Otomotif
·
22 Maret 2021 11:52

Trik Jago Kendarai Mobil Manual, Ini Cara Mudah Agar Perpindahan Gigi Jadi Halus

Konten ini diproduksi oleh Generasi Milenial
Trik Jago Kendarai Mobil Manual, Ini Cara Mudah Agar Perpindahan Gigi Jadi Halus (409070)
searchPerbesar
Ilustrasi Mobil Manual. Foto: Shutter Stock
Mobil bertransisi manual hingga kini tak dapat dipungkiri masih menjadi pilihan untuk sebagian orang. Mulai dari harga hingga perawatan yang murah tentu masih menjadi alasan utama.
ADVERTISEMENT
Akan tetapi, sebagian orang juga menganggap bahwa mengoperasikan mobil transmisi manual tidaklah mudah. Tak jarang mereka mendapati perpindahan gigi yang kasar atau menghentak.
Chief Instructor Rifat Drive Labs (RDL), Herry Wahyudi, memberikan beberapa tips. Menurutnya, hal utama yang dapat dilakukan pengemudi yaitu menyelaraskan antara melepas pedal kopling dan memberikan tekanan injakan pada pedal gas.
“Jadi kunci utamanya itu tetap harus bisa selaras antara angkatan pada pedal kopling dan injakan pada pedal gas,” ujar Herry.
Trik Jago Kendarai Mobil Manual, Ini Cara Mudah Agar Perpindahan Gigi Jadi Halus (409071)
searchPerbesar
Ilustrasi menyetir. Foto: Getty Images
Herry menambahkan, untuk mengatasi agar mobil tidak lompat saat perpindahan gigi tersebut, maka pengemudi dapat menambah tekanan injakan gas sambil memainkan irama pelepasan pedal kopling secara perlahan.
Selain itu, penyesuaian antara perpindahan transmisi dengan rpm juga dinilai akan membantu perpindahan gigi menjadi smooth dan membuat mobil menjadi lebih irit bahan bakar.
Trik Jago Kendarai Mobil Manual, Ini Cara Mudah Agar Perpindahan Gigi Jadi Halus (409072)
searchPerbesar
Ilustrasi kaki kiri pada pedal kopling mobil manual Foto: dok. Shutter Stock
“Perpindahan gigi sesuai rpm juga lebih bagus, jadi jangan menunggu sampai rpm tinggi sekali. Selain membuat perpindahan lebih smooth, juga dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit,” jelas Herry.
ADVERTISEMENT
Terakhir Herry menyarankan agar pengemudi tidak malu untuk sering berlatih di tempat tertutup yang aman untuk mendapatkan feel perpindahan transmisi yang smooth. Bahkan, tidak ada salahnya untuk minta didampingi oleh instruktur atau orang yang expert di bidangnya. (Via)