Pencarian populer

Italia Bawa Pulang Kekalahan dari Swedia 0-1

Pemain Italia tertunduk lesu (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Tim Nasional (Timnas) Italia gagal menunjukkan performa terbaiknya ketika dikandaskan tuan rumah Swedia. Berlaga di Frens Arena dalam pertandingan leg I play-off Piala Dunia 2018, Sabtu (11/11/2017) dini hari WIB, Italia bertekuk lutut dengan skor tipis 0-1.

Satu-satunya gol bagi Swedia dilesakkan oleh Jakob Johansson pada menit ke-61.

Kendati demikian, peluang Italia untuk melenggang menuju Rusia belum tertutup. Mereka membutuhkan kemenangan 2-0 dalam leg II nanti untuk menyegel satu tempat di putaran final Piala Dunia 2018. Sementara, Swedia cukup bermain imbang tanpa gol untuk melangkah menuju Piala Dunia 2018.

Pada laga kali ini, Italia mengusung pola 3-5-2 dengan menempatkan dua striker yang tengah naik daun Ciro Immobile dan Andrea Belotti. Sementara, Daniele De Rossi bertugas menjaga kedalaman didampingi Marco Parolo dan Marco Veratti. Di sisi sayap, Antonio Candreva dan Matteo Darmian.

Di kubu lawan, Swedia menerapkan pola klasik 4-4-2 dengan duet Marcus Berg dan Ola Toivonen di lini depan. Sedangkan, empat gelandang diisi oleh Albin Ekdal dan Sebastian Larsson serta Viktor Claesson dan Emil Forsberg.

Tempo langsung meninggi sejak menit awal. Baru enam menit, dua peluang didapat kedua tim. Forsberg sempat mengancam pada menit keempat tetapi eksekusi bola matinya masih meninggi.

Selang dua menit, Italia nyaris saja unggul. Serangan dari sisi kiri pertahanan lawan diakhiri Darmian dengan kiriman umpan silang menuju tiang jauh. Di sana sudah menunggu Belotti yang menyambutnya dengan sundulan. Sayang, bola menyampir tipis dari gawang lawan.

Swedia enggan menyia-nyiakan kesempatan tampil di hadapan pendukung sendiri dengan terus melancarkan serangan demi serangan. Pada menit ke-23, Forsberg kembali mengancam. Kali ini lewat sepakan jarak jauh, tetapi bola masih melenceng dari sisi kanan gawang kawalan Gianluigi Buffon.

Kedua tim terlihat berimbang dalam penguasaan bola. Silih berganti serangan dibangun, tetapi Swedia terlihat lebih mengigit. Sementara, bangunan serangan Italia banyak menemui kegagalan ketika memasuki sepertiga pertahanan lawan.

Tak banyak peluang bersih diraih kedua tim. Sepanjang 45 menit pertama, Swedia tercatat melepaskan enam kali percobaan tetapi tak ada satu pun yang tepat sasaran. Sedangkan, Italia hanya mampu mengancam lewat sundulan melenceng Belotti.

Pemain Swedia merayakan gol ke gawang Italia (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)

Memasuki interval kedua, kondisi tak berubah. Kendali serangan masih dipegang tuan rumah. Kali ini bahkan lebih berbahaya ketimbang babak pertama.

Benar saja, dukungan publik sendiri membuat semangat mereka berlipat. Hingga akhirnya, Swedia mampu meraih gol pembuka tepat pada satu jam laga berjalan.

Berawal dari lemparan ke dalam, bola berbelok ke luar kotak penalti. Di sana sudah menunggu pemain yang baru masuk, Jakob Johansson, yang langsung menyambutnya dengan tembakan voli kaki kanan. Bola sempat mengenai kaki pemain Italia sebelum merobek gawang Buffon yang terkecoh.

Kecolongan satu gol, Italia coba meningkatkan daya gedornya. Darmian sempat mendapatkan kans lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. Sayang, bola hanya membentur tiang sebelah kanan dari gawang Swedia.

Semenit berselang, Swedia yang mengincar gol tambahan, kembali meraih kesempatan. Berawal dari serangan balik cepat, Viktor Claesson mendapatkan ruang tembak ketika merangsek ke kotak penalti. Tetapi, sepakan mendatarnya masih tepat berada di pelukan Buffon.

Hingga akhir laga, Italia yang semakin ngotot menyerang, gagal membalas gol tersebut. Leg kedua akan gantian digelar di kandang Italia pada 14 November mendatang.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23