Sumur Hitam 18

Waras (18)

Penulis fiksi klenikmu yang tersayang. Terima kasih.
18 September 2022 20:40
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tujuh tahun lalu, tiga bulan setelah menghilangnya Mbah Seger, Waras yang saat itu masih berumur tujuh belas mencoba mengemban amanat dari warga yang percaya kalau ia juga punya kemampuan seperti Mbah Seger. Sebetulnya Waras masih berharap Mbah Seger bisa ditemukan. Ia menyesal waktu itu tidak memaksakan diri ikut dengan Mbah Seger menyeberangi Bengawan Solo. Sawan yang menyerangnya dadakan meninggalkan demam tinggi berkepanjangan. Kalau saja ada Mbah Seger, Waras mungkin tidak akan salah dalam menangani korban kesurupan demit jahat.
Mbah Seger dan Waras adalah duo kakek-cucu yang dinilai punya kemampuan paranormal lahiriah. Kemampuan melihat dan keterhubungan mereka dengan alam gaib terjadi secara alamiah, diturunkan tanpa melalui ritual atau bacaan-bacaan tertentu. Anak-anak muda modern menyebut mereka seperti mutan. Yang membuat warga kebanyakan mempercayai mereka adalah kebijaksanaan Mbah Seger yang membarengi kemampuannya tersebut dengan amalan-amalan saleh. Agama yang dianutnya boleh saja berbeda, tapi kebaikan adalah bahasa universal yang dipahami banyak orang. Warga tak mempermasalahkan itu. Kemampuan ini diturunkan melalui darah. Kalau saja ayah Waras masih hidup, kemungkinan besar mereka jadi trio Seger Sugih Waras. Desa Kebonagung bakal aman di tangan mereka.
Pada masa Mbah Seger masih hidup dan berjaya, warga terbagi menjadi dua kubu. Satu yang memihak Mbah Seger, satu lagi yang memilih menyerahkan urusan kepada Sang Kiai, alias Gus Bhakti, alias ayahnya Ki Wulung. Meski warganya terbagi, Mbah Seger dan Gus Bhakti sendiri tidak pernah bersitegang. Mereka membangun toleransi yang besar. Di acara-acara warga, keduanya sering diundang sebagai tamu kehormatan. Keduanya kompak menjaga harmoni.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Konten Premium kumparanPLUS
Darto mendekati lubang itu untuk melihat ada apa di dasarnya. Sesosok perempuan muncul dan mengentaskan diri. Darto tercekat. Baca novel Haditha, terbit setiap Minggu.
23 Konten
KONTEN SELANJUTNYA
Sumur yang Lain (19)
Haditha
SEDANG DIBACA
Waras (18)
Haditha
Lihat Lainnya
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten