• 0

Indra Sjafri Latih Timnas Lagi, Siapa Setuju?

Indra Sjafri Latih Timnas Lagi, Siapa Setuju?



Indra Sjafri

Pelatih Bali United Indra Sjafri tengah melakukan pemanasan jelang latihan bersama klub. (Foto: Twitter @indra_sjafri)
Bursa pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia masih terbuka lebar seusai perhelatan Piala AFF 2016. Meski "sukses" membawa Indonesia finis sebagai runner-up Piala AFF 2016, masa depan Alfred Riedl sebagai pelatih masih mengambang. Saat ini, spekulasi mengenai nama pelatih yang akan membesut skuat "Garuda" terus bermunculan, mulai dari pelatih lokal sampai asing. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sendiri baru akan menggelar rapat terkait pos pelatih timnas pada pekan-pekan depan.
Di antara deretan pelatih lokal, salah satu nama yang kembali mencuat adalah Indra Sjafri. Pelatih Bali United ini digadang-gadang akan kembali menangani Timnas Indonesia.
Nama Indra Sjafri pernah sangat lekat dengan Timnas U-19 setelah sukses menjuarai Piala AFF 2013. Akan tetapi, perjalanan kariernya berakhir menyusul kegagalan "Garuda Jaya", sebutan Timnas U-19 ketika itu, di Piala Asia 2014. Indonesia menjadi juru kunci setelah menelan kekalahan dari Uni Emirat Arab, Uzbekistan, dan Australia.
Saat ini, Indra masih terikat kontrak selama 5 tahun dengan Bali United yang baru saja selesai mengarungi Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016. Arsitek kelahiran Batang Kapas, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, ini masih menyisakan kontrak 3 tahun ke depan. Meski demikian, dia mengaku siap jika kembali diminta melatih tim "Merah Putih".
"Secara pribadi, saya tentu siap jika diminta kembali melatih timnas. Meskipun masih menyisakan kontrak dengan Bali United, tapi saya pikir Pak Yabes Tanuri (CEO Bali United) tidak akan keberatan karena ini untuk kepentingan negara," ujar Indra ketika dihubungi kumparan, Kamis (22/12).

Indra Sjafri

Pelatih Bali United Indra Sjafri memberikan keterangan pers. (Foto: Twitter @coach_indra)
Untuk diketahui, event terdekat Timnas Indonesia adalah SEA Games 2017 di Malaysia pada 19-31 Agustus. Seluruh tim akan turun dengan skuat U-23 pada turnamen olahraga terakbar se-ASEAN itu. Kemudian, menyusul pula kualifikasi Piala Asia U-16 2018 (16-24 September 2017) dan kualifikasi Piala Asia U-19 2018 (21-29 Oktober 2017).
Indra mengaku optimistis bisa berbuat banyak jika diberikan mandat membesut Timnas U-23 oleh PSSI. Pasalnya, dia akan kembali melatih Evan Dimas dan kawan-kawan karena masih memenuhi batas maksimal usia pada Agustus mendatang.
"Sesuai regulasi, saya bisa menangani lagi Evan DImas cs lagi karena umur mereka (saat SEA Games 2017) masih memenuhi syarat. Saya optimistis bisa mengulang prestasi karena sudah lama menangani mereka sehingga proses adaptasi akan lebih mudah. Apalagi, lawan yang akan kita hadapi tidak akan jauh dari mereka yang pernah bermain di Piala AFF U-19 2013," ucapnya.
Terkait dengan hal itu, Indra menyatakan pihaknya telah bertemu dengan Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi di Jakarta pada 7 Desember lalu. Didampingi CEO Bali United Yabes Tanuri, Edy mengatakan tengah mencari posisi pelatih timnas untuk terjun di berbagai event tahun depan.
"Saya dipanggil mendadak oleh Pak Edy waktu itu. Kami ngobrol santai saja, masalah sepak bola Indonesia secara umum. Tapi, memang dia (Edy Rahmayadi) bilang lagi cari pelatih timnas. Dia tanya saya siap nggak latih timnas lagi? Saya jawab siap. Dia bilang akan mengabari saya lagi setelah pertemuan itu. Sampai sekarang saya masih menunggu kabar dari mereka," pungkasnya.

SportsSepak BolaTimnas Indonesia

500

Baca Lainnya