3 Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
22 November 2022 17:07
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi cara mengatasi kulit dehidrasi (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi kulit dehidrasi (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Mengalami kulit dehidrasi, membuat tampilan kulit kita menjadi tampak kering. Lantas, bagaimana sih cara mengatasi kulit dehidrasi ini?
ADVERTISEMENT
Merawat kulit menjadi sebuah keharusan bagi kaum hawa. Soalnya, siapa coba yang enggak ingin punya kulit yang sehat dan halus?
Namun, enggak bisa dipungkiri juga bahwa terdapat berbagai permasalahan kulit yang mungkin kamu alami. Salah satu yang bisa terjadi adalah kulit dehidrasi. Iya benar, bukan hanya tubuh saja yang bisa mengalami dehidrasi. Begitu pula kulit!
Kulit dehidrasi ini dapat terjadi saat tubuh kekurangan asupan cairan. Ketika kamu mengalami dehidrasi, organ-organ dalam tubuh tidak bisa menjalani fungsinya dengan baik. Termasuk pula kulit.
Soalnya, hampir 64% struktur kulit terdiri dari air. Makanya, air memiliki peranan yang penting dalam menjaga elastisitas lapisan terluar kulit atau epidermis.
Ciri-ciri kulit dehidrasi umumnya adalah kondisi kulit yang kering dan kusam. Biarpun ditandai dengan kulit kering, sebenarnya kulit dehidrasi tidak sama dengan kulit kering. Kulit dehidrasi ini bisa terjadi tidak hanya pada kulit kering, namun juga dapat terjadi di kondisi kulit lainnya. Seperti kulit normal maupun kulit berminyak.
ADVERTISEMENT
Selain kulit menjadi tampak kering, tanda lainnya kulit dehidrasi adalah kulit tampak kusam, kulit menjadi kurang elastis, kulit mudah iritasi, dan gatal-gatal.
Enggak usah khawatir, sebenarnya ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit dehidrasi. Lantas, apa saja cara mengatasi kulit dehidrasi tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini!

Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi

1. Lebih Banyak Mengonsumsi Air Putih

Ilustrasi cara mengatasi kulit dehidrasi (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi kulit dehidrasi (Sumber: Pexels)
Cara yang paling ampuh untuk mengatasi kulit dehidrasi adalah lebih banyak mengonsumsi air putih.
Disarankan untuk kamu setidaknya mengonsumsi 8 gelas air putih per hari guna memenuhi cairan tubuhmu. Selain itu, kamu juga bisa lebih banyak minum usai olahraga atau beraktivitas berat.

2. Membatasi Asupan Kafein

Minuman yang mengandung kafein, tidak hanya kopi, tapi juga teh, coklat, dan lain sebagainya. Ternyata rentan membuat tubuh mengeluarkan cairan.
ADVERTISEMENT
Jadi, apabila dikonsumsi secara berlebihan. Bukan enggak mungkin bisa membuat tubuh kamu jadi dehidrasi. Untuk itu, sebaiknya kamu membatasi dulu asupan kafein secara berlebihan ya!

3. Melakukan Perawatan Kulit

Ilustrasi cara mengatasi kulit dehidrasi (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengatasi kulit dehidrasi (Sumber: Pexels)
Mengatasi kulit dehidrasi selanjutnya adalah dengan melakukan perawatan rutin. Termasuk memilih produk perawatan yang memang sesuai dengan kulit kamu.
Kalau kulit kamu dehidrasi, sebaiknya hindari dulu juga menggunakan skincare dengan bahan kimia keras yang dapat membahayakan.
Disarankan juga untuk kamu rutin menggunakan pelembap atau skincare yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, aloe vera, ekstrak madu, atau lendir siput, supaya bisa semakin mengunci kelembapan kulitmu.
Sama halnya dengan tubuh, kulit dehidrasi juga bisa dialami oleh siapapun. Makanya, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana menanganinya.
Itulah dia beberapa cara mengatasi kulit dehidrasi. Apabila dirasa masih ada permasalahan kulit dalam jangka waktu yang lebih lama. Sebaiknya kamu segera berkonsultasi ke dokter ya!
ADVERTISEMENT
Semoga informasi ini bermanfaat bagimu!
(AN)
Apa saja tanda kulit dehidrasi?
chevron-down
Bahan apa saja yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering?
chevron-down
Mengapa kulit dehidrasi bisa terjadi?
chevron-down