• 1

Motor Terbang Polisi Dubai: Keren atau Membahayakan?

Motor Terbang Polisi Dubai: Keren atau Membahayakan?


Polisi Dubai sepertinya tak cukup hanya dibekali dengan mobil-mobil berperforma. Belum lama ini, mereka kembali menambah armada patroli dengan sebuah kendaraan yang lain daripada yang lain. Kendaraan itu adalah sebuah hoverbike.
Hoverbike merupakan kendaraan yang posisi duduknya meyerupai sepeda motor. Agar bisa melaju di atas permukaan, dia dibekali propeler atau baling-baling. Pada hoverbike milik polisi Dubai, memiliki empat buah baling-baling.
Hoverbike polisi Dubai ini dikebangkan oleh sebuah perusahaan asal Rusia. Kendaraan ini bernama Scorpion-3.

Motor terbang polisi Dubai

Motor terbang polisi Dubai (Foto: HOVERSURF OFFICIAL)
Kendaraan ini berbasis listrik dan bisa melayang di atas permukaan dengan ketinggian maksimum cuma lima meter saja. Dikutip dari Autoblog, Rabu (18/10), kecepatan maksimum Sporpion-3 bisa mencapai 70 km/jam dan bisa beroperasi selama 25 menit dengan sekali pengisian penuh.
Memang, Dubai sengaja membeli hoverbike ini bukan untuk mengejar bandit. Polisi mengandalkan Scorpion-3 untuk menjangkau lokasi yang sulit, seperti di tengah kemacetan. Sehingga, mereka bisa menjalankan layanan cepat tanggap di berbagai kondisi.
Keselamatan
Meski terlihat keren, hoverboard yang digunakan polisi Dubai nampaknya harus mendapat peningkatan untuk fitur keselamatan.
Pertama, baling-baling terbuka dan tak memiliki rangka untuk memproteksi ketika terjadi insiden. Dalam skenario terburuk, bilah baling-baling bisa terlontar dan justru menimbulkan korban.

Motor terbang polisi Dubai

Motor terbang polisi Dubai (Foto: HOVERSURF OFFICIAL)
Kedua, bila dilihat dari video, tak ada fitur keselamatan penunjang untuk pengedara. Siapa pun yang menggunakan hoverboard ini hanya diwajibkan menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Sejauh ini belum ada penjelasan dari si pembuat hoverboard terkait sistem keselamatannya.

OtomotifUnikSepeda Motor

500

Baca Lainnya