Pencarian populer

5 Hal yang Harus Disiapkan Suami saat Istri Akan Melahirkan

Saat istri hamil para suami tentunya akan selalu menjaga kesehatan sang istri dan janin di dalam kandungan. Mulai dari menjaga kesehatan makanan yang dikonsumsi, mengatur waktu istirahatnya hingga menuruti sang istri saat ngidam.

Dan akhirnya, penantian selama 9 bulan telah tiba. Saatnya, para suami untuk mempersiapkan perlengkapan istri dan bayi sebelum melahirkan hingga sesudahnya.

Bagi Anda yang baru mengalami momment ini tentunya kebingungan untuk mempersiapkan perlengkapan yang dibutuhkan sang istri dan calon bayi nanti. Agar tidak salah, yuk simak infonya di bawah ini!

Sebelum melahirkan: Siapkan tas perlengkapan melahirkan!

Sebelum sang istri menunjukkan tanda-tanda melahirkan seperti merasakan mules hebat dan keluarnya air ketuban, yang bisa disertai dengan bercak darah. Para suami diharapkan sudah sigap dalam menyiapkan segala persiapan ketika istri akan melahirkan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyiapkan tas yang berisi perlengkapan bayi baru lahir dan melahirkan jauh-jauh hari terlebih saat usia kandungan sang istri memasuki bulan ke-9.

Lalu perlengkapan apa saja yang harus para suami persiapkan?

1. Baju ganti dan alat mandi

Pakaian musim dingin. (Foto: Shutterstock)

Agar nyaman, disarankan untuk para calon ibu membawa baju khusus yang umumnya digunakan saat proses persalinan berlangsung.

Selain itu, ibu dan bayi biasanya harus tinggal di rumah sakit selama satu atau dua hari sebelum dapat pulang ke rumah. Jadi, Anda akan memerlukan sebuah baju ganti dan beberapa alat mandi seperti sikat gigi, odol, dan sabun.

2. Hiburan

Ganti kebiasaan Anda bermain ponsel dengan membaca buku (Foto: Unsplash)

Persalinan adalah proses yang dapat memakan waktu yang lama. Oleh karena itu sangat penting bagi suami menyiapkan beberapa hiburan untuk Anda dan istri. Anda bisa membawa buku, majalah, hingga playlist lagu yang dapat membuat rileks.

3. Pakaian bayi dan selimut

Memakai pakaian katun agar tidur nyenyak (Foto: Dok.Pixabay)

Bawalah baju bayi dan perlengkapan lainnya yang memiliki ukuran seperti bayi baru lahir pada umumnya dan atau yang memiliki ukuran bayi 3 bulan jika Anda tidak yakin seberapa besar bayi akan lahir. Jangan lupa juga untuk membawa selimut, ya! Pertimbangkan cuaca mungkin berbeda saat Anda dipulangkan dari rumah sakit.

4. Camilan

Ilustrasi makanan ringan. (Foto: Thinkstock)

Proses melahirkan bisanya akan membuat pasangan suami-istri lupa untuk makan dikarenakan keduanya fokus pada prosesnya. Namun hal ini tentunya sangat berbahaya terlebih ibu melahirkan memerlukan asupan agar ia mempunyai ekstra tenaga untuk proses melahirkan si jabang bayinya.

Jadi jangan lupa untuk membawa beberapa jenis makanan seperti roti, aneka buah, hingga beberapa camilan favorit.

5. Kamera

Kamera DSLR Canon (Foto: Pixabay)

Anda tidak ingin melewatkan momen indah kelahiran sang buah hati tanpa mengabadikannya, bukan? Tentu, foto yang diambil harus memiliki kualitas tinggi karena momen kelahiran ini sangatlah penting dan hanya sekali seumur hidup bagi si kecil yang akan nantinya ditunjukkan kenangan tersebut, bukan?

Proses melahirkan: Jadilah supporter #1 istri Anda!

Persiapan ketika istri akan melahirkan saat proses melahirkan bagi para calon ayah dengan memberikan dukungan pada istri Anda. Jadi, saat tiba di ruang bersalin, bersiaplah untuk menjadi supporter bagi sang istri!

Apabila istri Anda memilih persalinan normal, maka proses kelahiran yang dilewati akan penuh dengan teriakan klise, endusan, dan keringat. Di waktu ini, tidak banyak yang dapat dilakukan kecuali memegangi tangan dan menjadi sosok yang tenang dan percaya diri bahwa semuanya sedang berjalan dengan lancar dan baik.

Namun, siap-siap juga untuk menerima beberapa pukulan atau cakaran yang datang dari istri karena rasa sakit yang dirasakan dari proses bersalin ini, tentunya sangat luar biasa! Jadi, maklumi saja ya!

Sesudah melahirkan: Mulailah menjadi seorang Ayah!

Persiapan ketika istri akan melahirkan sesudah buah hati lahir dengan menjadi sosok seorang ayah yang baik. Ketika momen bahagia di mana sang buah hati datang ke dunia telah tiba, maka bersiaplah untuk memulai tugas baru sebagai seorang ayah. Ketika melihat sang bayi untuk pertama kalinya.

Jadi, jangan bingung lagi untuk mempersiapkan perlengkapan sebelum dan sesudah melahirkan, ya! Semoga bermanfaat!

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.40