Woman
·
15 Oktober 2020 13:18

Pasangan Kamu Suka Berbohong? Cari Tahu dengan 5 Tanda Ini

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Pasangan Kamu Suka Berbohong? Cari Tahu dengan 5 Tanda Ini (62102)
Ilustrasi berbohong. Foto: Flickr
Dalam kehidupan tentu saja kita membentuk sebuah hubungan, seperti hubungan pertemanan, hubungan pekerjaan, maupun hubungan asmara. Sejatinya, hubungan terjalin atas dasar rasa saling percaya satu sama lain. Kita percaya kalau mereka akan selalu berkata jujur dan bertindak jujur, termasuk bila mereka sedang berkonflik dengan kita.
ADVERTISEMENT
Namun sayangnya, tidak jarang ada beberapa orang yang sudah terbiasa untuk berlaku tidak jujur ataupun berbohong. Bahkan, bisa jadi kita tidak bisa membedakan kapan mereka berkata jujur dan kapan mereka berkata bohong. Hal ini karena mereka sudah sangat lihat dalam berkelit. Tapi jangan khawatir, sepintar apapun mereka menyembunyikan suatu fakta dari kita, akan tetap terlihat tanda atau ciri saat mereka berbohong.
Untuk mengetahui gelagat mereka berbohong atau tidak mungkin akan sedikit sulit pada awalnya. Namun, kita bisa memperhatikan mereka misalnya saat mereka memberi respon dalam menghadapi suatu konflik dengan orang lain.
Pasangan Kamu Suka Berbohong? Cari Tahu dengan 5 Tanda Ini (62103)
Gif from Giphy
Nah, untuk penjelasan lebih lengkap ciri pasangan kita berbohong atau tidak, simak ulasan berikut!
  1. Melebih-lebihkan suatu cerita
Menjalankan suatu hubungan tentu kita sering melakukan bertukar cerita satu sama lain. Dalam bercerita tentu kita berpikir untuk membuat pendengar mempercayai apa yang kita sampaikan. Namun, ternyata ada sebagian dari mereka melebih-lebihkan suatu cerita untuk mempertahankan citra mereka di hadapan orang lain, hal ini dijelaskan oleh Psychology Today. Melebih-lebihkan suatu cerita ini menjadi salah satu kebohongan yang paling sering ditemui. Ada juga orang yang melebihkan suatu cerita atau pencapaian karena ingin mendapatkan pengakuan dari orang lain.
Pasangan Kamu Suka Berbohong? Cari Tahu dengan 5 Tanda Ini (62104)
Gif from Giphy
Hal ini mungkin terlihat tidak terlalu berbahaya. Tapi jika sudah ketahuan berbohong, tentu akan merusak suatu hubungan dan mengakibatkan hilangnya rasa percaya terhadap pasangan saat mengetahui hal itu. Jadi, coba perhatikan kembali apakah pasanganmu suka melebih-lebihkan suatu cerita atau tidak.
ADVERTISEMENT
  1. Berbohong kepada orang lain
Sebagian dari kita mungkin pernah menjumpai pasangan kita berbohong kepada temannya ataupun orang lain. Saat menyaksikan itu mungkin sebagian dari kita merasa itu bukanlah suatu masalah dan berpikir mereka tidak akan berbohong kepada kita. Padahal, bisa jadi hal sebaliknya. Hanya karena kita merasa tidak dibohongi, bukan berarti mereka selalu berlaku jujur dalam hubungan asmara.
"Jika mereka bisa berbohong kepada orang lain, mereka pun juga akan berbohong kepada Anda," ujar Monica Parikh, seorang love and dating coach dari School of Love NYC, Amerika Serikat.
Nah, karena sudah tahu tentang fakta ini, ditambah kalau sudah pernah mendapati pasanganmu berbohong, maka sudah seharusnya kamu waspada. Tentu saja, seiring berjalannya waktu kamu akan memahami ciri saat mereka berbohong, sekalipun ketika sedang ngobrol sama kamu.
ADVERTISEMENT
  1. Gaslighting
Tentu kita sudah satu, saat seseorang berbohong ia sering kali melakukan gaslighting atau yang biasa kita sebut dengan memutarbalikkan fakta. Yang paling parah, hal ini bisa membuat kamu merasa bersalah dengan argumen-argumen yang ia berikan.
Pasangan Kamu Suka Berbohong? Cari Tahu dengan 5 Tanda Ini (62105)
Gif from Giphy
Ketahuilah, tindakan ini dilakukan bertujuan untuk memanipulasi dirimu. Mereka yang bertindak seperti ini akan terus berusaha mengalihkan pembicaraan dengan merendahkan dirimu dan tidak menjelaskan apa yang sebenarnya mereka lakukan. Hal ini, membuat kamu harus waspada dan memperhatikan saat pasangan sedang dalam suatu argumen.
  1. Mengalihkan topik
Pernahkah kamu dan pasangan dalam situasi ingin berbicara mengenai kesalahan pasanganmu dan ia terus berusaha mengalihkan topik pembicaraan? Sebagian dari kita mungkin pernah dalam situasi tersebut. Mengalihkan topik pembicaraan menjadi cara mereka menghindari hal yang tak ingin mereka ucapkan. Menurut Bustle, salah satu contohnya adalah ketika mereka menghindari membicarakan soal diri sendiri, dan mengalihkan pembicaraan dengan membahas diri Anda.
ADVERTISEMENT
  1. Marah dan defensif dalam argumen
Pasangan Kamu Suka Berbohong? Cari Tahu dengan 5 Tanda Ini (62106)
Gif from Giphy
Tanda lain yang menunjukkan pasangan kamu sering berbohong adalah saat pasangan cenderung mudah tersulut emosinya ketika membahas masalah yang terjadi dalam hubungan kalian. Bukannya memberikan penjelasan supaya masalah dapat terselesaikan, ia justru bertindak defensif. Ketahuilah, bisa jadi mereka melakukan ini untuk menyembunyikan sebagian fakta supaya kamu berhenti menanyakan hal yang bikin mereka tidak nyaman.
Sudah tahukan tanda-tanda pasangan yang sering berbohong, tentu kamu tidak maukan jika merasa dibohongi apalagi jika terus menerus. Lebih waspada, jika kamu menemukan salah satu tanda di atas pada pasanganmu dan coba berdiskusilah agar menemukan solusi terbaik.
(mon)
Ingin dapat dana pengembangan buat usaha kamu? Caranya kunjungi link di bawah ini:
ADVERTISEMENT