Pencarian populer

Fakta Seputar Mitsubishi Xpander, Lawan Avanza Cs yang Debut Agustus

Konsep LMPV Mitsubishi (Foto: Mitsubishi)

Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) memang masih menutup rapat informasi soal low MPV (Multi Purpose Vehicle) yang dipercaya akan menggunakan nama Mitsubishi Xpander.

Kelahiran low MPV Mitsubishi sendiri bermula dari XM Concept yang diperkenalkan pertama kali secara global melalui panggung Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) edisi 2016. Meski masih dalam bentuk konsep, mobil itu sukses menuai perhatian.

[Baca juga: Low MPV Mitsubishi yang Meluncur Agustus]

kumparan (kumparan.com) merangkum sejumlah fakta soal Mitsubishi Xpander yang akan dirilis dunia di GIIAS 2017 yang berlangsung pada 10-20 Agustus 2017.

Mitsubishi Xpander

Pertama soal nama, tentu pihak MMKSI belum mengonfirmasi soal ini. Namun, kalau kita lihat atau cari dengan menggunakan kata kunci Mitsubishi Xpander, maka akan disarankan oleh mesin pencarian Google ke sebuah diler kendaraan penumpang Mitsubishi di Cakung, yang belum lama ini diresmikan. Apakah ada oknum dari tenaga diler yang sengaja membocorkan sebelum waktunya?

Uji jalan low MPV Mitsubishi (Foto: mynavi.jp)

Sebagai informasi, di tempat itu, Mitsubishi mengumumkan penggantian puncuk pimpinan dari Hisashi Ishimaki ke Kyoya Kondo sebagai presiden direktur.

Spesifikasi; mesin dan tipe yang disediakan

Soal yang satu ini yang diketahui adalah Mitsubishi Xpander akan memadukan konsep kendaraan MPV yang fungsionalitas dan mampu mengakomodasi tujuh orang penumpang dengan kemampuan kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) yang sudah menjadi DNA dari pabrikan berlambang tiga berlian itu. Sebagaimana diketahui Pajero Sport menjadi penopang penjualan Mitsubishi di kendaraan penumpang.

Mitsubishi Expander (Foto: Indianautosblog)

"Seperti kalau kita lihat bagaimana memadukan fungsionalitas MPV dengan performa dan durabilitas layaknya sebuah SUV, itu yang menjadi selling point," kata Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro saat ditemui dalam peresmian diler kendaraan penumpang ke-87 di Bandung beberapa waktu lalu.

Mesin

Nah, untuk urusan jantung mekanis, Mitsubishi Xpander akan menggunakan mesin 1,5 liter. Untuk yang satu ini, MMKSI mengonfirmasi bahwa mobil akan tersedia dalam dua pilihan transmisi; manual dan otomatis.

Menurut informasi yang diterima kumparan (kumparan.com), Mitsubishi Xpander akan dipasarkan dalam enam tipe (belum terkonfirmasi). Namun, langkah ini tentu saja logis, bila Mitsubishi ingin memperkuat penjualan `baby Pajero Sport` tersebut.

[Baca juga: Setelah Low MPV, Mitsubishi Bawa Eclipse Cross ke Indonesia?]

Sebab, bila Mitsubishi Xpander mengolaborasikan kendaraan MPV dan SUV, maka mobil ini tak cuma bermain di low MPV tapi juga low SUV dan bertarung dengan Honda BR-V yang saat ini bermain sendirian.

Dengan dipasarkan dalam enam tipe, sehingga Mitsubishi leluasa untuk menyediakan Mitsubishi Xpander dengan berbagai harga yang bervariatif sesuai dengan kantung konsumen. Diharapkan, tipe termurah akan dipatok dengan harga di bawah Rp 180 jutaan. Kemudian, pada kasta paling rendah mobil disediakan dengan pilihan velg kaleng. Untuk diameter rodanya sendiri tersedia dalam pilihan ring 15 dan 16, menarik bukan?

Soal 21 Ribu Unit Mitsubishi Xpander dan eskpor

Kehadirannya Mitsubishi Xpander, pertama membuat pabrikan berlambang tiga berlian itu lebih kuat di pasar kendaraan penumpang yang saat ini penjualannya masih didominasi SUV mereka Pajero Sport. Kedua, tentu saja adalah mendongkrak volume penjualan.

Mitsubishi Indonesia sendiri sudah menghitung bahwa mereka mampu menjual 21.000 unit low MPV hingga April 2018 dan pemesananannya dibuka mulai Agustus. Sejauh ini, antusiasme konsumen terhadap produk baru ini bisa dibilang tinggi.

Pabrik PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (Foto: Dok. MMKI)

Pada IIMS 2017 lalu, MMKSI mengungkap tak kurang dari 5.000 orang sudah masuk dalam daftar konsumen yang tertarik dan akan diprospek ketika mobil sudah dijual.

Menurut Director of Sales and Marketing Division MMKSI Irwan Kuncoro, penjualan Mitsubishi yang mencapai 67 ribu unit sepanjang tahun lalu menjadi 91 ribu unit di 2017. Ada dua faktor yang membuat performa Mitsubishi terkerek "peningkatannya itu dari low MPV serta Pajero Sport yang semua variannya diproduksi lokal."

Peresmian diler Mitsubishi Nusantara Depok (Foto: Gesit Prayogi/kumparan.com)

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang diberi tugas membuat low MPV ini sudah melakukan serangkaian tes produksi. Fasilitas ini akan memproduksi low MPV sebesar 80 ribu unit per tahun, dengan rincian 60 ribu unit pasar domestik dan 20 ribu unit ekspor.

Infografis Mitsubishi Murah (Foto: Bagus Permadi/kumparan)

143 diler kendaraan penumpang

Selain produk, MMKSI juga memperkuat jaringan diler kendaraan penumpa ng yang kini sudah berjumlah 87 outlet. Hingga akhir 2018, mereka menargetkan punya 143 diler kendaraan penumpang di seluruh Indonesia.

Mitsubishi Expander (Foto: Dok. Istimewa)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.33