Buzz
·
2 Desember 2020 13:45

Jaga Kesehatan Mulut agar Terhindar dari Pembengkakan Jantung dan 5 Penyakit Ini

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Jaga Kesehatan Mulut agar Terhindar dari Pembengkakan Jantung dan 5 Penyakit Ini (127132)
Ilustrasi kesehatan mulut kurang baik bisa sebabkan penyakit pembengkakan jantung. Foto: Pixabay
Banyak masyarakat Indonesia yang belum mengerti betapa pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi. Hal ini dibuktikan melalui Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada 2018 silam.
ADVERTISEMENT
Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh data prevalensi penyakit gigi dan mulut di Indonesia mencapai 57,6 persen. Padahal sebelumnya dikabarkan hanya 25,9 persen pada tahun 2013.
Selain itu, penelitian tersebut jug mengungkapkan setidaknya 93,8 persen masyarakat telah terbiasa menyikat gigi dua kali sehari. Hanya saja, sangat sedikit dari mereka yang menyikat gigi pada waktu yang tepat, setelah makan dan sebelum tidur. Tercatat, hanya sekitar 2,3 persen saja.
Jaga Kesehatan Mulut agar Terhindar dari Pembengkakan Jantung dan 5 Penyakit Ini (127133)
Ilustrasi mulut tak sehat. (Foto: Thinkstock)
"Mayoritas sudah memiliki kebiasaan menyikat gigi dua kali sehari. Namun, jika menyikat gigi di waktu yang salah, maka hasilnya akan percuma. Bakteri penyebab plak akan tetap muncul pada mulut," tutur DR. Hananto Seni, DDS, MM, SpBM, President Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).
Menjaga kesehatan gigi dan mulut memang sangatlah penting. Bukan hanya demi meningkatkan kepercayaan diri, namun lebih daripada itu. Tak banyak yang tahu, ternyata banyak sekali penyakit bisa timbul akibat kesehatan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Bahkan, penyakit serius yang tak pernah terduga.
ADVERTISEMENT
Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Penyakit Gusi

Jaga Kesehatan Mulut agar Terhindar dari Pembengkakan Jantung dan 5 Penyakit Ini (127134)
Ilustrasi peradangan gusi. Foto: Pixabay
Ketika kamu tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut, peradangan gusi bisa saja muncul. Hati-hati, ya. Penyakit ini akan membuat bakteri dan kuman menumpuk sehingga menyebabkan bau mulut. Jika tidak diatasi, bau mulut akan terus tinggal di sana dan akan menurunkan kepercayaan diri.
Hal ini jugalah yang dirasakan oleh salah satu aktor Indonesia, Joe Taslim. Menurutnya, menjaga kesehatan gigi dan gusi itu sangat penting.
"Merawat kesehatan mulut dan gigi itu sangat penting, karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan diri. Jika bau mulut menyerang, otomatis kepercayaan diri akan berkurang, sehingga dapat menghambat aktivitas," ungkap Joe Taslim.

2. Pembengkakan Jantung

Jaga Kesehatan Mulut agar Terhindar dari Pembengkakan Jantung dan 5 Penyakit Ini (127135)
Ilustrasi pembengkakan jantung. Foto: Pixabay
Nah, belum banyak yang tahu mengenai penyakit ini, nih. Bakteri dalam rongga mulut ternyata bisa menyebabkan infeksi endokarditis atau inflamasi pada jantung. Bakteri Streptococcus Viridans, yang ada pada rongga mulut, bisa mengalir ke aliran darah dan merusak organ-organ lain, seperti jantung.
ADVERTISEMENT

3. Kelahiran Prematur

Jaga Kesehatan Mulut agar Terhindar dari Pembengkakan Jantung dan 5 Penyakit Ini (127136)
Ilustrasi bayi prematur. Foto: Pixabay
Jika ibu hamil mengalami sakit gusi, maka risiko persalinan prematur bisa meningkat. Bakteri Fusobacterium Nucleatum dapat berkembang biak di plak hingga 10.000 kali lipat. Nantinya, bakteri tersebut dapat mengalir dalam aliran darah hingga ke plasenta, sehingga dapat menyebabkan persalinan prematur.

4. Kelahiran dengan Berat Badan Rendah

Jaga Kesehatan Mulut agar Terhindar dari Pembengkakan Jantung dan 5 Penyakit Ini (127137)
Pertumbuhan bayi prematur yang belum sempurna. Foto: Pixabay
Ibu hamil, kesehatan mulut dan gigi harus selalu terjaga demi kelangsungan hidup janin kamu, nih. Ketika kamu mengalami radang gusi atau gigi berlubang, kuman dan bakteri bisa berjalan menuju janin melalui plasenta. Hal ini berpotensi menyebabkan janin akan lahir prematur atau bisa juga memiliki berat badan yang rendah.

5. Diabetes

Jaga Kesehatan Mulut agar Terhindar dari Pembengkakan Jantung dan 5 Penyakit Ini (127138)
Ilustrasi pengecekan diabetes. Foto: Pixabay
Sudah tahu belum? Penyakit gusi dapat menyebabkan komplikasi diabetes, lho. Penyakit periodontitis pada gigi ini nantinya akan menghasilkan sindrom resistensi insulin, di mana keadaan ini akan menyebabkan tubuh tak lagi peka terhadap insulin, yang mengatur kadar gula darah. Hal inilah yang dapat menyebabkan diabetes.
ADVERTISEMENT

6. Gangguan Pernapasan

Jaga Kesehatan Mulut agar Terhindar dari Pembengkakan Jantung dan 5 Penyakit Ini (127139)
Ilustrasi gangguan pernafasan. Foto: Pixabay
Penyakit saluran pernapasan umumnya disebabkan oleh adanya bakteri yang menyebabkan peradangan. Dengan adanya bakteri di bagian pernafasan, maka akan ada peluang bagi bakteri tersebut membawa kotoran dan menimbulkan pembengkakan di daerah mulut.
Untuk itulah, PDGI mengimbau untuk selalu membersihkan gigi dengan cara yang sempurna. Cukup sikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung flouride, untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan plak, membersihkan sisa-sisa makanan dengan floss, dan diakhiri berkumur-kumur dengan larutan kumur mulut.
Itulah enam penyakit yang dapat timbul jika kesehatan gigi dan mulut tidak terjaga. Masih berani tidak merawat gigi dan mulut dengan baik, nih? (bel)