kumparan
11 Nov 2017 7:28 WIB

Australia Tahan Imbang Honduras Tanpa Gol

Honduras vs Australia (Foto: REUTERS/Jorge Cabrera)
Australia mengantongi modal berharga ketika menjalani leg I play-off Piala Dunia 2018 melawan Honduras. Berlaga di Estadio Olimpico Metropolitano, Sabtu (11/11/2017) pagi, The Socceroos berhasil menahan imbang tuan rumah dengan skor 0-0.
ADVERTISEMENT
Dengan hasil ini, Australia membutuhkan minimal satu gol tanpa balas untuk menyegel tiket menuju Piala Dunia 2018 saat gantian menjamu Honduras pada leg kedua nanti. Hasil serupa juga dibutuhkan Honduras jika ingin melaju ke Rusia.
Di luar dugaan, pada laga ini Australia justru tampil lebih dominan ketimbang sang lawan. Sepanjang 90 menit, wakil Asia itu mampu mencatatkan penguasaan bola 56:44. Tak hanya itu, mereka juga mampu tampil lebih efektif dengan mencatatkan tujuh percobaan dengan empat di antaranya mengarah ke gawang.
Sebaliknya, Honduras yang didukung penuh pendukungnya, justru terlihat tak banyak memberikan ancaman. Mereka hanya mampu melepaskan satu percobaan tepat sasaran dari lima kali usaha.
Australia membuka ancaman ketika laga memasuki menit ke-12. Adalah Massimo Luongo yang mendapat ruang tembak dari luar kotak penalti. Tetapi, usahanya belum membuahkan hasil setelah bola masih bisa diselamatkan kiper lawan.
ADVERTISEMENT
Honduras masih belum bisa keluar dari tekanan. Sementara, Australia terlihat semakin berani menggempur pertahanan wakil CONCACAF ini. Kesempatan kembali hadir melalui Josh Risdon melalui tandukannya menyusul umpan silang Aaron Mooy pada menit ke-23. Akan tetapi, kiper Honduras Donis Escobar masih sigap menghalau bola.
Menit-menit selanjutnya, laga berlangsung datar. Tak ada lagi peluang-peluang berbahaya. Honduras bahkan hanya mampu melepaskan satu pun percobaan melenceng hingga berakhirnya 45 menit pertama.
Memasuki interval kedua, keadaan belum berubah bagi Honduras. Meski tampil di hadapan pendukung sendiri, itu seakan malah menjadi beban tersendiri. Sementara, Australia masih mempertahankan ritme permainan mereka untuk mencari celah di pertahanan lawan.
Dua peluang beruntun diraih Australia. Pertama, pada menit ke-52, tendangan keras kaki kanan Luongo dari luar kotak penalti masih bisa diselamatkan Escobar. Selang dua menit, sang penjaga gawang kembali menunjukkan kualitasnya untuk mementahkan upaya dari Tomi Juric lewat tandukannya.
ADVERTISEMENT
Honduras coba lebih menekan. Pada menit ke-64, tuan rumah punya kesempatan memecahkan kebuntuan. Tetapi, tembakan kaki kiri Michaell Chirinos dari dalam kotak penalti masih melenceng.
Akhirnya, Honduras mendapat percobaan pertamanya yang mengarah ke gawang pada menit ke-82. Kendati demikian, itu juga belum berbuah gol setelah sepakan Carlo Costy masih bisa diselamatkan kiper Australia Matt Ryan.
Hingga akhir laga, tak ada gol yang tercipta bagi kedua kesebelasan. Leg kedua akan digelar di markas tim Kanguru pada 15 November mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan