Woman
·
15 September 2021 11:47
·
waktu baca 4 menit

6 Cara Memanjangkan Rambut Pria, Cek di Sini Selengkapnya!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
6 Cara Memanjangkan Rambut Pria, Cek di Sini Selengkapnya! (108974)
searchPerbesar
Ilustrasi memanjangkan rambut pria. Sumber: pixabay
Di zaman sekarang, tidak hanya wanita saja yang bisa memiliki rambut yang panjang, melainkan sudah banyak pria juga yang mulai percaya diri untuk memanjangkan rambutnya. Mungkin kamu menjadi salah satunya, dan saat ini ingin mencari cara memanjangkan rambut pria.
ADVERTISEMENT
Terdapat berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk memanjangkan rambut, dan pastinya memanjangkannya dengan cara yang sehat serta menutrisi rambut. Penasaran bagaimana cara memanjangkan rambut pria yang sehat dan tepat? Simak terus pembahasan ini hingga selesai!

Cara Memanjangkan Rambut Pria

Dilansir dari forhims, terdapat 5 cara memanjangkan rambut untuk pria. Berikut, penjelasan selengkapnya.
1. Gunakan Sampo dan Kondisioner
6 Cara Memanjangkan Rambut Pria, Cek di Sini Selengkapnya! (108975)
searchPerbesar
Ilustrasi menggunakan sampo. Sumber: pixabay
Terkadang, para pria menginginkan sebuah produk menjadi satu kesatuan agar tidak ribet saat menggunakannya. Namun, tidak seperti itu cara kerjanya.
Kulit kepala yang bersih adalah kulit kepala yang sehat dan juga merupakan kulit kepala yang paling mungkin mengalami pertumbuhan rambut. Meluangkan waktu untuk keramas dengan benar dan menggunakan kondisioner rambut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.
ADVERTISEMENT
Sampo dapat melindungi rambutmu dari radikal bebas yang diketahui menyebabkan kerontokan rambut. Sampo juga berguna untuk melindungi dari kondisi seperti ketombe yang diketahui sebagai penyebab kerontokan rambut.
Akan tetapi, bukan sembarang sampo yang dapat meningkatkan kesehatan rambutmu, carilah produk yang bebas paraben. Kamu juga harus mencari sampo yang kaya akan bahan peningkat pertumbuhan rambut.
Setelah itu kondisioner adalah langkah selanjutnya yang sangat penting karena sampo dapat menghilangkan minyak alami rambutmu saat dicuci. Kondisioner memastikan rambutmu lebih lembut dan mudah diatur. Ini juga dapat membantu melembapkan rambutmu dan mencegah kerusakan folikel.
2. Konsumsi Makanan yang Tepat
Kamu adalah apa yang kamu makan, dan rambutmu berada di bawah persamaan ini. Mungkin memang terlihat tidak nyambung, namun rambut di kepalamu bisa sangat dipengaruhi oleh apa yang masuk ke mulutmu.
ADVERTISEMENT
Nutrisi seperti zat besi adalah bagian penting dari kesehatan rambutmu. Ketika tubuhmu mulai kehabisan mineral ini, kamu mungkin akan melihat lebih banyak rambut rontok di kamar mandi atau di sekitar rumah.
Hal ini karena zat besi merupakan faktor penting dalam proses pertumbuhan rambut. Zat besi telah diidentifikasi sebagai bagian penting dari gen yang membentuk folikel rambut.
Zat penting lainnya adalah zinc, yang ketidakhadirannya dalam diet juga dapat menyebabkan kerontokan rambut. Mineral lain seperti selenium, tembaga, magnesium, dan kalsium juga dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.
3. Konsumsi Suplemen
Suplemen bisa menjadi salah satu pilihan untuk membantu memanjangkan rambut. Mungkin yang paling umum adalah biotin atau dikenal sebagai vitamin H, yang populer ditemukan dalam produk perawatan rambut.
ADVERTISEMENT
Kekurangan biotin juga diketahui dapat memicu kerontokan rambut, meskipun jarang terjadi. Vitamin ini juga dikenal untuk meningkatkan kesehatan kulit dan kuku.
Karena merupakan vitamin yang larut dalam air, biotin harus dikonsumsi secara oral untuk menikmati manfaatnya.
Selain itu, kolagen juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Ini mengandung asam amino tertentu yang diperlukan untuk produksi keratin, protein lain yang membentuk rambut, kulit, dan kuku.
4. Coba untuk Memijat Kulit Kepalamu
6 Cara Memanjangkan Rambut Pria, Cek di Sini Selengkapnya! (108976)
searchPerbesar
Ilustrasi memijat kepala. Sumber: pixabay
Pijat kulit kepala telah terbukti menghasilkan manfaat untuk meningkatkan ketebalan rambutmu.
Hal ini disebabkan karena pijat dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, mendorong peningkatan akses ke oksigen, dan membantu penyerapan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut.
Kaitan lainnya adalah kemungkinan pengaruhnya pada sel-sel papila dermal. Sel-sel ini ditemukan di bagian bawah folikel rambut dan berguna untuk mengatur pertumbuhan rambut.
ADVERTISEMENT
Selama pemijatan, diduga sel-sel papila dermal dirangsang secara langsung yang dapat menyebabkan peningkatan ketebalan rambutmu.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pijat kulit kepala 4 menit per hari selama 24 minggu, dapat menyebabkan peningkatan ketebalan rambut pada peserta.
5. Gunakan Antioksidan
Rambutmu akan menua seperti bagian tubuh lainnya. Inilah sebabnya mengapa uban dan penipisan rambut cenderung lebih terlihat seiring bertambahnya usia.
Salah satu pemicu utamanya adalah stres oksidatif yaitu kerusakan yang terjadi pada tubuh akibat radikal bebas. Antioksidan seperti vitamin C dapat membantu produksi kolagen dan dapat membantu menangkal radikan bebas, sehingga rambut pun tidak mudah menua.
6. Hindari Bahan Kimia
Ini mungkin tidak sepenuhnya membantu mempercepat pertumbuhan rambutmu, tetapi menghindari bahan-bahan tertentu akan berguna dalam menjaga kesehatan rambut.
ADVERTISEMENT
Salah satunya seperti bleaching, yang diketahui menyebabkan kulit kepala terbakar saat menggunakan pengering rambut. Kamu juga mungkin harus menghindari pewarna rambut. Meskipun jarang diketahui efek negatif pewarna rambut pada pria dibandingkan wanita, tapi ada baiknya pria juga menghindari bahan yang satu ini.
Di atas adalah 6 cara memanjangkan rambut pria yang bisa kamu lakukan di rumah. Memang terdapat beberapa cara yang berbeda dengan wanita, namun secara garis besar sama kok. Selamat mencoba!
Apa suplemen yang dapat membantu mendukung pertumbuhan rambut?
chevron-down
Apa saja bahan yang sebaiknya dihindari ketika ingin memanjangkan rambut?
chevron-down
Apa peran zat besi pada rambut?
chevron-down
(MA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white