6 Menu Makan Malam untuk Diet, Turunkan Berat Badan!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
11 Maret 2022 19:12
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
6 Menu Makan Malam untuk Diet, Turunkan Berat Badan! (77642)
zoom-in-whitePerbesar
Menu Makan Malam untuk Diet. Sumber: Pixabay
ADVERTISEMENT
Ketika dalam program diet, kamu perlu memperhatikan menu makan malam untuk diet agar program diet berhasil. Banyak orang beranggapan bahwa makan malam berpotensi menambah berat badan.
ADVERTISEMENT
Padahal, menurunkan berat badan bukan berarti kamu harus melewatkan makan malam. Kamu hanya perlu memperhatikan porsi dan menu makan malam agar program diet tetap berlangsung dengan baik.
Makanlah dengan porsi ringan agar tidak terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, karena pada malam hari tingkat aktivitas tubuh kamu sangat rendah. Kamu juga perlu memberi jarak makan malam dengan waktu tidur.
Pilihlah menu makan malam yang sehat, mengandung serat, namun rendah kalori agar kamu cepat merasa kenyang dan menghindari porsi makan berlebih.
Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa rekomendasi menu makan malam untuk diet yang dapat kamu jadikan referensi. Simak terus, ya!

6 Menu Makan Malam untuk Diet, Turunkan Berat Badan!

1. Telur rebus
6 Menu Makan Malam untuk Diet, Turunkan Berat Badan! (77643)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Telur rebus. Sumber: Pixabay
Telur mengandung 72 kalori dan 6 gram protein yang dapat membuat kamu merasa kenyang setelah memakannya. Untuk menu dalam program diet, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi telur rebus agar mengurangi penggunaan minyak berlebih.
ADVERTISEMENT
Telur mengandung nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh saat proses diet berlangsung. Kamu dapat menambahkan sayuran seperti brokoli, wortel, kol, dan selada untuk dijadikan salad sayur sebagai tambahan menu makan malam untuk diet.
2. Dada ayam
6 Menu Makan Malam untuk Diet, Turunkan Berat Badan! (77644)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Dada Ayam. Sumber: Pexels
Dada ayam mengandung protein dan rendah lemak yang dapat membuat kamu merasa kenyang. Kamu dapat mengolah dada ayam menjadi dada ayam panggang atau rebus sebagai pilihan menu makan malam untuk diet. Kombinasikan dada ayam dengan sayuran hijau lainnya agar tubuh kamu tetap ternutrisi dengan baik.
3. Sup bening
6 Menu Makan Malam untuk Diet, Turunkan Berat Badan! (77645)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sup bening. Sumber: Pixabay
Sup termasuk dalam makanan rendah kalori yang cocok untuk dijadikan menu makan malam untuk diet. Kamu dapat menggunakan sayuran seperti wortel, buncis, kentang, dan kol di dalamnya dan memberi tambahan protein seperti dada ayam agar nutrisi kamu tercukupi. Gunakan kuah bening agar tidak terlalu banyak mengandung lemak.
ADVERTISEMENT
4. Alpukat
6 Menu Makan Malam untuk Diet, Turunkan Berat Badan! (77646)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Alpukat. Sumber: Pixabay
Alpukat mengandung serat dan lemak tak jenuh yang dapat membuat kamu merasa kenyang dan dapat menurunkan berat badan. Alpukat juga memiliki kandungan air dan serat yang rendah kalori. Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi alpukat tanpa tambahan gula sebagai menu makan malam diet.
5. Kentang
6 Menu Makan Malam untuk Diet, Turunkan Berat Badan! (77647)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kentang. Sumber: Pixabay
Kentang merupakan sumber karbohidrat rendah kalori yang dapat kamu jadikan menu makan malam untuk diet karena dapat membuat kamu merasa kenyang. Kamu dianjurkan mengonsumsi kentang rebus atau kukus saat dalam program diet. Kamu dapat mencampurkan kentang dengan sayuran hijau atau tambahan protein lainnya agar tubuh kamu tetap ternutrisi dengan baik.
6. Pisang
6 Menu Makan Malam untuk Diet, Turunkan Berat Badan! (77648)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pisang. Sumber: Pixabay
Pisang memiliki kandungan kalori sekitar 165 yang dapat membuat kamu merasa kenyang ketika mengonsumsinya. Beri tambahan almond atau kacang-kacangan lainnya sebagai pelengkap pisang untuk menu makan malam dietmu.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa menu makan malam untuk diet yang dapat kamu jadikan referensi agar asupan nutrisi dalam tubuh tercukupi dan program diet berhasil. Selamat mencoba!
(IKN)