News
·
17 Juni 2021 14:03
·
waktu baca 2 menit

ASEAN Creative Economy Business Forum, Peluang Emas Indonesia di Ekonomi Digital

Konten ini diproduksi oleh Hanny Nadhirah
ASEAN Creative Economy Business Forum, Peluang Emas Indonesia di Ekonomi Digital (447304)
searchPerbesar
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate dan jajarannya. Foto: Sekretariat Nasional ASEAN - Indonesia.
Pada pertemuan virtual 15th ASEAN Ministers Responsible for Information (AMRI), Indonesia menyampaikan rencana untuk menginisiasi penyelenggaraan ASEAN Creative Economy Business Forum. Pertemuan yang dijadwalkan pada November 2021 ini akan mengusung tema "Enhancing Digital Creative Economy: A Step Towards Regional Economic Recovery.” Forum tersebut merupakan peluang emas untuk mengembangkan potensi ekonomi digital di negara-negara anggota ASEAN, terutama Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dalam hal ini, inisiatif Indonesia untuk melaksanakan forum tersebut bukan tanpa alasan. Pemerintah sadar akan besarnya potensi Indonesia dalam sektor ekonomi digital. Pada 2025, Bank Indonesia juga memprediksi bahwa nilai ekonomi digital Indonesia akan mencapai lebih dari Rp 2.040 T. Estimasi tersebut juga berkontribusi pada kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) negara sebesar 10%.
Potensi ekonomi digital Indonesia akan terus berkembang seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang beralih ke ranah digital. Terlebih lagi di masa pandemi saat ini, digitalisasi dalam berbagai aktivitas semakin marak akibat kebijakan pembatasan sosial yang terpaksa diterapkan. Pada 2023, pemerintah pun menargetkan sebanyak 30 juta UMKM akan memanfaatkan ekosistem digital untuk menjalankan bisnis mereka. Maka dari itu, berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk mencapai target ini, seperti dengan menginisiasi ASEAN Creative Economy Business Forum.
ASEAN Creative Economy Business Forum, Peluang Emas Indonesia di Ekonomi Digital (447305)
searchPerbesar
Bendera-bendera negara anggota ASEAN. Foto: Freepik.
Seperti forum internasional lainnya, ASEAN Creative Economy Business Forum merupakan wadah bagi perwakilan antarnegara untuk berdiskusi dan berkolaborasi. Forum ini akan menjadi kesempatan besar bagi pemerintah dan pelaku bisnis Indonesia untuk mengembangkan pasar ke negara-negara ASEAN lain. Terlebih lagi, saat ini Indonesia telah memiliki 5 startup raksasa yang akan menjadi pemain penting di sektor ekonomi digital Asia Tenggara. Tidak hanya itu, forum ini juga akan menjadi batu pijakan untuk menghasilkan raksasa-raksasa digital lain di negara ini.
ADVERTISEMENT
Namun demikian, Indonesia tidak boleh lengah terhadap berbagai keuntungan dari kerja sama ekonomi digital yang akan dijalin ke depannya. Kesiapan masyarakat dan kompetensi pelaku bisnis harus dipastikan dengan baik, agar inisiatif ini tidak akan menjadi bumerang bagi Indonesia.
Pertama-tama, pemerintah harus berfokus pada kualitas sumber daya manusia. Hal tersebut dikarenakan digitalisasi yang semakin meluas akan mengurangi kesempatan kerja bagi masyarakat yang kurang terampil.
Selain itu, pemerintah juga harus terus berupaya untuk memenuhi infrastruktur ekosistem digital Indonesia. Aspek ini sangat penting untuk mendukung segala aktivitas ekonomi digital. Sistem komunikasi dan internet yang menyebar secara merata juga akan meningkatkan nilai pasar digital Indonesia ke depannya. Maka dari itu, infrastruktur yang memadai merupakan faktor penting dalam sektor ini.
ADVERTISEMENT
Aspek yang juga tidak kalah pentingnya adalah penegakan hukum mengenai sektor digital Indonesia. Hal tersebut harus diperhatikan untuk menjunjung sistem yang adil dan sesuai dengan cita-cita negara ini. Dengan demikian, apabila aspek-aspek tersebut telah disiapkan dengan baik, ASEAN Creative Economy Business Forum akan menjadi sebuah game changer bagi perkembangan ekonomi digital Indonesia.