Woman
·
9 Juni 2021 9:30
·
waktu baca 2 menit

Cara Memutihkan Gigi dengan Aman, Dijamin Ampuh!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Cara Memutihkan Gigi dengan Aman, Dijamin Ampuh! (163461)
Ilustrasi cara memutihkan gigi dengan aman. (Dok. Freepik)
Bagaimana cara memutihkan gigi dengan aman? Mudah saja, kamu hanya tinggal menggunakan bahan-bahan alami yang aman bagi kesehatan gigi.
ADVERTISEMENT
Memang, sudah ada banyak produk yang diklaim dapat memutihkan gigi dengan cepat. Sayangnya, produk-produk menggunakan bahan kimia. Hal itu akhirnya memicu kekhawatiran banyak orang.
Sebagai solusinya, kamu dapat menerapkan cara memutihkan gigi dengan aman menggunakan bahan-bahan alami. Nah, Hello Ladies telah menghimpun dan merangkum informasinya untukmu. Yuk simak!

Cara Memutihkan Gigi dengan Aman, Dijamin Ampuh!

1. Sikat gigi dengan soda pengembang
Soda pengembang alias baking soda mengandung bahan pemutih sehingga membuatnya jadi salah satu bahan populer dalam pasta gigi.
Bahan itu dapat mengangkat noda pada gigi, tetapi sifatnya tidak terlalu abrasif. Apalagi, menurut studi komparatif berjudul Bactericidal Action of Bicarbonate Ion on Selected Periodontal Pathogenic Microorganisms (1984) oleh Nebrun dkk, soda pengembang juga mampu menghasilkan zat basa di mulut yang dapat mencegah tumbuhnya bakteri.
Cara Memutihkan Gigi dengan Aman, Dijamin Ampuh! (163462)
Ilustrasi cara memutihkan gigi. (Dok. Freepik/Racool Studio)
Gigi kamu memang tak akan langsung putih dalam semalam. Namun, sejumlah studi menunjukkan, pasta gigi yang mengandung soda pengembang memiliki dampak signifikan dalam menghilangkan gigi kuning.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan ulasan dari lima studi dalam jurnal Enhancement of Plaque Removal Efficacy by Tooth Brushing with Baking Soda Dentifrices: Results of Five Clinical Studies (2008) oleh Putt dkk, pasta gigi dengan kandungan soda pengembang lebih efektif menghilangkan plak di gigi daripada pasta gigi tanpa bahan tersebut.
2. Makan sayur dan buah utuh
Mengonsumsi sayur dan buah secara utuh juga merupakan salah satu cara memutihkan gigi dengan aman. Sebab, mengunyah sayur dan buah utuh dapat membantu mengangkat plak pada gigi.
Nah, berikut ini beberapa contoh buah yang dapat membantu memutihkan gigimu:
  • Stroberi
Cara Memutihkan Gigi dengan Aman, Dijamin Ampuh! (163463)
Ilustrasi stroberi untuk memutihkan gigi. (Dok. Freepik/Azerbaij__Stockers)
Menurut studi dari Kwon dkk yang berjudul Efficacy of Do-it-yourself Whitening as Compared to Conventional Tooth Whitening Modalities: an In Vitro Study (2015), kombinasi antara stroberi dan soda pengembang lebih memberi perubahan warna pada gigi daripada produk komersial. Bahkan, dua penelitian dari Brambert dkk (2015) dan Kwon dkk (2015), efek dua bahan itu terhadap enamel gigi lebih kecil.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakan stroberi dan soda pengembang untuk memutihkan gigi:
- Hancurkan buah stroberi bersih.
- Campurkan dengan soda pengembang.
- Gunakan untuk menyikat gigi.
- Perlu diperhatikan, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan formula tersebut.
  • Nanas
Studi Efficacy of Extrinsic Stain Removal by Novel Dentifrice Containing Papain and Bromelain Extracts (2012) oleh Chakravarthy dan Acharya menemukan, enzim bromelain dalam nanas lebih mampu menghilangkan noda gigi daripada pasta gigi biasa.
Akan tetapi, belum ada penelitian yang membuktikan kalau memakan buah nanas memiliki dampak yang sama.
3. Berkumur dengan minyak kelapa
Menurut jurnal Tooth Brushing, Oil Pulling and Tissue Regeneration: a Review of Holistic Approaches to Oral Health (2011) oleh Singh dan Purohit, berkumur dengan minyak dapat menghilangkan bakteri yang dapat berubah menjadi plak penyebab kuningnya gigi.
ADVERTISEMENT
Beberapa minyak yang bermanfaat dalam cara memutihkan gigi, yakni: minyak wijen, minyak bunga matahari, dan minyak kelapa. Jenis terakhir merupakan opsi populer karena manfaatnya untuk kesehatan gigi.
Menurut studi dari Peedikayil dkk (2015), Asokan dkk (2009), dan Asokan dkk (2008), minyak kelapa dapat mengurangi bakteri, plak, dan gingivitis di mulut.
Cara berkumur dengan minyak kelapa:
- Ambil 1 sdm minyak kelapa, masukkan ke mulut.
- Kumur menggunakan minyak kelapa selama 15 hingga 20 menit.
- Buang air kumur itu ke toilet.
- Bilas dan sikat gigi.
Itulah tiga cara memutihkan gigi dengan aman. Yuk coba di rumah, demi gigi putih dan sehat!
(TDI)