Entertainment
·
23 November 2020 15:22

Tips Mengatur Keuangan untuk Milenial

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Tips Mengatur Keuangan untuk Milenial (301136)
Foto: freepik.com
Mengatur keuangan memang susah-susah gampang. Terutama bagi para generasi milenial yang baru saja berpenghasilan. Tak sedikit dari mereka yang menjadi boros. Keinginan untuk membeli ini-itu dengan hasil keringat sendiri pasti sulit dihindarkan.Belum lagi urusan rekreasi. Ya, sebenarnya hal itu sah-sah saja asal sudah memperhitungkan segala kebutuhan yang lain. Berhemat tetaplah perlu.
ADVERTISEMENT
Terkadang niat untuk menghemat di awal bulan menjadi buyar dan tidak berjalan mulus. Kenyataannya, disipljn dan menahan nafsu membeli barang yang tidak dibutuhkan memang sulit bagi sebagian orang. Tetapi, hal tersebut perlu dilakukan agar mencapai stabilitas finansial dan tidak collapse di akhir bulan.
Lalu, apakah anak muda hanya bisa boros? Jangan salah, berikut adalah tips mudah mengatur keuangan untuk milenial.
1. Buat alokasi dana
Hal wajib yang paling mudah dilakukan untuk mencegah pengeluaran yang sporadis dan tidak terkendali. Buatlah daftar atau list kebutuhan serta besaran uang di pos-pos tersebut. Hal selanjutnya yang mungkin bagi sebagian orang sulit dilakukan ialah menjaga komitmen dan tetap mengikuti list tersebut hingga akhir bulan.
2. Hitung beban setiap bulannya
ADVERTISEMENT
Bila kamu belanja bulanan atau mengeluarkan uang untuk kebutuhanmu yang lain biasakan untuk mencatat jumlah uang yang kamu keluarkan. Hal ini sangat berguna terutama bagi kamu yang pelupa. Mencatat setiap pengeluaran memberikan kamu gambaran penuh mengenai kondisi keuangan. Jadi tidak ada lagi deh kalimat “Loh, kok sudah habis aja ya uang gue padahal belum akhir bulan?”, hihi.
3. Jangan lupa bayar hutang
Buat kamu yang punya hutang apalagi dengan jumlah yang tidak sedikit, usahakan untuk mencicil hutang tersebut. Tak apa bila kamu mungkin belum bisa melunasi, setidaknya buatlah minus di neraca keuanganmu berkurang. Satu hal lagi, hati-hati dengan penggunaan kartu kredit. Jangan sampai hutangmu sudah sangat besar tanpa kamu sadari, ya!
ADVERTISEMENT
4. Siapkan keuangan darurat
Seringkali segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana di awal. Untuk itulah diperlukan cadangan atau simpanan kala darurat. Kita tidak pernah tahu pengeluaran-pengeluaran mendadak yang tak bisa ditunda. Menyisihkan uang utnuk keadaan darurat sedikit banyaknya memberikan ketenangan.
5. Menabung untuk hari tua
Tidak ada salahnya menabung untuk hari tua sedari muda. Sedikit saja yang kamu sisihkan setiap bulan akan menjadi simpanan yang lumayan untuk 20 tahun yang akan datang. Hal ini diharapkan bisa menunjang hari tuamu nanti. Bagaimana? Mudah atau sulit? Share Tips kamu di kolom komentar, yuk! (ns)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white