Woman
·
24 Juli 2021 14:43
·
waktu baca 3 menit

3 Cara Memutihkan Wajah, Kenali juga Penyebab Kulit Tampak Gelap

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
3 Cara Memutihkan Wajah, Kenali juga Penyebab Kulit Tampak Gelap (784151)
searchPerbesar
Ilustrasi Cara Memutihkan Wajah: Kenapa Rona Kulit Bisa Tampak Gelap? Foto: Pexels
Ladies, penasaran dengan cara memutihkan wajah yang efektif? Memang kulit wajah yang menggelap menjadi salah satu masalah kulit yang umum. Selain gelap, wajah juga jadi tampak tak sehat dan kusam. Alhasil, hal ini pasti membuat kita kehilangan percaya diri.
ADVERTISEMENT
Mengingat banyaknya metode perawatan kulit instan, tentu orang-orang jadi berpaling menggunakan cara tersebut. Akan tetapi, terkadang perawatan ini memiliki harga yang cenderung tak ramah. Nah, daripada merogoh-rogoh dompet, lebih baik kamu memutihkan wajah dengan cara alami yang bisa dilakukan cukup dari rumah, lho.
Langsung simak ulasan Hello Ladies berikut ini, ya.

Kenapa Rona Kulit Bisa Tampak Gelap?

Sebelum mengetahui cara mencerahkan kulit, ketahui dulu penyebab wajah tampak gelap. Melansir SkinKraft, berikut beberapa faktor penyebab rona kulit wajah tampak gelap:
  • Paparan sinar matahari
3 Cara Memutihkan Wajah, Kenali juga Penyebab Kulit Tampak Gelap (784152)
searchPerbesar
Ilustrasi Paparan Sinar Matahari Foto: Pexels
Ketimbang anggota tubuh lainnya, wajah merupakan bagian yang paling terbuka. Paparan sinar matahari otomatis mengenai wajah. Paparan sinar UV yang berlebih akan mendorong produksi melanin pada kulit.
Perlu diketahui bahwa semakin banyak melanin dapat membuat kulit wajah lebih gelap. Selain itu, Medline Plus menambahkan sinar matahari juga bisa menimbulkan hiperpigmentasi yang memicu munculnya noda hitam di wajah.
ADVERTISEMENT
  • Peradangan
Di luar paparan sinar matahari, peradangan pada kulit wajah juga dapat memicu perubahan rona. Peradangan ini disebabkan oleh beberapa hal seperti jerawat, penyakit lupus, atau luka. Ketika peradangan berlalu, kulit akan mengalami hiperpigmentasi.
  • Penyakit Melasma
Mengutip artikel dari jurnal Anais Brasileiros de Dermatologia (Official Publication of Brazilian Society of Dermatology), melasma adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh perubahan hormon atau paparan sinar berlebih. Wanita hamil sering kali mengalami kondisi tersebut. Nantinya warna abu-kecokelatan akan muncul pada dahi, pipi, dan dagu sehingga rona wajah tampak kusam serta tak merata.
  • Obat-obatan
Nyatanya beberapa obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Misalnya, antidepresan trisiklik dan obat antimalaria akan mengubah rona wajah. Sebab itu, warna kulit wajah juga dapat tampak keabuan.
ADVERTISEMENT
  • Produk kosmetik berbahaya
Pastikan kamu tak menggunakan produk kosmetik yang berbahaya dengan zat-zat kimia. Justru kulit wajahmu akan mengalami kerusakan yang parah. Misalnya, kondisi kering, kerutan, hiperpigmentasi, dan noda penuaan. Bahkan beberapa produk dapat memicu potensi jerawat yang tak terkendalikan sehingga rona kulit wajah berubah.
  • Usia tua
Seiring usia yang bertambah tua, produksi sel melanin dan melanosit akan berkurang. Akan tetapi melanosit yang masih ada bakal bertumbuh besar sehingga memicu noda hitam pada wajah. Noda hitam akibat penuaan biasanya muncul setelah usia 40-an.

Cara Memutihkan Wajah secara Alami

Setelah mengetahui faktor penyebab kulit wajah gelap, waktunya melakukan perawatan kulit. Berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan oleh Hello Ladies, berikut beberapa cara memutihkan wajah:
ADVERTISEMENT
1. Kulit jeruk
3 Cara Memutihkan Wajah, Kenali juga Penyebab Kulit Tampak Gelap (784153)
searchPerbesar
Ilustrasi Kulit Jeruk Foto: Pexels
Cara memutihkan wajah yang pertama bisa diterapkan dengan kulit jeruk. Menurut Timeka Wills, penulis buku The Right Way To Properly Lighten Your Skin: Healthy, Bright, Beautiful Radiant Skin (2020), penggunaan masker dari kulit jeruk dapat membuat wajah tampak lebih cerah.
Selain mencerahkan wajah, masker kulit jeruk ini juga mampu menjaga kesehatan kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan jeruk yang terdiri dari hesperidin. Beberapa studi juga menjelaskan bahwa hesperidin dapat meredakan noda dan bekas luka.
Cara memutihkan wajah dengan kulit jeruk:
  • Siapkan kulit jeruk yang sudah bersih.
  • Giling kulit jeruk dan tambahkan susu dingin.
  • Oleskan campuran pada wajah dan leher.
Untuk hasil maksimal, lakukan metode ini sebanyak dua kali per minggu.
ADVERTISEMENT
2. Pepaya dan pisang
Artikel dari National Institues of Health menyebutkan bahwa kandungan vitamin C dan likopen dalam pepaya dapat mencerahkan wajah. Likopen ini juga bisa mengurangi kemerahan pada kulit akibat sinar matahari. Maka dari itu, buah pepaya juga dapat menjadi salah satu cara memutihkan wajah.
Cara memutihkan wajah dengan pepaya:
  • Tumbuk potongan pepaya dengan pisang.
  • Tuangkan madu pada tumbukan buah.
  • Oleskan campuran secara merata pada kulit.
  • Biarkan selama 15-20 menit.
  • Bilas wajah kembali dengan air dan tepuk wajah hingga kering.
3. Bengkuang
Dengan kandungan vitamin B1 dan C, bengkuang sering digunakan sebagai salah satu bahan ampuh untuk memutihkan wajah. Banyak kan produk kecantikan yang memanfaatkan bengkuang.
Buku berjudul Tips Cantik dan Sehat Alami: Tips Kecantikan dan Kesehatan Alami dari Subhan Media menjelaskan kandungan dua jenis vitamin pada bengkuang dapat menghapus noda hitam wajah. Sebab itu, rona wajah bisa tampak cerah.
ADVERTISEMENT
Cara memutihkan wajah dengan bengkuang:
  • Siapkan bengkuang bersih yang sudah dikupas.
  • Parutkan bengkuang dan pisahkan sari buahnya.
  • Taruh sari buah ke dalam wadah.
  • Biarkan selama 20-30 menit sampai terjadi endapan.
  • Oleskan endapan sari bengkuang sebagai masker.
  • Setelah kering, bilas wajah kembali dengan air.
(AH)