kumparan
search-gray
Food & Travel18 Juli 2018 6:32

Menjelajah Alam Finlandia Tanpa Batas

Konten kiriman user
Menjelajah Alam Finlandia Tanpa Batas (73708)
Bendera Finlandia (Foto: Baptiste Valthier, Pexels)
Finlandia kembali masuk dalam ingatan kolektif masyarakat Indonesia minggu lalu. Kali ini, sebagai tempat Lalu Muhammad Zohri menorehkan prestasinya. Turut bangga atas kemenangan yang diraih Zohri, namun, saya akan lebih mengingat Finlandia sebagai tempat istri bertugas selama tiga tahun.
Menjelajah Alam Finlandia Tanpa Batas (73709)
Istri (tengah) sebagai anggota paskibra dalam peringatan HUT RI di KBRI Helsinki, 17 Agustus 2015 (Foto: KBRI Helsinki, Facebook)
ADVERTISEMENT
Selama tiga tahun penugasan di sana, saya berkali-kali berkunjung dari tempat penugasan saya di Tunis. Datang dari negara yang terletak di tepi Mediterania, hal pertama yang berkesan adalah keasrian alam Finlandia.
Keindahan alam Finlandia
Luas daratan Finlandia sekitar 304 ribu kilometer persegi, dua kali lebih luas dari Tunisia, atau setara dengan luas Provinsi Papua. Namun, 72,9 persen dari daratan Finlandia masih tertutup hutan. Sebagai perbandingan, kurang dari 52 persen daratan Indonesia yang masih tertutup hutan.
Menjelajah Alam Finlandia Tanpa Batas (73710)
Sebuah danau di Vaala (Foto: Arto Marttinen, Unsplash)
Finlandia juga sering disebut sebagai land of a thousand lakes karena terdapat lebih dari 187.000 danau di sana. Dengan jumlah penduduk sekitar 5,5 juta, berarti terdapat 1 danau untuk setiap 29 penduduk. Hanya Kanada yang mempunyai danau lebih banyak dari Finlandia.
ADVERTISEMENT
Bagi nature lovers, perpaduan kedua unsur alam ini di Finlandia mungkin seperti di surga. Warga Finlandia sendiri umumnya suka beraktivitas di luar rumah, bahkan di musim dingin ketika suhu bisa mencapai -40 derajat Celsius.
Menjelajah Alam Finlandia Tanpa Batas (73711)
Musim dingin di Lapland (Foto: adege, Pixabay)
Menjelajah tanpa batas
Alam Indonesia tentunya tidak kalah dari Finlandia, hanya sedikit perbedaannya tidak turunnya salju. Namun satu hal yang sangat mendukung pecinta alam dalam menjelajah Finlandia adalah jokamiehenoikeus. Dalam Bahasa Swedia, yang juga digunakan di Finlandia, allemansrätten mempunyai arti yang sama.
Secara harfiah, kedua kata tersebut dalam Bahasa Inggris berarti everyman’s right. Everyman’s right atau freedom to roam merupakan konsep hak akses publik terhadap ruang terbuka di Finlandia.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya everyman’s right bukanlah hal unik yang hanya ada di Finlandia. Semua negara Nordic mempunyai konsep serupa. Namun, cakupannya di Finlandia mungkin lebih luas dibandingkan di negara lain. Dengan jokamiehenoikeus, 90 persen dari semua wilayah Finlandia dapat diakses publik.
Apa yang bisa kita lakukan berdasarkan jokamiehenoikeus? Ini beberapa ide:
1. Jalan kaki, bersepeda (atau main ski di musim dingin) di Finlandia
Benar-benar ke mana saja, bahkan memasuki tanah milik pribadi selama dalam jarak yang wajar dari properti yang ada. Di Finlandia, tidak boleh memasang tanda melarang masuk tanpa adanya dasar hukum yang jelas.
2. Memetik dan memakan buah beri atau jamur liar apapun yang kamu temukan
Kamu bahkan boleh menjual buah beri dan jamur yang kamu petik tanpa perlu khawatir pajak. Ada sekitar 500 jenis jamur liar yang bisa dimakan yang tumbuh di hutan-hutan Finlandia.
Menjelajah Alam Finlandia Tanpa Batas (73712)
Memetik cloudberry (Foto: Heather Sunderland, Flickr)
ADVERTISEMENT
3. Berenang atau memancing di danau dan sungai manapun
Selama hanya menggunakan pancing dan kail, kamu bisa menyalurkan hobi memancingmu di manapun di Finlandia. Pemerintah Finlandia bahkan menyediakan tempat-tempat khusus untuk membuat api unggun agar kamu bisa langsung memasak ikan yang ditangkap.
Menjelajah Alam Finlandia Tanpa Batas (73713)
Ice fishing di Helsinki (Foto: Carlos "Grury" Santos, Unsplash)
3. Camping dan tidur di bawah bintang-bintang
Kamu boleh mendirikan tenda selama 1-2 malam tanpa izin di manapun di Finlandia. Membuat api unggun juga diperbolehkan, asalkan hanya menggunakan ranting yang sudah jatuh ke tanah.
Menjelajah Alam Finlandia Tanpa Batas (73714)
Observatorium Ursa di Taman Kaivopuisto, Helsinki (Foto: Joakim Honkasalo, Unsplash)
Jika tertarik untuk menjelajahi alam Finlandia dengan bebas, bacalah booklet resmi ini terlebih dahulu agar lebih memahami dengan jelas hak dan kewajibanmu. Saya sendiri berharap dapat kembali ke Finlandia untuk melakukan hal yang belum tersampaikan: memburu Aurora Borealis.
ADVERTISEMENT
Northern Lights di Lapland (Video: VisitFinland.com)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white