Woman
·
11 September 2021 0:41
·
waktu baca 2 menit

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Wajah, Cek!

Konten ini diproduksi oleh Hello Ladies
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Wajah, Cek! (148122)
searchPerbesar
Ilustrasi Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Wajah, Cek! Foto: Pexels
Mengingat rentannya masalah kulit wajah, tentu kamu juga harus tahu cara menghilangkan bekas jerawat merah, dong. Jerawat kerap menjadi dilema yang dialami oleh banyak orang. Belum lagi bekas jerawat yang menjadi buntut akhir fenomena tersebut.
ADVERTISEMENT
Ketimbang jerawat biasa, justru bekas jerawat akan bertahan lama pada kulit wajah. Memang jerawat lebih cepat hilang, tapi bekas jerawat merah akan membutuhkan usaha ekstra untuk reda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara-cara efektif dalam menghilangkan bekas jerawat merah ini.
Langsung aja cek ulasan berikut ini, ya!

Penyebab Bekas Jerawat Merah di Wajah

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Wajah, Cek! (148123)
searchPerbesar
Ilustrasi Penyebab Bekas Jerawat Merah. Foto: Pexels
Melansir ahli dermatologi, Loretta Ciraldo, MD, FAAD, berikut beberapa penyebab bekas jerawat merah akibat peradangan yang disebabkan oleh:
  • Mengelupas kulit yang berjerawat
Perlu kamu tahu bahwa mengelupas kulit berjerawat justru bakal semakin merusak kondisi kulit. Selain itu, hal ini dapat membuat kondisi jerawat semakin parah. Pasalnya, mengelupas kulit tersebut akan memicu hiperpigmentasi dan bekas jerawat yang bertahan lebih lama.
ADVERTISEMENT
  • Membiarkan jerawat tak terawat
Meski bukan kondisi yang membahayakan nyawa, tapi membiarkan jerawat tak terawat dapat meninggalkan bekas jerawat yang bertahan lama. Terutama dalam kondisi yang parah, bekas jerawat akan semakin serius dan permanen.
  • Memiliki kondisi kulit turunan genetik
Bekas jerawat pun ternyata dapat berasal dari faktor genetik. Apabila kamu memiliki kondisi kulit dari yang berasal dari faktor genetik, otomatis faktor-faktor hormon dan gaya hidup dapat memengaruhi risiko jerawat.

Jenis-Jenis Bekas Jerawat

Selain itu, Ciraldo juga menjelaskan bahwa terdapat empat jenis bekas jerawat. Berikut jenis-jenis bekas jerawat:
- Rolling scars: Bekas jerawat dengan tekstur dan warna yang bergelombang serta tak merata. Biasanya, bekas jerawat ini terjadi tingkat jerawat yang moderat hingga parah.
ADVERTISEMENT
- Ice-pick scars: Bekas jerawat yang tampak seperti sayatan tanpa jahitan.
- Boxcar scars: Bekas jerawat berbentuk kotak yang tampak luas dan dalam.
- Keloid scars: Bekas jerawat yang muncul akibat produksi kolagen berlebih sehingga tampak menonjol lebih jelas.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Wajah

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah di Wajah, Cek! (148124)
searchPerbesar
Ilustrasi Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah. Foto: Pexels
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Merah yang Ampuh
Mengutip Paula's Choice, berikut beberapa cara menghilangkan bekas jerawat merah:
1. Utamakan produk perawatan kulit yang lembut
Pertama, hindari produk scrub yang memiliki butiran kasar atau mengandung bahan yang bisa mengiritasi kulit. Justru scrub ini akan memperlambat pemulihan kulit. Jadi, utamakan produk perawatan kulit yang lembut.
2. Selalu gunakan eksfoliator berbahan BHA
Asam salisilat jenis BHA akan mengeksfoliasi lapisan permukaan kulit luar hingga ke dalam pori-pori. Alhasil, ini akan meredakan hambatan yang menimbulkan jerawat. Selain itu, BHA juga bersifat antiradang sehingga dapat meredakan kulit kemerahan. Dengan begitu, kamu bisa mencegah timbulnya jerawat serta mempercepat proses pemulihan. Kulit bakal tampak lebih awet muda dan sehat, deh.
3. Pakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih
Selanjutnya, jangan lupa untuk pakai tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Hal ini perlu dilakukan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV setiap hari. Sinar UV dapat memperlambat proses pemulihan kulit sehingga muncul bekas jerawat yang tahan lebih lama.
4. Pilih produk yang memiliki antioksidan tinggi
Pilih produk dengan antioksidan tinggi, seperti vitamin C, untuk memperbaiki sekaligus mencegah bekas jerawat. Dengan bahan-bahan aktif ini, kamu akan mengurangi risiko peradangan. Produk-produk berbahan vitamin C juga dapat digunakan untuk meningkatkan rona dan tekstur kulit.
5. Lakukan perawatan tambahan lainnya
Selain perawatan kulit yang baik, kamu juga bisa melakukan perawatan lain dengan para ahli kecantikan. Misalnya, perawatan laser atau AHA & BHA peeling.
Nah, itu dia sekilas cara menghilangkan bekas jerawat merah di wajah. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu, ya.
(AH)