kumparan
15 Mei 2019 17:03

Kisah Jevon yang Berhasil Kejar Mimpi Jadi Atlet Wushu Internasional

A9CGqpuOKs.jpg
Jevon Lionel Koeswoyo (kiri) bersama peraih perunggu nomor Tombak Ahmad Gifari (Photo Source: Dok Kemenperin)
Jika dibandingkan dengan cabang olahraga lain seperti badminton atau sepak bola, popularitas wushu mungkin memang masih kalah. Namun, bukan berarti cabang olahraga wushu tidak bisa kejar mimpi untuk menorehkan prestasi yang membanggakan. Sebaliknya pada tahun lalu, justru salah satu atlet wushu Indonesia bernama Jevon Lionel Koeswoyo, sukses menjadi juara di salah satu turnamen internasional.
ADVERTISEMENT
Keberhasilan Jevon di turnamen tersebut cukup menarik perhatian karena usianya yang masih cukup muda, yaitu lima belas tahun. Bagaimana kisah Jevon dalam mengejar mimpi untuk meraih kemenangan tersebut? Simak ceritanya berikut ini!
Sukses Kejar Mimpi Raih Medali Emas di Brazil
Pada 2018, Jevon bersama Tim Junior Wushu Indonesia memang berpartisipasi dalam ajang World Junior Wushu Championship. Dalam kompetisi yang digelar tiap dua tahun sekali tersebut, Jevon berhasil meraih dua medali. Medali pertama adalah medali emas untuk nomor Taijijian B dan perak untuk Taijiquan B. Dengan pencapaian ini, kontingen Indonesia total menyabet dua medali emas, sepuluh perak, dan tujuh perunggu.
World Junior Wushu Championship Brazil adalah kesempatan pertama bagi Jevon untuk turun di pertandingan internasional. Meskipun benar-benar buta dengan kekuatan lawan, ia justru tidak merasa minder sama sekali. Jevon justru bisa keluar sebagai pemenang dalam setiap nomor yang ia ikuti. Apa rahasia kesuksesannya dalam kejar mimpi meraih emas?
ADVERTISEMENT
Konsistensi dan Komitmen Tinggi Jadi Kunci Keberhasilan Jevon
Ternyata kemenangan Jevon bukanlah sebuah hasil yang instan. Perjalanannya untuk bisa menjadi juara bahkan dimulai jauh sebelum ia dipilih untuk mewakili Indonesia di World Junior Wushu Championship Brazil. Sebelumnya, Jevon memang mengikuti beberapa kompetisi di tingkat nasional dan daerah, sehingga latihannya pun intensif.
Setelah ditunjuk sebagai atlet yang diterjunkan dalam ajang World Junior Wushu Championship Brazil, porsi latihan Jevon bahkan ditambah. Tiga bulan sebelum berangkat, Jevon rutin berlatih setiap sore. Latihan tersebut tidak main-main, karena harus terus diulang hingga ia benar-benar luwes melakukan taolu (jurus). Hasil dari konsistensi dan komitmennya itu akhirnya melahirkan sebuah prestasi yang sangat membanggakan bangsa Indonesia.
Wushu Jadi Cabang Olahraga yang Diandalkan Indonesia
ADVERTISEMENT
Cabang olahraga wushu mungkin tidak sepopuler badminton atau sepak bola di Indonesia. Walau begitu, bisa dibilang cabor ini merupakan 'kuda hitam'. Diam-diam cabang olahraga yang satu ini selalu memberikan prestasi yang berhasil mengharumkan nama Indonesia. Atlet-atlet wushu Indonesia pun terus menyumbangkan medali yang berharga.
Selain Jevon, untuk level senior ada Lindswell Kwok yang berhasil menjadi juara dunia wushu selama tiga kali berturut-turut. Ada juga Felda Elvira Santoso yang berhasil meraih emas pada kejuaraan dunia wushu di tahun 2017. Di kejuaraan dunia wushu tahun 2015, tim wushu Indonesia berhasil duduk di peringkat kedua. Semoga ke depannya Jevon dan teman-teman dari tim wushu junior Indonesia bisa meneruskan tradisi juara ini, ya!
ADVERTISEMENT
Jevon membuktikan bahwa untuk bisa berhasil mengejar mimpi di bidang yang kamu tekuni, tidak ada cara selain kerja keras dan komitmen dalam melakukannya. Usia jelas bukan jadi alasan, karena di usianya yang masih sangat muda, Jevon justru berhasil meraih kesuksesan tersebut. Jadi, apa pun mimpi kamu, jangan menyerah untuk mewujudkannya, ya. Selain keinginan yang kuat, tentunya kamu harus terus mengasah kemampuan.
Selagi masih muda, yuk sama-sama lampaui batas diri dan berani kejar mimpi! Kamu bisa ikut online course untuk menambah pengetahuan, daftar jadi volunteer untuk menambah teman, atau ikut Leaders Camp yang diadakan Kejar Mimpi, sebuah gerakan sosial dari CIMB Niaga.
Dikemas dalam konsep yang menyenangkan, Leaders Camp hadir di kota-kota Indonesia dengan mendatangkan pembicara-pembicara inspiratif. Kamu jadi bisa dapat banyak materi positif yang tentunya berguna untuk kejar mimpi. Nah, agar tidak ketinggalan jadwal Leaders Camp selanjutnya, segera follow akun @kejarmimpi.id di Instagram!
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan