Apa Itu Skincare Organik serta Manfaatnya?

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
23 November 2022 18:01
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi skincare organik adalah (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi skincare organik adalah (Sumber: Pexels)
ADVERTISEMENT
Menjaga kulit agar tetap dan sehat adalah hal yang penting bagi kaum hawa. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan skincare organik. Tapi apa itu skincare organik?
ADVERTISEMENT
Kalau kamu merupakan skincare enthusiast, pasti sudah tahu dong kalau produk skincare sekarang sudah kian beragam. Dengan semakin menjamurnya produk perawatan wajah, mungkin kamu jadi sedikit kebingungan juga, mana ya yang kira-kira perlu dibeli?
Nah, hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli skincare adalah dengan melihat kandungannya tersebut. Dari kandungan tersebut juga dapat diketahui apakah produk perawatan yang kamu gunakan terdapat bahan yang berbahaya atau tidak.
Tentu kita perlu mewaspadai hal tersebut. Sebab, kalau enggak, bukannya bikin kulit wajah kamu jadi makin sehat yang bersih. Justru malah bisa membuat permasalahan pada kulit.
Untungnya, beberapa tahun ini sudah banyak produk yang diklaim ramah lingkungan atau bahan-bahannya organik. Skincare organik adalah produk perawatan wajah yang dipercaya aman dan terbebas dari kandungan bahan kimia berbahaya.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa sebenarnya skincare organik itu? Jika kamu penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya di sini!

Pengertian Skincare Organik

Ilustrasi skincare organik adalah (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi skincare organik adalah (Sumber: Pexels)
Beberapa tahun terakhir kita sering banget mendengar istilah "go green" atau gerakan gaya hidup penghijauan. Sehingga enggak sedikit dari kita untuk beralih ke produk organik.
Enggak hanya makanan saja yang sekarang banyak produk organiknya, namun skincare pun mulai banyak yang melabeli produknya sebagai organik.
Mengutip laman Medical News Today, skincare organik diartikan sebagai produk perawatan wajah yang menggunakan bahan-bahan alami, seperti lidah buaya, bunga, biji-bijian, olahan tanaman atau hewan non pestisida, tanaman yang tidak dipupuk kimia, atau bahan yang menggunakan rekayasa genetik.
Lantas, apakah skincare yang organik ini cenderung lebih aman? Menurut United States Department of Agriculture (USDA), produk yang setidaknya mengandung 95 persen bahan organik, sebenarnya belum ada bukti bahwa dapat efektif. Tapi, produknya lebih ramah lingkungan.
ADVERTISEMENT
Mungkin kamu berpikiran bahwa menggunakan skincare organik bisa lebih aman. Sebenarnya, enggak sedikit juga kandungan dari bahan alami ini yang bisa memicu iritasi. Semuanya tergantung dari kondisi kulitmu.
Sebut saja beberapa minyak esensial yang berpotensi menimbulkan reaksi alergi ke beberapa jenis kulit, terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.
Jadi, meskipun skincare-nya telah terbuat dari bahan organik. Kamu tetap perlu memerhatikan kandungan skincare yang dipilih ya!
Ilustrasi skincare organik adalah (Sumber: Pexels)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi skincare organik adalah (Sumber: Pexels)
Biarpun begitu, skincare organik ini punya beberapa manfaat utama yang perlu kamu ketahui, antara lain:
  • Tidak menggunakan pestisida kimia yang bisa berbahaya yang dapat membahayakan satwa liar dan mengurangi keanekaragaman hayati.
  • Produk organik juga lebih sedikit polusi. Soalnya produk organik harus memelihara atau meningkatkan kesehatan tanah atau udara tempatnya bertumbuh.
  • Bahan organik juga tentu saja mudah terurai secara alami, karena bersifat biodegradable dan tidak akan terakumulasi lingkungan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, penggunaan skincare organik pun sebenarnya lebih hemat biaya dibandingkan dengan yang non organik.
Pastikan juga setiap skincare organik yang telah kamu pilih sudah tersertifikasi dan berizin BPOM. Biar lebih aman saat penggunaannya.
Itulah dia penjelasan dari apa itu skincare organik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagimu ya!
(AN)
Apa yang dimaksud dengan skincare organik?
chevron-down
Terbuat dari bahan apa sajakah skincare organik ini?
chevron-down
Sebutkan salah satu manfaat utama dari skincare organik?
chevron-down