kumparan
search-gray
Tekno & Sains13 Maret 2020 6:50

Perbandingan HP Android Murah Rp 1 Jutaan di Indonesia

Konten kiriman user
Oppo A5s
Smartphone Oppo A5s. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Smartphone Android murah dengan harga Rp 1 jutaan menjadi banyak incaran masyarakat Indonesia. Para produsen ponsel berlomba-lomba merilis produk mereka di segmen dengan rentang harga ini.
ADVERTISEMENT
Murah bukan berarti murahan. Smartphone Android Rp 1 jutaan yang terangkum di bawah ini terbilang sudah mencukupi kebutuhan sehari-hari. Perangkat bisa digunakan untuk buka media sosial, potret foto, atau sekadar main game ringan sudah pasti bisa dilibas.
Dalam daftar ini, lima besar vendor smartphone Android yang beroperasi di Indonesia punya jagoannya masing-masing. Semuanya memiliki keunggulan dan ciri khas yang berbeda. Jadi, daftar ini bisa menjadi referensi dan panduan sebelum membeli ponsel pintar baru.

Samsung Galaxy A01

Smartphone ini masih terbilang fresh, karena baru saja rilis di Indonesia pada 11 Maret lalu. Samsung Galaxy A01 memiliki layar LCD berukuran 5,7 inci dan performanya ditopang prosesor Qualcomm Snapdragon 439 dan didukung RAM 2 GB serta memori internal 16 GB.
Samsung Galaxy A01
Smartphone Samsung Galaxy A01. Foto: Aulia Rahman/kumparan
Spesifikasi kamera belakang Galaxy A01 terdiri dari kamera utama 13 MP (f/2.2) dan 2 MP (f/2.4) depth sensor. Bagian kamera depan, Samsung menyematkan lensa beresolusi 5 MP (f/2.2).
ADVERTISEMENT
Menariknya, meski hanya smartphone entry level, Galaxy A01 sudah berjalan di sistem operasi Android 10 dengan antarmuka OneUI 2.0. Smartphine ini memiliki baterai berkapasitas 3.000 mAh. Fitur lainnya ada face unlock, FM radio, microUSB 2.0, jack audio 3,5 mm. Di Indonesia, smartphone ini tersedia dalam tiga varian warna, yakni Hitam, Biru, dan Merah.
Harga: Rp 1,5 juta
Kelebihan:
  • Sudah Android 10 dan One UI 2.0
Kekurangan:
  • RAM dan memori internal kecil
  • Kapasitas baterai kecil

Realme C3

Smartphone ini resmi hadir di Indonesia pada awal Februari lalu. Saat peluncurannya, Realme C3 mengusung tagline 'Triple Camera, Game Monster' yang artinya perangkat mengandalkan kamera dan performa gaming sebagai fitur utamanya.
Realme C3
Smartphone Realme C3. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Realme C3 memiliki layar LCD 6,5 inci HD Plus. Di sektor dapur pacu, ia didukung chipset Mediatek Helio G70 (12nm) Octa-core, RAM 3 GB, dan ruang penyimpanan internal 32 GB. Untuk kapasitas baterainya, smartphone ini ditopang daya sebesar 5.000 mAh.
ADVERTISEMENT
Kamera belakang Realme C3 memiliki konfigurasi 12 MP wide-angle, 2 MP potrait, dan 2 MP macro. Sementara kamera selfie-nya 5 MP. Smartphone ini memiliki antarmuka Realme UI dengan dasar sistem operasi Android 10. Realme C3 tersedia dalam dua warna, yaitu Frozen Blue dan Blazing Red.
Harga: Rp 1,7 juta
Kelebihan:
  • Tiga kamera belakang
  • Android 10
  • Kapasitas baterai besar
Kekurangan:
  • Kapasitas RAM masih tergolong kecil untuk klaim "Game Monster"

Xiaomi Redmi 8A

Redmi 8A merupakan smartphone termurah dari Xiaomi untuk saat ini. Smartphone ini dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 439 dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB. Ukuran layar 6,22 inci beresolusi 720 x 1520 pixel dengan teknologi IPS LCD.
Xiaomi Redmi 8A
Smartphone Xiaomi Redmi 8A. Foto: Xiaomi
Xiaomi Redmi 8A hanya dibekali dengan satu kamera belakang beresolusi 12 MP. Ada kamera selfie 8 MP yang diletakkan di notch bagian atas layar.
ADVERTISEMENT
Smartphone ini berjalan dengan antarmuka MIUI 11 yang berbasis Android 9 (Pie). Kemudian, ia punya kapasitas baterai 5.000 mAh dengan dukungan fitur fast charging 18 W, dan sudah port USB Type-C.
Harga: Rp 1,4 juta
Kelebihan:
  • Baterai 5.000 mAh
  • Port charger sudah USB Type-C dan fast charging 18 W
Kekurangan:
  • Masih Android Pie
  • Kapasitas RAM kecil

Oppo A5s

Oppo A5s juga menjadi salah satu smartphone Rp 1 jutaan yang terbaik. Smartphone ini memiliki layar IPS LCD 6,2 inci dengan mengusung desain notch atau poni berbentuk waterdrop.
Oppo A5s
Smartphone Oppo A5s. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Soal dapur pacu, Oppo A5s mengandalkan prosesor MediaTek Helio P35 Octa-core yang berbasis teknologi 12nm, dipadu dengan RAM 2 GB dan memori internal 32 GB.
ADVERTISEMENT
Oppo A5s memiliki konfigurasi kamera belakang ganda yang masing-masing berukuran 13 MP dan 2 MP depth sensor. Sementara kamera selfie-nya beresolusi 8 MP dengan fitur HDR. Kapasitas baterainya besar, yakni 4.230 mAh. Oppo A5s telah memakai antarmuka ColorOS 5.2 yang berjalan di sistem Android Oreo 8.1.
Harga: Rp 1,4 juta
Kelebihan:
  • Kamera depan sudah memiliki fitur HDR
Kekurangan:
  • Kapasitas RAM kecil
  • Masih Android Oreo

Vivo Y12

Vivo Y12 memiliki ukuran layar IPS LCD yang cukup besar 6,35 inci dengan desain berponi atau memiliki notch di atas layarnya. Performa didukung Mediatek MT6762 Helio P22 dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB.
Vivo Y12
Vivo Y12. Foto: Vivo
Kemudian, smartphone ini punya tiga kamera belakang, masing-masing 13 MP wide, 8 MP ultrawide, dan 2 MP depth sensor. Untuk kamera depannya 8 MP. Y12 punya kapasitas baterai 5.000 mAh.
ADVERTISEMENT
Vivo Y12 berjalan di sistem Android 9.0 (Pie) dengan antarmuka Funtouch 9. Selain itu ada fitur lainnya, seperti sensor sidik jari di belakang, microUSB 2.0, FM Radio, dan jack audio 3,5 mm.
Harga: Rp 1,8 juta
Kelebihan:
  • Tiga kamera belakang
Kekurangan:
  • Masih Android Pie
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white