Buzz
·
11 Juni 2021 8:44
·
waktu baca 2 menit

Kamu Belum Layak Disebut Dewasa Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Kamu Belum Layak Disebut Dewasa Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini (466750)
Ilustrasi berbincang bersama teman. Foto: Getty Images
Meskipun sudah memiliki usia yang dibilang dewasa, namun sadar atau enggak, semua orang pasti memiliki sisi anak-anak dalam dirinya lho. Efeknya, ada orang-orang yang mampu berpikir secara dewasa di usia belia, atau bahkan sebaliknya.
ADVERTISEMENT
Namun, terkadang sebagian dari kita banyak yang enggak sadar kalau ternyata sisi anak-anak dalam dirinya masih terlalu “kuat". Sebagian orang tersebut merasa adalah hal tersebut merupakan kepribadian dari dirinya yang tak dapat diubah.
Dikutip dari The Talko, berikut lima tanda kamu masih terjebak di fase pubertas dan enggak dewasa. Apakah kamu termasuk salah satunya? Simak ya!

1. Usia 30 Tahun namun Masih Tinggal Bersama Orang Tua

Kamu Belum Layak Disebut Dewasa Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini (466751)
Ilustrasi tinggal bersama orang tua. Foto: Getty Images
Jika kamu sudah berusia 30 ke atas, tapi masih tinggal bersama orang tua, itu artinya kamu termasuk enggak dewasa. Hal ini juga menandakan kalau kamu enggak bisa mandiri, takut sendirian, dan sangat ketergantungan dengan orang lain dalam hal apapun.

2. Sering Melawan Aturan

Kamu Belum Layak Disebut Dewasa Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini (466752)
Ilustrasi melawan aturan. Foto: Getty Images
Ciri kedua dari orang yang terjebak dalam pubertas adalah seringnya mereka melawan aturan. Di masa pubertas, umumnya orang sedang mencari jati diri, sehingga seringkali mempertanyakan sesuatu.
ADVERTISEMENT
Jika kamu sudah merasa dewasa, namun masih suka mempertanyakan aturan, ada indikasi kalau kamu masih terjebak di fase ini, karena orang dewasa lebih bijak dalam menyikapi sesuatu secara matang.

3. Suka Menjadi Pusat Perhatian

Kamu Belum Layak Disebut Dewasa Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini (466753)
Ilustrasi menjadi pusat perhatian. Foto: Getty Images
Terkadang mengharapkan pujian atas kerja keras adalah hal wajar. Namun di usia dewasa, mengharapkan pujian berlebih dinilai kekanak-kanakan. Orang dewasa umumnya lebih memfokuskan diri pada kewajiban dan mengharapkan pujian yang sewajarnya, bukan sebaliknya.
Orang berkarakter seperti ini juga dinilai enggak loyal. Soalnya, saat mereka enggak lagi menjadi pusat perhatian, mereka akan pindah dari satu tempat ke tempat lain.

4. Sering Pindah Tempat Kerja

Kamu Belum Layak Disebut Dewasa Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini (466754)
Ilustrasi bekerja. Foto: Getty Images
Tahukah kamu, bahwa labil adalah salah satu ciri dari fase pubertas. Pada fase ini orang akan bersikap galau sampai emosi yang enggak stabil. Karena merasa enggak kuat berhadapan dengan masalah, akhirnya mereka mencoba lari dari kenyataan. Salah satunya adalah pindah kerja.
ADVERTISEMENT
Menurut The Talko, orang yang sering pindah kerja kurang dari enam bulan, menandakan kalau dia masih terjebak dalam pubertas.

5. Suka Membicarakan Orang Lain

Kamu Belum Layak Disebut Dewasa Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini (466755)
Ilustrasi membicarakan teman. Foto: Getty Images
Apakah kamu termasuk orang yang sering ngomongin orang lain? Jika iya, gemar membicarakan orang lain merupakan salah satu ciri kalau seseorang enggak dewasa lho. Berbicara di belakang orang lain juga mencerminkan sikap enggak percaya diri atau kedengkian atas kesuksesan seseorang.
Sekarang, coba dicek, apakah kamu pernah mengalami salah satu cirinya? (via)