kumparan
3 Juli 2017 13:28

Ketika Persib Dinobatkan Jadi Klub Terpopuler di Asia

Persib di ajang ISC A 2016 lalu. (Foto: PT GTS/ISC A)
Jika ada pertanyaan, klub apa yang paling makmur di Indonesia? Sebagian besar pecinta si kulit bulat Tanah Air tentu sepakat menjawab: Persib Bandung.
ADVERTISEMENT
Tak heran, karena tim berjuluk “Pangeran Biru” ini begitu royal menggelontorkan dana untuk mendatangkan pemain-pemain mahal. Michael Essien dan Carlton Cole menjadi dua nama yang bisa dijadikan acuan sedalam apa kocek jawara Indonesia Super League 2014 ini.
Kekuatan finansial Persib semakin lengkap seiring dengan militansi dari para suporternya. Bobotoh semenjak dahulu telah menjelma menjadi nyawa kedua Persib. Dukungan penuh nan maksimal di setiap laga menjadi bukti kecintaan mereka terhadap Persib.
Tak salah kiranya menyematkan Bobotoh sebagai suporter loyal. Karena tak hanya ketika berlaga di kandang, mereka juga selalu hadir manakala “Maung Bandung” melakoni partai tandang. Singkatnya, Bobotoh ada di mana-mana.
Tak sampai di situ, militansi Bobotoh pun menjalar hingga dunia maya. Seakan tak puas hanya bernyanyi di dalam stadion, mereka juga ikut membuat gaduh media sosial (medsos) layaknya Instagram, Twitter, dan Facebook. Apapun yang berbau Persib pasti akan ramai.
ADVERTISEMENT
Contoh teranyar adalah bagaimana Bobotoh hampir menjatuhkan Djadjang Nurdjaman dari kursi kepelatihan. Dalam kasus ini, kekuatan Bobotoh sangat kentara dalam menggunakan medsos sebagai alat perlawanan. Beruntung, suasana kembali aman terkendali.
Melalui medsos pula nama Persib semakin berkibar, bahkan hingga mendunia. Tak percaya?
Dalam situs resminya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) berani menyebut bahwa Persib merupakan klub terpopuler di Asia. Cukup "wow", bukan? Apalagi, jika melihat nama-nama klub yang dikangkanginya semacam Guangzou Evergrande dari China dan Al Hilal asal Arab Saudi.
Bagi Anda yang bertanya-tanya dari mana indikator kepopuleran Persib? Jawabannya kembali kepada: medsos.
Ya, AFC menggunakan medsos sebagai tolak ukur sejauh mana klub itu dikenal. Dan, Persib merupakan klub dengan pengikut paling banyak di Facebook. Jumlahnya tak tanggung-tanggung yakni mencapai 9,5 juta followers.
ADVERTISEMENT
“Klub raksasa Indonesia Persib Bandung--yang menjadi klub dari mantan bintang Chelsea dan Real Madrid Michael Essien--bisa dinyatakan sebagai klub terpopuler di Asia,” tulis AFC.
Sebelumnya, sebuah situs thetoptens.com juga merilis daftar sepuluh klub paling terkenal di dunia. Ada di urutan berapa Persib? Jawabannya: keenam.
Kali ini, Atep dan kawan-kawan bahkan mampu mengalahkan klub besar Eropa layaknya Arsenal, Juventus, Liverpool, dan AC Milan. Sementara, peringkat teratas ditempati oleh Barcelona.
Peringkat itu didapat melalui voting yang dibuka oleh situs tersebut. Mereka memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk memilih klub mana yang paling disukai atau dikenal.
Oke, Bobotoh pasti bangga, tetapi bagaimana dengan urusan prestasi? Ada di peringkat berapa Persib sekarang?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan