Pencarian populer

Imbangi Yunani, Kroasia Segel Tiket Piala Dunia 2018

Kroasia merayakan lolos ke Piala Dunia 2018 (Foto: REUTERS/Alkis Konstantinidis)

Satu lagi wakil Eropa memastikan diri meraih tiket Piala Dunia 2018. Adalah Kroasia yang melenggang menuju Rusia usai menahan imbang tuan rumah Yunani dengan skor 0-0 dalam pertandingan leg II play-off di Stadion Georgios Karaiskaki, Senin (13/11/2017) dini hari WIB.

Dengan hasil itu, Kroasia berhak lolos ke turnamen sepak bola terbesar se-jagat raya usai meraih kemenangan 4-1 pada leg pertama lalu. Gol-gol kemenangan Kroasia pada laga leg pertama itu dipersembahkan oleh Modric, Nikola Kalinic, Ivan Perisic, dan Andrej Kramaric. Sedangkan satu-satunya gol hiburan Yunani dicetak Sokratis Papastathopoulos.

Didukung penuh suporter tuan rumah, Yunani dihadapkan kepada tugas berat yakni dengan mencetak tiga gol tanpa balas jika ingin menginjakkan kaki di Rusia. Akan tetapi, Kroasia telah mengantisipasinya.

Perubahan pun dilakukan pelatih Zlatko Dalic dengan hanya menempatkan Nicola Kalinic seorang diri di depan, sementara Mario Mandzukic yang pada leg pertama ditaruh sebagai striker, kini digeser ke posisi sayap kiri. Di tengah, Luka Modric masih menjadi inisiator serangan.

Yunani mencoba mengambil inisiatif serangan sejak menit awal, meski tampak tak terlalu merisaukan pertahanan lawan. Mereka merasa seharusnya mendapatkan penalti pada menit ke-11 ketika Jose Carlos Zeca dijatuhkan di kotak terlarang oleh Ivan Strinic. Akan tetapi, wasit mengindahkannya.

Kroasia coba membangun serangan dan mendapatkan kesempatan lewat Ivan Perisic. Tetapi, sepakan penggawa Inter Milan ini dari jarak 25 meter masih membentur tiang lawan.

Secara umum, Yunani mampu menguasai jalannya pertandingan. Pada akhir laga, mereka mencatatkan penguasaan bola sebesar 64:36. Namun, angka itu seakan tak berarti menyusul lemahnya penyelesaian akhir mereka.

Dari delapan percobaan, Yunani hanya mampu melepaskan satu sepakan ke gawang. Sementara, Kroasia yang lebih berkonsentrasi bertahan, tak mampu melesakkan percobaan ke gawang dari enam kali upayanya.

Memasuki babak kedua, kondisi tak juga berubah. Pertandingan lebih banyak terhenti karena pelanggaran yang dilakukan kedua tim. Sementara, kesempatan emas jarang muncul.

Yunani baru mendapatkan peluang pada menit ke-52. Tetapi, tendangan Panagiotis Tachtsidis masih mampu diblok barisan pertahanan Kroasia.

Berselang enam menit kemudian, Yunani kembali mendapatkan kans mencetak gol. Lagi, masih belum menemui target setelah sepakan Kostas Mitroglou dari luar kotak penalti melenceng ke sisi kiri gawang Kroasia yang dijaga Danijel Subasic.

Hingga akhir laga, tak ada gol yang tercipta dari kedua tim. Kroasia pun memastikan satu slot di Piala Dunia 2018.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32