• 3

Marquez Terjatuh, Vinales Raih Pole

Marquez Terjatuh, Vinales Raih Pole


Maverick Vinales

Vinales juara MotoGP Prancis. (Foto: AP Photo/David Vincent)
Mavercik Vinales berhak atas posisi start terdepan pada MotoGP San Marino setelah menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi di Sirkuit Misano pada Sabtu (9/9/2017) malam.
Dengan tunggangannya, YZR M1, pebalap Movistar Yamaha ini mencatatkan waktu terbaik 1 menit 32,439 detik.
Bagi Vinales, itu merupakan ketiga kalinya meraih pole position sepanjang kariernya atau yang pertama semenjak GP Mugello. Pada balapan nanti, Vinales juga menjadi wakil Yamaha satu-satunya menyusul absennya Valentino Rossi karena cedera.


Vinales berhasil mengungguli pebalap Ducati sekaligus pimpinan klasemen, Andrea Dovizioso, yang hanya terpaut 0,162 detik. Sementara, posisi ketiga ditempati Marc Marquez asal Repsol Honda dengan selisih hanya 0,197 detik dari Vinales.
Keberhasilan Vinales meraih pole terjadi pada detik-detik akhir menjelang lap terakhir. Hasil itu tak lepas dari terjatuhnya Marquez pada Tikungan 13 menjelang finis sehingga mempengaruhi catatan waktu terbaik yang diraihnya. Beruntung, Marquez tak mengalami cedera.
Pada baris kedua, Cal Crutchlow tampil sebagai pimpinan dengan finis keempat setelah terpaut 0,329 detik. Di belakangnya, secara berturut-turut menyusul Jorge Lorenzo asal Ducati dengan gap 0,353 dan pebalap Monster Yamaha Johann Zarco dengan selisih 0,466 detik.


Juara Misano tahun lalu, Dani Pedrosa, tak mampu merangsek ke dua baris terdepan setelah hanya tampil sebagai pebalap tercepat ketujuh.
Catatan waktu pebalap Repsol Honda itu hanya lebih baik 0,005 detik dari Danilo Petrucci yang berada di belakangnya untuk menempati posisi kedelapan, disusul Aleix Espargaro pada tempat kesembilan.



SportsMoto GPSan MarinoMaverick VinalesAndrea Dovizioso

500

Baca Lainnya