kumparan
19 Agustus 2017 18:04

Soal Angka 1,6 Juta Unit Toyota Avanza

Com-Avanza Limited (Foto: Toyota)
Toyota bisa dibilang menjadi pembuka pasar di segmen MPV (Multi Purpose Vehicle). Setelah sukses dengan model Kijang, pabrikan Jepang itu menetaskan model baru yang diposisikan berada di bawah, yakni Toyota Avanza.
ADVERTISEMENT
Lahir berkat kerjasama PT Toyota-Astra Motor (TAM) dengan PT Astra Daihatsu Motor, Toyota Avanza menetas pada 2004 dan langsung menuai sorotan publik.
Angka berbicara bahwa Toyota Avanza-Veloz masih jadi pilihan utama. Dia sudah mengantongi angka penjualan 1,6 juta unit sejak meluncur.
Soal angka jutaan unit, yang mungkin tak lama lagi menyentuh 2 juta unit tentu buka pekerjaan semalam alias tak semudah membalikkan telapak tangan.
Toyota mendesain mobil ini untuk sesuai dengan kondisi geografis yang akhirnya diimplementasikan pada spesifikasi teknisnya.
Dijelaskan, Avanza mengandalkan sistem penggorak reda depan yang sangat mumpuni ketika melintasi tanjakan dengan kondisi penuh muatan. Kemudian, mobil juga memiliki ground clearance 200 mm.
Toyota Avanza (Foto: Gesit Prayogi/kumparan)
Selain itu, kekuatannya juga didukung dari desain Unibody yang dikembangkan Toyota atau sistem semi-monokok yang digabung dengan subframe.
ADVERTISEMENT
Mobil memakai ladderframe dari bagian tengah ke depan, kemudian menggunakan sasis monokok dari tengah ke belakang. Konfigurasi ini diklaim mampu memberikan kemampuan terhadap mobil dalam menahan beban tujuh penumpang.
Tak ketinggalan, Toyota Avanza juga menganut teknologi Global Outstanding Assesment (GOA) dan memiliki radius putar 4,7 meter yang memudahkan pengendara ketika bermanuver.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan