Buzz
·
9 Juni 2021 10:19
·
waktu baca 2 menit

Jangan Asal Nyeletuk, Begini Cara Hadapi Teman yang Punya Masalah Bau Badan

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Jangan Asal Nyeletuk, Begini Cara Hadapi Teman yang Punya Masalah Bau Badan (469671)
Ilustrasi foto: Pexels/Mikhail Nilov.
Kamu punya pengalaman dalam menghadapi teman yang punya masalah bau badan, enggak, sih? Perihal bau badan, barangkali, merupakan topik sensitif untuk dibicarakan. Sebab, ada kekhawatiran akan menyinggung perasaan orang yang punya masalah bau badan tersebut ketika dibicarakan.
ADVERTISEMENT
Namun, di sisi lain enggak jarang kamu terganggu oleh bau menyengat yang datang dari tubuh temanmu. Pengin menegur namun khawatir temanmu enggak terima. Nah, bagaimana, sih, cara menghadapi teman yang punya masalah bau badan? Yuk, simak ulasan berikut.

Bicarakan Berdua

Jangan Asal Nyeletuk, Begini Cara Hadapi Teman yang Punya Masalah Bau Badan (469672)
Ilustrasi cara memberikan nasihat kepada teman yang punya masalah bau badan. Foto: Pexels.
Menegur teman kamu yang punya masalah bau badan di hadapan teman-teman kalian hanya akan mempermalukan temanmu. Iya kalau temanmu cuek atau menganggapmu bercanda, kalau mereka tersinggung lalu kalian bertengkar, bagaimana?
Itulah mengapa lebih baik kamu menahan diri untuk enggak membicarakan masalah tersebut di depan banyak orang. Alangkah lebih baik kamu mengajak temanmu mengobrol santai. Misalkan, setelah makan siang berdua.

Selektif dalam Berbicara

Jangan Asal Nyeletuk, Begini Cara Hadapi Teman yang Punya Masalah Bau Badan (469673)
Ilustrasi cara memberikan nasihat kepada teman yang punya masalah bau badan. Foto: Pexels.
Perihal bau badan termasuk hal yang sensitif untuk dibicarakan, barangkali lebih sensitif dari pertanyaan tentang berat badan. Untuk itulah kamu perlu pintar dalam menyampaikan maksud obrolan kalian.
ADVERTISEMENT
Tentu, kamu bisa memulai percakapan dengan topik-topik sederhana terlebih dahulu. Setelah itu, baru, deh, kamu mulai percakapan yang agak serius namun tetap dibawakan dengan cara yang santai. Kamu juga bisa menggunakan kata maaf berulang kali apabila telah menyinggung perasaan mereka.

Jadilah Pendengar yang Baik

Jangan Asal Nyeletuk, Begini Cara Hadapi Teman yang Punya Masalah Bau Badan (469674)
Ilustrasi cara memberikan nasihat kepada teman yang punya masalah bau badan. Foto: Pexels.
Ini penting untuk kamu lakukan. Jadilah pendengar yang baik bagi temanmu. Sebab, barangkali temanmu sebenarnya sudah berupaya untuk mencegah tubuh mereka dari bau badan. Enggak sedikit, lho, yang merasa frustrasi lantaran bau badan enggak kunjung hilang meski sudah mencoba berbagai cara.
Ketika kamu mau mendengarkan masalah mereka, ada semacam kelegaan di hati mereka. Sebab, barangkali mereka pengin curhat ke kamu sedari lama, namun malu untuk mengatakannya.
ADVERTISEMENT

Berikan Rekomendasi

Jangan Asal Nyeletuk, Begini Cara Hadapi Teman yang Punya Masalah Bau Badan (469675)
Ilustrasi cara memberikan nasihat kepada teman yang punya masalah bau badan. Foto: Pexels.
Mengkritik teman yang punya masalah bau badan tanpa memberikan solusi itu sama saja dengan mengejek mereka. Yang mereka butuhkan adalah rekomendasi dari kamu. Bisa jadi mereka sudah punya solusi sendiri namun enggak cukup ampuh untuk mencegah timbulnya bau badan.
Kamu bisa memberikan rekomendasi mulai dari hal-hal kecil, misalkan pilihan parfum yang baunya enggak menyengat ketika bercampur keringat. Bisa juga pilihan deodoran yang cukup ampuh mencegah bau badan. Enggak ada salahnya kamu ikut mencari solusi terlebih dahulu dengan membaca artikel-artikel di internet.

Berikan Apresiasi

Jangan Asal Nyeletuk, Begini Cara Hadapi Teman yang Punya Masalah Bau Badan (469676)
Ilustrasi cara memberikan nasihat kepada teman yang punya masalah bau badan. Foto: Pexels.
Nah, ini juga penting untuk kamu lakukan. Apresiasi kecil semacam pujian atas upaya yang telah mereka lakukan begitu berharga bagi mereka. Sebab, selain merasa diperhatikan, hal ini membantu mereka untuk lebih percaya diri.
ADVERTISEMENT
Ingat, menghilangkan bau badan itu enggak mudah. Bisa jadi di waktu-waktu tertentu bau badan kembali muncul. Jika mereka sudah berupaya untuk mencegah badan agak enggak mudah bau, kamu juga perlu bersabar dan enggak berhenti memberi semangat pada mereka. (kun)