Entertainment
·
22 Juli 2021 14:38

Galeri Seni Ramah Difabel

Konten ini diproduksi oleh Heri Abi Burachman Hakim
Galeri RJ Katamsi merupakan salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Unit pelaksana teknis ini bertugas sebagai penyelenggara dan penyedia tempat untuk penyelenggaraan pemeran bagi sivitas akademika ISI Yogyakarta atau rekanan yang telah berikat kerjasama dengan ISI Yogyakarta. Dosen, mahasiswa, seniman atau pihak lain yang memiliki kerjasama dengan ISI Yogyakarta dapat menyelenggarakan kegiatan pemeran di galeri seni ini.
ADVERTISEMENT
Galeri RJ Katamsi terus berusaha untuk meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap karya-karya yang dipemerkan dalam berbagai pemeran seni rupa. Pimpinan Galeri RJ Katamsi terus berusaha agar semakin banyak masyarakat yang datang untuk menikmati karya seni yang dipemernkan. Karya-karya seni rupa yang dipamerkan diharapkan tidak hanya dinikmati oleh sivitas akademika ISI Yogyakarta dan seniman, tapi juga masyarakat umum tidak terkecuali kaum disabilitas. Geleri RJ Katamsi berusaha menghapus image bahwa geleri seni ekslusif bagi bagi seniman, tetapi terbuka bagi masyarakat umum termasuk kaum difabel.
Galeri Seni Ramah Difabel (481162)
searchPerbesar
Foto dokumentasi: Warsono MA
Menyaksikan berbagai karya seni yang dipamerkan di galeri seni dapat menjadi relaksasi bagi kaum difabel. Karya-karya seni yang dipamerkan juga dapat menjadi inspirasi untuk menciptakan karya seni bagi kaum disabilitas. Di Yogyakarta banyak seniman difabel yang memiliki reputasi internasional, salah satunya Butong Idar (Ketua Jogja Disability Arts). Buton Idar berkolaborasi dengan Warsono, MA (Ketua Galeri R.J. Katamsi ISI Yoogyakarta), Lisa Tan (Inggris) dan Andrew Bolton (Inggirs) memperoleh Culture Grandi 2020/21 dari British Council untuk mengadakan projek mural kolaborasi dua Negara. Prestasi ini dan akses terhadap galeri seni diharapkan dapat memotivasi kaum difabel untuk menciptakan karya-karya seni lainnya. Melalui seni diharapkan dapat meningkan kesejahteraan kaum difabel.
Galeri Seni Ramah Difabel (481163)
searchPerbesar
Foto Dokumentasi: Warsono, MA
Redesain Galeri
ADVERTISEMENT
Untuk memberikan aksibilitas kepada kaum disabilitas Galeri RJ Katamsi melakukan beberapa penyesuaian terkait desain ruang galeri dan penambahan fasilitas. Untuk masuk ke dalam ruang galeri saat ini disediakan ramp (jalan miring) sehingga memungkinkan difable pengguna kursi roda dengan mudah dan aman masuk ke dalam galeri seni.
Galeri seni ini, saat ini dilengkapi dengan lift. Dengan ketersediaan lift, memungkinkan perpindahan karya dan lantai satu sampai dengan lantai 4. Fasilitas baru ini akan memudahkan display lukisan, patung, karya grafis dan karya seni lainnya. Lift juga memberikan peluang kamu difabel untuk mengakses karya seni yang dipamerkan di lantai dua dan lantai selanjutnya. Desain toilet juga diubah agar memudahkan kaum difabel mengakses toilet. Dalam setiap pameran juga diletakkan beberapa kursi yang memungkinkan kaum difabel duduk dikursi ketika mereka merasa lelah.
ADVERTISEMENT
Redasain geleri yang dilakukan berdasarkan masukan komunitas difabel yang sering mengakses Galeri RJ Katamsi, yaitu Jogja Disability Arts. Dengan masukan dari komunitas difabel ini diharapkan desain geleri sesuai dengan perspektif kaum difabel. Redesain yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan kaum difabel.
Galeri Seni Ramah Difabel (481164)
searchPerbesar
Foto Dokumentasi: Warsono, MA.
Dukung Komunitas Difabel
Geleri RJ Katamsi, ISI Yogyakarta terus memberikan dukungan kepada komunitas difabel. Saat ini geleri seni ini telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan Jogja Disability Arts. Dengan penandatangan dokumen kerjasama ini, akan semakin meningkatkan kerjasama yang selama ini telah dilakukan. Galeri RJ Katamsi telah memberikan ruang kepada komunitas difabel untuk menyelenggarakan pameran dan workshop di gelari seni.
Dengan desain geleri yang memperhatikan keterbatasan fisik kaum difabel maka akan memudahkan kaum difabel dalam melaksanakan kegiatan di galeri seni. Kaum difadel dengan mudah dapat mengakses geleri seni sehingga dapat menyaksikan pameran dan mengikuti workshop yang dilaksanakan. Geleri RJ Katamsi menjelma sebagai fasilitas pendidikan tinggi seni yang ramah terhadap kaum difabel.
ADVERTISEMENT
Upaya yang dilakukan oleh Geleri RJ Katamsi merupakan rintisan usaha ISI Yogyakarta untuk menjadi perguruan tinggi tinggi seni inklusif. Perguruan tinggi seni yang tidak hanya menerima mahasiswa difabel, tetapi juga perguruan tinggi seni yang menyediakan berbagai fasilitas pendidikan untuk kaum difabel.