News
·
15 Juni 2021 16:50
·
waktu baca 2 menit

Perubahan Skema Pencairan Dana Pensiun: CPNS Wajib Tahu

Konten ini diproduksi oleh Hafizhah Nur Latifah
Perubahan Skema Pencairan Dana Pensiun: CPNS Wajib Tahu (10485)
searchPerbesar
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPANRB) Tjahjo Kumolo. Sumber: https://www.menpan.go.id/site/berita-terkini/penjelasan-terkait-berita-asn-dapat-pensiun-rp1-miliar
Siapa sih orang yang gak kenal dengan profesi PNS? Profesi yang katanya paling stabil dan menjamin hidup sampai akhir hayat itu, loh!
ADVERTISEMENT
Tapinya apa benar begitu?
Menjadi PNS mungkin terdengar menggiurkan bagi sebagian orang. Sebab, pekerjaan ini memiliki banyak sekali manfaat yang dapat dipetik, seperti halnya kemudahan dalam melakukan pinjaman, tunjangan kinerja yang tinggi, juga perlindungan dalam banyak aspek. Namun, hal yang paling menarik atensi orang-orang untuk mendaftar CPNS adalah jaminan hari tuanya. Saat seorang PNS pensiun, maka mereka akan mendapat dana pensiun sebesar 75 persen dari gaji pokok dan dana tersebut dibayarkan setiap bulan, cukup menarik bukan? Setidaknya skema seperti itu lah yang diberlakukan hingga saat ini, pembiayaan tersebut dikenal dengan nama Pay As You Go (PAYGO).
Perubahan skema dana pensiun
Gagasan terkait perubahan skema danpen sebenarnya telah muncul sejak lama, hanya saja pemerintah masih terus berusaha menyesuaikan dan menghitung rencana pembiayaan, agar tidak membebankan pihak manapun. Pemerintah juga berpendapat bahwa skema danpen yang baru atau skema Fully Funded merupakan skema yang tepat untuk diberlakukan di negara ini, mencontoh dari negeri ginseng atau Korea Selatan. Nantinya, apabila skema ini diterapkan, maka komposisi patungan danpen pun akan berubah, mengikutsertakan pemerintah di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Mana yang lebih menguntungkan?
Jika dilihat dari sudut pandang PNS, maka skema Fully Funded menawarkan jumlah danpen yang lebih besar, itu karena iurannya sendiri dipotong bukan berdasar persentase gaji pokok, melainkan take home pay (THP) yang berisikan gaji pokok ditambah dengan tunjangan kinerja. Lebih lagi, pemerintah juga mendapat keuntungan dari perubahan skema ini, karena beban mereka telah ditabung di awal dan tidak perlu lagi menambal kekurangan danpen dari kas negara.
Hambatan dalam Perubahan
Hingga saat artikel ini ditulis, pemerintah masih terus berupaya merumuskan PP mengenai pembaharuan skema danpen. Walaupun telah dijadwalkan untuk dibahas pada Januari 2020, gagasan ini terus tertunda karena pemerintah masih fokus membenahi permasalahan yang timbul akibat pandemi. Adapun kekhawatiran lain yang muncul dari adanya perubahan ini yaitu ketidakpastian anggaran, karena skema ini akan berlaku hanya bagi PNS baru, sedangkan yang lama tetap tinggal menggunakan skema PAYGO.
ADVERTISEMENT
Referensi
Ananda, C. Dana Pensiun: Reformasi Pengelolaan?. feb.ub.ac.id.
CNN Indonesia. (2021, Januari 6). Beda Manfaat Pasti dan Iuran Pasti dalam Skema Pensiunan PNS. cnnindonesia.com.
Idhom, A. (2018, Juni 27). Manfaat Skema Baru Dana Pensiun PNS Menurut Menteri PANRB. tirto.id.
Baca selengkapnya di artikel "Manfaat Skema Baru Dana Pensiun PNS Menurut Menteri PANRB", https://tirto.id/cM3o
Putri, C. (2021, Maret 5). Top! Tjahjo Bongkar Skema Baru Pensiun PNS, Dapat Duit Rp 1 M. cnbcindonesia.com.
Zamzami, F. (2018, September 19). Ini 6 Alasan Orang Ingin Jadi PNS, Mudah Pinjam Duit ke Bank hingga Jaminan Ekonomi. aceh.tribunnews.com.