kumparan
search-gray
Bola & Sports27 Mei 2020 20:28

Liverpool vs Atletico Madrid Penyebab Lonjakan Angka Kematian Akibat COVID-19

Konten kiriman user
Liverpool vs Atletico Madrid Penyebab Lonjakan Angka Kematian Akibat COVID-19 (228556)
Sumber foto instagram Atletico Madrid
Liverpool menjamu Atletico Madrid dalam laga kedua babak 16 besar Liga Champion pada 11 Maret 2020 lalu. Pertandingan itu dihadiri 52.000 fans dan 3000 diantaranya adalah pendukung Atletico Madrid yang hadir langsung ke Anfield.
ADVERTISEMENT
Laga itu menjadi pertandingan sepak bola terakhir yang diselenggarakan di Inggris sebelum semuanya ditunda akibat corona.
Namun laga Liverpool melawan Atletico Madrid menjadi sorotan karena beberapa laporan menyebutkan bahwa laga tersebut menjadi pemicu meningkatnya penyebaran virus corona, bahkan ada 41 korban meninggal terkait pertandingan tersebut.
Laporan Sunday Times, Edge Health, yang menganalisis data untuk Layanan Kesehatan Nasional, membuktikan ada keterkaitan pertandingan Liverpool vs Atletico dengan sejumlah korban COVID-19 di Inggris.
Laga Liverpool vs Atletico Madrid memang banyak disayangkan sejumlah pihak. Wali Kota Madrid, Jose Luis Martinez-Almeida, turut menyesalkan banyak suporter Atletico Madrid yang nekat berangkat langsung ke Inggris. Apalagi sebelum pertandingan melawan Liverpool, La Liga sudah resmi menunda laga Atetico Madrid melawan Atletico Bilbao yang dibatalkan karena sudah ada kasus corona di Spanyol.
ADVERTISEMENT
"Tidak masuk akal 3.000 fans Atletico bisa bepergian ke Anfield kala itu," tutur Martinez-Almedia kepada Onda Cero.
"Itu kesalahan. Melihat kejadian itu lagi tentu saja (kesalahan), tapi saya pikir kala itu seharusnya ada kehati-hatian lebih," tambah dia.
Selain laporan di atas, seperti yang dilaporkan juga oleh BBC, pemimpin proyek pelacakan COVID-19 di Inggris bernama Professor Tim Spector mengatakan kurang lebih hal yang sama bahwa dua kegiatan yang di selenggarakan bulan Maret menjadi pemicu meningkatnya kasus kematian COVID-19 di Inggris. Selain laga yang mempertemukan The Kop dan Rojiblancos juga ada acara Cheltenham yang saat itu dihadiri lebih dari 250 ribu orang.
Laga Liverpool melawan Atletico Madrid sendiri berkesudahan dengan skor 2-3 untuk kemenangan Atletico Madrid sekaligus membuat anak asuhan Diego Simeone lolos ke babak berikutnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white