Pencarian populer
Wali Kota Surabaya Bakal Pakai Mobil Listrik Buatan ITS
Tri Risma di acara Ngebuburit kumparan. (Foto: Kevin Kurnianto/kumparan)
Walikota Surabaya Tri Rismaharini meminta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk membuatkan mobil listrik. Rencananya, mobil tersebut akan ia gunakan sebagai kendaraan dinas.
Kepala pengembangan kendaraan listrik ITS, Muhammad Nur Yuniarto, mengamini bahwa mereka tengah mendesain mobil berjenis SUV (Sport Utility Vehicle) untuk perempuan yang karib disapa Bu Risma itu.
Selain itu, ITS juga diminta mendesain stasiun pengisian listrik dengan solar panel dan energi alternatif. Tak sendiri, mereka juga berkolaborasi dengan PT Pembangkit Jawa Bali (PJB).
“Itu permintaan Ibu Risma, desain akhir SUV masih menunggu persetujuan beliau,” kata Nur Yuniarto kepada kumparan (kumparan.com), Rabu (19/7).
Adapun desain SUV listrik yang tengah dikembangkan itu adalah memiliki dimensi yang sama dengan Toyota Fortuner.
Sebagaimana diketahui, ITS Surabaya merupakan satu dari lima universitas di Indonesia yang menjadi basis pengembangan teknologi kendaraan listrik. Sejumlah karya sudah berhasil dipamerakan ke publik, mulai dari EZZY ITS I dan II hingga, sepeda motor listrik GESITS yang akan diproduksi secara massal tahun ini.
Selain itu, ITS Surabaya juga tengah berkolaborasi dengan Universitas Budi Luhur dan Fin Komodo untuk membuat sebuah mobil listrik yang dipersiapkan turun di balap reli dakar. Selain full listrik, apabila memungkinkan, tim juga akan membuat varian hybrid.
Jika tak ada aral melintang, unit purwarupa EV for Rally Dakar itu akan mulai dites pada tahun ini hingga 2018 sesuai dengan kontur jalan di Indonesia. “Kayaknya cocok untuk Indonesia yang jalannya enggak ada yang rata walau aspal,” tuntas Nur.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: