Buzz
·
10 September 2021 9:58
·
waktu baca 2 menit

Masih Lapar Padahal Baru Saja Makan? Bisa Jadi Ini Sebabnya

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Masih Lapar Padahal Baru Saja Makan? Bisa Jadi Ini Sebabnya (428016)
searchPerbesar
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)
Pernahkah kamu merasa masih lapar padahal baru saja makan dengan porsi yang sesuai? Seolah sulit puas, rasa ingin makan seolah selalu datang. Jika tidak bisa mengendalikan, tentu ini bisa menjadi sesuatu yang justru kurang baik bagi tubuh.
ADVERTISEMENT
Lalu, apa, sih, yang bikin seseorang masih merasa lapar padahal baru saja makan? Berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

Kurang Istirahat

Masih Lapar Padahal Baru Saja Makan? Bisa Jadi Ini Sebabnya (428017)
searchPerbesar
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)
Istirahat yang berkualitas merupakan hal yang penting bagi kesehatan tubuh. Istirahat cukup membuat regulasi rasa lapar yang normal dalam diri seseorang. Mereka yang kurang tidur, biasanya mudah untuk merasa lapar.

Kurang Protein

Gif via Giphy
Protein merupakan elemen yang penting bagi asupan tubuh. Dengan tercukupinya protein, tubuh bisa memiliki energi yang cukup. Sebaliknya, kurangnya protein dalam asupan bisa membuat rasa lapar terus hadir dalam diri seseorang.

Stres

Gif via Giphy
Saat sedang stres, hormon yang meregulasi rasa lapar akan meningkat. Tidak jarang mereka yang stres akan terus mengkonsumsi makanan walau dirinya sudah cukup kenyang. Sulit rasanya mencukupi rasa lapar bagi seseorang yang sedang stres.
ADVERTISEMENT

Makan Terlalu Cepat

Gif via Giphy
Dengan makan terlalu cepat, perasaan terus lapar akan mudah datang. Otak akan memberi sinyal kenyang setelah 20 menit gigitan pertama saat sedang makan. Maka dari itu, jika makan terlalu cepat, tidak jarang rasa lapar tersebut akan terus muncul.

Kurang Serat

Gif via Giphy
Serat merupakan asupan yang penting bagi pencernaan. Serat yang lama dicerna, bisa membuat perasaan kenyang lebih lama daripada makanan yang mudah dicerna. Maka dari itu, kurang asupan serat bisa berakibat rasa lapar yang selalu datang. (Ang)