kumparan
KONTEN PENGGUNA
24 Januari 2019 7:30

Moms Mingle Ngobrolin Kulit Sensitif Bayi

Hai Moms, kumpul bareng teman-teman biasanya ngobrolin apa sih? Kalau saya, nih, namanya ibu-ibu, yang diobrolin enggak jauh-jauh dari tantangan mengurus anak. Kali ini kami membahas cara merawat kulit sensitif pada bayi.
Moms Mingle with Cussons Baby SensiCare (captured by @jemarimungil)
19 Januari 2019 lalu di Harlequin Bistro, Jakarta, saya bersama puluhan mom hadir di event Moms Mingle by Cussons Baby SensiCare. Acara bernuansa putih-ungu ini mengajak moms untuk mengetahui cara tepat merawat kulit sensitif pada bayi.
ADVERTISEMENT
Saat itu, saya datang berdua saja dengan SID. Ada pula mom yang datang lengkap dengan suami dan anak. Ah, jadi iri deh karena di Moms Mingle bisa berfoto di photo booth @jemarimungil. Asyik, kan, bisa mengabadikan momen spesial sekeluarga.
Selain itu, kami skin check di booth Cussons Baby SensiCare. Awalnya SID ragu, dikira mau disuntik kali, ya. Tapi, setelah saya mencoba skin check terlebih dahulu akhirnya ia mau juga dites tipe kulitnya.
SID melakukan skin check, sebelum dan sesudah menggunakan Cusssons Baby SensiCare moisturizing lotion (dok. pri)
Di sini, kami juga mencoba Cussons Baby SensiCare moisturizing lotion. Kelihatan jelas perbedaan kulit sebelum dan sesudah menggunakan losion ini. Kelembaban kulit naik dua kali lipat!

Kulit Sensitif pada Bayi

Mengapa kulit bayi rentan kering, iritasi, dan alergi?
ADVERTISEMENT
“Kulit bayi 40 – 60% lebih tipis dibandingkan kulit dewasa,” jelas dr. Srie Prihianti, Sp.KK, PHD, FINSDV, FAADV. Kulit bayi masih bertumbuh sehingga ikatan antar sel longgar. Begitu pula masih rendahnya fungsi sawar/proteksi, produksi melanin terbatas, dan juga belum sempurnanya fungsi kelenjar minyak dan keringat.
Tahu enggak, moms, penguapan melalu kulit bayi itu tinggi. Pantas saja ya kulit bayi mudah kering dan rentan akan iritasi, infeksi, maupun alergi. Contohnya, dermatitis atopik yang ditandai dengan kemerahan, peradangan, kulit kering dan gatal. Biasanya bintik merah pada pipi bayi. Duh, kasihan, ya, khawatir digaruk karena gatal.
Moms Mingle ngobroling kulit sensitif pada bayi (dok. pri)
“Kulit itu seperti dinding batu bata,” tutur dr. Srie Prihianti, Sp.KK. “Kalau kulitnya rusak, seperti dinding yang bolong-bolong.”
ADVERTISEMENT
Pada kulit terdapat fungsi sawar/pelindung. Kalau dinding batu bata perlu semen untuk merekatkan dan menutupi lubang, pada kulit perlu ceramide. Pada kondisi normal, ceramide otomatis terbentuk. Namun, karena alergi atau hal lain, tubuh kurang memproduksi ceramide sehingga kulit menjadi sensitif.

Tips Merawat Kulit Bayi

Kulit bayi yang unik butuh perawatan istimewa. Berikut tips merawat kulit bayi:
  1. Saat memandikan bayi dengan cara mandi rendam, usahakan seluruh tubuh bayi terendam air sehingga membantu pengaturan suhu dan mengurangi evaporasi. Jaga suhu air sesuai suhu tubuh (sekitar 36 – 37 °C dan cukup mandi selama 10-15 menit saja.
  2. Gunakan sabun dan sampo yang terbuat dari bahan organik dan hypoallergenic. Untuk sampo, pilih pH mendekati pH air mata supaya mengurangi risiko pedih di mata. FYI, busa sabun yang banyak bukan berarti membersihkan lebih optimal, lho. Malahan semakin banyak busa terbentuk, semakin tinggi risiko menimbulkan kerusakan kulit.
  3. Gunakan pelembab dengan ceramide based untuk memperbaiki fungsi barrier kulit. Pelembab digunakan 3 – 5 menit setelah selesai mandi.
ADVERTISEMENT
Tak hanya penjelasan dokter di atas, Moms Mingle kali ini ngobrolin tips merawat kulit sensitif dengan Rahma Anna Setyani (Head of Brand Activation PZ Cussons Indonesia), Parwathy Debby Shinta (Senior Group Brand Manager PZ Cussons Indonesia), juga artis Carissa Puteri.
Rangkaian produk Cussons Baby SensiCare untuk merawat kulit sensitif bayi (dok. pri)
Carissa Puteri cantik banget …. Anak keduanya baru berusia 3 bulan, lho. Di bulan-bulan awal merawat bayi memang tenaga terkuras. Rasanya seperti kaki di kepala, kepala di kaki. Namun, sekarang ini jadwalnya lebih teratur dan Carrisa menyempatkan diri untuk me-time. Tentunya tetap menyiapkan ASI perah bagi sang buah hati.
Senangnya dapat hadir di Moms Mingle. Saya dapat ilmu merawat kulit sensitif anak, ngobrol dengan KumparanMOM, dan SID bebas bermain di playground Harlequin Bistro. Enggak panik lagi, deh, kalau kulit anak sensitif.
ADVERTISEMENT
Baca juga tips memilih produk perawatan kulit sensitif untuk anak, di sini.
Venue dengan playground begini membuat Ibu bisa belajar, anak bisa bermain (dok. pri)
Cari tahu lebih lanjut cara merawat kulit bayi di: Instagram: https://www.instagram.com/cussonsbabyid/ Facebook: https://www.facebook.com/CussonsBaby.ID Website: https://www.cussonsbaby.co.id/
#CussonsBaby #CussonsBabySensiCare #NaluriMerawat #MomsMingle #CussonsxKumparanMOM #KumparanMOM
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan