Otomotif
·
30 Oktober 2020 10:15

Menyoal Fitur Kunci Keyless Motor, Kebutuhan atau Sekadar Tren?

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Menyoal Fitur Kunci Keyless Motor, Kebutuhan atau Sekadar Tren? (22869)
Ilustrasi keyless pada sepeda motor. Foto: Istimewa
Tidak hanya mobil, smart key system juga hadir untuk sepeda motor. Tak hanya untuk alasan gimmick penjualan, ternyata teknologi tersebut punya manfaat bagi pengguna motor.
ADVERTISEMENT
Konsep keyless ini bermula dari seorang pria berkebangsaan Prancis, Paul Lipschutz. Mulanya ia membuat fitur ini baru sekadar lock-unlock. Paul kemudian mencoba mengaplikasikan fitur tersebut pada model Renault Fuego pada 1983.
Pengembangannya tak sampai situ. Hingga pada 1990-an, Siemens bersama dengan Mercedes Benz memperkenalkan Smart Key Go pada S-Class W220. Tak hanya membuka dan mengunci pintu mobil, namun juga menyalakan mobil hanya dengan menyentuh tombol, dan tanpa menggunakan anak kunci.
Menyoal Fitur Kunci Keyless Motor, Kebutuhan atau Sekadar Tren? (22870)
Fitur keyless pada sepeda motor. Foto: Istimewa
Fitur ini kemudian telah dijadikan standar produksi mobil dan juga sepeda motor yang harganya masih terjangkau untuk kelas ekonomi menengah ke bawah.

Menyoal Fungsi Keyless di Sepeda Motor

Menyoal Fitur Kunci Keyless Motor, Kebutuhan atau Sekadar Tren? (22871)
Honda Smart key pada PCX Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Meski belum begitu masif, teknologi ini membawa babak baru pada industri otomotif, khususnya sepeda motor roda dua. Kebiasaan menggunakan motor juga mulai berubah.
ADVERTISEMENT
Biker tak perlu lagi memasukkan anak kunci ke dalam lubang, dan memutarnya untuk menyalakan. Tidak ada lagi memutar kunci dan mencabutnya, saat sudah kelar menggunakan motor. Kini, kunci cukup ditempatkan di saku celana atau tas.
Selain lebih praktis, fungsi lainnya yang sangat penting yaitu keamanan. Tak akan ada lagi kekhawatiran akan risiko kunci terlepas dari lubangnya ketika motor dikendarai.
Walaupun dengan menggunakan remote, pemilik kendaraan harus lebih waspada soal baterai smart key. Pasalnya bila baterai habis, kunci tak bisa dioperasikan untuk menyalakan motor.

Cara Kerja

Menyoal Fitur Kunci Keyless Motor, Kebutuhan atau Sekadar Tren? (22872)
Keyless pada sepeda motor. Foto: Dok. Honda
Hampir semua teknologi smart key yang dipakai pabrikan motor punya cara kerja yang sama. Remote alarm yang berisi modul immobilizer, akan bekerja dengan pusat kontrol sistem keyless pada motor yang biasa disebut Smart Control Unit.
ADVERTISEMENT
Saat remote alarm didekatkan ke sepeda motor dalam jarak kurang dari 2 atau 1 meter, fungsi immobilizer --sistem pendeteksi atau pengenalan kunci-- akan memancarkan sinyal dan SCU tadi akan mencocokan sesuai kode numerik yang didaftarkan, sehingga kenop kontak dapat diaktifkan.
Jadi, ketika sinyal tak sesuai dengan kode tersebut atau di luar dari radius, kenop tentu tidak akan bisa dinyalakan. Lantas, bila dalam perjalanan kunci kamu terjatuh atau motor direbut paksa oleh orang tak dikenal (begal), motor masih dapat berjalan.
Menyoal Fitur Kunci Keyless Motor, Kebutuhan atau Sekadar Tren? (22873)
Fungsi keyless Ariic Gernna Foto: dok. Great Biker
Perlu kamu ketahui bahwa indikator kunci pada spidometer akan terus berkedip. Ketika motor sudah sampai di tujuan, dan kenop diputar ke posisi off, maka motor tak akan bisa dinyalakan lagi. (bel)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white