mencari bukti, mengintip komunikasi pribadi pasangan menurut Madison justru membuatmu semakin resah.
ADVERTISEMENT
Dan jika ternyata pasanganmu tidak selingkuh, mereka bisa tersinggung karena kamu ketahuan lancang mengecek hal pribadi milik mereka.
3. Ajak Pasanganmu Berbicara
Curiga Pasanganmu Selingkuh? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengetahuinya  (38705)
searchPerbesar
Ilustrasi pasangan sedang berdiskusi. Foto: Getty Images
Apabila pasanganmu memang terbukti selingkuh, tarik napas dalam-dalam, tenangkan diri, lalu ajak pasanganmu berbicara empat mata.
Berikan mereka pilihan untuk berbicara sejujurnya. Jika kamu bisa menguji pasangan dengan izin untuk melihat ponselnya. Jika mereka mengizinkan, langkah kamu selanjutnya adalah tergantung dengan apa yang Anda temukan nanti di dalam ponselnya.
Tetapi jika dia menolak, berarti kamu harus tahu bagaimana cara untuk menghadapi situasi pelik setelahnya.
4. Pikirkan Bagaimana Responmu
Curiga Pasanganmu Selingkuh? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengetahuinya  (38706)
searchPerbesar
Ilustrasi pasangan sedang berdiskusi. Foto: Getty Images
Siapa yang tidak marah dan sedih saat mengetahui pasangannya selingkuh? Dua hal tersebut wajar dilakukan bagi kamu yang diselingkuhi, tetapi jangan sampai melakukannya secara berlebihan.
ADVERTISEMENT
Hindari untuk menunjukkan marah dan kesedihanmu di media sosial. Mungkin sesaat rasanya akan melegakan, namun kamu pasti akan menyesalinya di kemudian hari.
Jika ingin melampiaskan perasaan, cobalah untuk bercerita soal permasalahan kamu ke orang-orang terdekat saja. Jika nanti kamu kesulitan mengatasi emosi, libatkan tenaga profesional seperti psikolog untuk membantu.
5. Rencanakan Strategi Perpisahan
Curiga Pasanganmu Selingkuh? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengetahuinya  (38707)
searchPerbesar
Ilustrasi pasangan bertengkar. Foto: Getty Images
Perpisahan memang selalu membawa kesedihan. Namun jika pasanganmu selingkuh dan kamu benar-benar tidak bisa menerimanya, jalan terbaik yang harus dilakukan adalah berpisah.
Jika hubungan yang dijalani masih sebatas berpacaran, perpisahan yang harus dilakukan mungkin tidak terlalu rumit. Kamu bisa menghapus seluruh pesan dan foto-foto kenangan, atau memblokir nomor dan media sosialnya.
Tetapi apabila kamu sudah menikah, ada baiknya minta pendapat kepada keluarga atau kerabat tentang rencana perpisahan kamu dan usahakan untuk bertemu dengan pengacara secara pribadi agar kamu bisa leluasa mengatakan semua permasalahan yang terjadi. (via)
ADVERTISEMENT